Maling vs Tukang Palak? Jadi AKSI atau VISI ini lagi ribut soal apa sih?

00:51:59
https://www.youtube.com/watch?v=LRDlsF8OWFQ

Sintesi

TLDRThe podcast discusses the ongoing challenges faced by Indonesian musicians regarding copyright issues, particularly in light of recent controversies involving artists like Agnes Monica. Key figures in the music industry express concerns about the complexities of copyright laws and the need for better communication and understanding among stakeholders, including artists, promoters, and government bodies. The conversation highlights the urgency of addressing these issues to protect the rights of musicians and ensure fair compensation for their work. The speakers advocate for direct licensing as a potential solution and emphasize the importance of collaboration among all parties involved in the music ecosystem.

Punti di forza

  • 🎤 The podcast discusses copyright challenges in the Indonesian music industry.
  • 📜 Key figures express concerns about the complexity of copyright laws.
  • 🤝 Better communication among stakeholders is essential for resolving issues.
  • ⚖️ The Agnes Monica case highlights broader copyright concerns.
  • 💡 Direct licensing (DDL) is proposed as a solution for simplifying rights management.
  • 🏛️ The government is urged to mediate and clarify regulations.
  • 🎶 Protecting artists' rights is crucial for the music ecosystem.
  • 📈 The health of the music industry is at stake due to ongoing disputes.
  • 🔍 Transparency in royalty distribution is needed for fair compensation.
  • 🌍 Collaboration among all parties is vital for a thriving music industry.

Linea temporale

  • 00:00:00 - 00:05:00

    The discussion revolves around the recent concerns in the Indonesian music industry, particularly regarding copyright issues and the emergence of various artists and representatives voicing their frustrations. The conversation highlights the case of Agis Monika, which has brought to light broader issues affecting many artists, not just a single case.

  • 00:05:00 - 00:10:00

    The urgency of the situation is emphasized as more artists, including Aril and Kang Arman, engage in discussions across various podcasts to clarify misconceptions about copyright and the complexities surrounding it. They stress the importance of providing accurate information to the public, especially regarding copyright rights.

  • 00:10:00 - 00:15:00

    The conversation touches on the lack of an association for singers, which has led to many unresolved issues within the industry. The speakers express their desire to protect the rights of singers, particularly those who are new to the industry and may face unfair contracts and exploitation.

  • 00:15:00 - 00:20:00

    The discussion highlights the challenges faced by artists under management contracts, where many are left in limbo despite having signed contracts for multiple albums. The speakers emphasize the need for support and guidance for these artists to navigate their careers effectively.

  • 00:20:00 - 00:25:00

    The speakers reflect on the broader implications of the Agis Monika case, noting that it has sparked a movement among artists to unite and address the systemic issues within the industry. They express concern that the situation could lead to further complications for other artists if not addressed promptly.

  • 00:25:00 - 00:30:00

    The conversation shifts to the complexities of copyright laws and the need for clearer communication and understanding among all stakeholders in the music industry. The speakers advocate for a collaborative approach to resolving these issues, emphasizing the importance of dialogue between artists, managers, and promoters.

  • 00:30:00 - 00:35:00

    The speakers discuss the potential dangers of misinterpretation of copyright laws, which could lead to exploitation by unscrupulous individuals. They stress the importance of protecting artists from being unfairly targeted or criminalized for issues beyond their control.

  • 00:35:00 - 00:40:00

    The need for a unified approach to copyright and performance rights is reiterated, with calls for all stakeholders to come together to establish clear guidelines and regulations that benefit everyone in the industry.

  • 00:40:00 - 00:51:59

    The conversation concludes with a call to action for all parties involved to engage in constructive dialogue and work towards a resolution that ensures the rights and livelihoods of artists are protected, while also fostering a thriving music industry in Indonesia.

Mostra di più

Mappa mentale

Video Domande e Risposte

  • What is the main issue discussed in the podcast?

    The main issue is the challenges faced by Indonesian musicians regarding copyright laws and the recent controversies surrounding artists like Agnes Monica.

  • Who are the key figures involved in the discussion?

    Key figures include Mas Piu, Aril, Kang Arman, and Mas Dani, who represent various perspectives in the music industry.

  • What are the concerns raised about copyright laws?

    Concerns include the complexity of copyright laws, misunderstandings among the public, and the need for better communication between stakeholders.

  • What is the role of LMK and LMKN in this context?

    LMK (Lembaga Manajemen Kolektif) and LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) are organizations involved in managing copyright and ensuring artists receive fair compensation.

  • What do the speakers suggest for improving the situation?

    They suggest better communication among stakeholders, clearer regulations, and a unified approach to copyright issues.

  • How do the speakers feel about the current state of the music industry?

    They express concern that the current disputes could harm the music industry and lead to a decline in opportunities for artists.

  • What is the significance of the Agnes Monica case?

    The Agnes Monica case has highlighted broader issues within the music industry regarding copyright and the treatment of artists.

  • What do the speakers hope to achieve through their discussions?

    They hope to foster understanding, protect artists' rights, and create a more equitable environment in the music industry.

  • What is the importance of direct licensing (DDL)?

    Direct licensing is seen as a way to simplify the process of obtaining rights for music use, benefiting both artists and promoters.

  • What is the call to action for the government and stakeholders?

    The speakers urge the government and stakeholders to mediate and establish clear regulations to protect artists and ensure fair compensation.

Visualizza altre sintesi video

Ottenete l'accesso immediato ai riassunti gratuiti dei video di YouTube grazie all'intelligenza artificiale!
Sottotitoli
id
Scorrimento automatico:
  • 00:00:01
    Seru nih setelah ngobrol panjang lebar
  • 00:00:03
    sama Mas Piu yang mewakili aksi,
  • 00:00:05
    akhir-akhir ini Aril sama Kang Arman
  • 00:00:07
    dari PC juga lagi muncul-muncul di
  • 00:00:09
    keliling podcast bahasa
  • 00:00:11
    Cipta. Apa ya yang bikin mereka resah?
  • 00:00:15
    Mungkin yang bermasalah sekarang Agis
  • 00:00:17
    Monika, tapi kan ternyata akhirnya ada
  • 00:00:19
    banyak lagi yang bermasalah. Kasusnya
  • 00:00:20
    ternyata bukan Akdesmo aja gitu kan. Ada
  • 00:00:23
    Lestti, ada ada Vid kan itu DPR RI di
  • 00:00:27
    Komisi 10. Iya. Sebenarnya Mas Dani juga
  • 00:00:30
    harus mewakili kita kan si
  • 00:00:31
    penyanyi-penyanyi ini gitu. Penyanyi
  • 00:00:33
    cuma kan sedari awal memang Mas Dani
  • 00:00:38
    duluan kan yang bilang penyanyi itu ee
  • 00:00:41
    maling ee enggak enggak enggak mau izin
  • 00:00:44
    dan segala macam. Kalau ada ee datang
  • 00:00:46
    menanya ke teman-teman penyanyi untuk
  • 00:00:48
    ada campaign yang oke, yang bagus,
  • 00:00:51
    kayaknya banyak teman-teman penyanyi mau
  • 00:00:52
    mau bantuin deh pasti gitu. He. Ini kan
  • 00:00:54
    memang awalnya e awalnya enggak oke aja
  • 00:00:57
    sih. Iya. Itu yang tadi lu bilang apa?
  • 00:00:59
    Heeh. Bing. Bad pring. Tapi visi enggak
  • 00:01:02
    boleh ngomong katanya. Enggak apa yang
  • 00:01:03
    kita ngomong gitu. Kita warga negara
  • 00:01:07
    masa enggak boleh ngomong.
  • 00:01:11
    [Musik]
  • 00:01:20
    [Tepuk tangan]
  • 00:01:23
    [Musik]
  • 00:01:36
    Karena ekonomi lagi sulit, jadi katanya
  • 00:01:39
    pengin belajar rampok. Belajar rampok.
  • 00:01:45
    lagi harusnya bukan gua atau bukan
  • 00:01:48
    Judika yang di sini maling maling.
  • 00:01:52
    Nah, jadi ini masih melanjutkan yang
  • 00:01:55
    ramai antara apa? Visi dan aksi sekarang
  • 00:01:58
    sudah mengerucut. Jadi ngobrol kali ini
  • 00:02:02
    mengerucut ke visi dan aksi ya. Visi dan
  • 00:02:04
    aksi gitu. Padahal masalahnya masalah
  • 00:02:05
    semua orang. Iya kan? Makanya gitu
  • 00:02:08
    akhirnya udah mulai muncul nih Kang
  • 00:02:11
    Arman sama Aril untuk banyak ngobrol ya
  • 00:02:13
    kayaknya banyak ke podcast-podcast ya.
  • 00:02:15
    Iya betul karena berarti udah urgencinya
  • 00:02:17
    udah tinggi dong sebenarnya. Iya tadinya
  • 00:02:20
    kita pikir ee ini kita selesaiin ee
  • 00:02:23
    secara eh ya apa ya santai aja gitu.
  • 00:02:27
    Tapi ternyata enggak. Maksudnya kita
  • 00:02:29
    lihat banyak informasi yang enggak betul
  • 00:02:32
    gitu di di luaran kan kita sebagai apa
  • 00:02:36
    istilahnya ya public figure ya mesti
  • 00:02:38
    ngasih informasi yang benar kan gitu ke
  • 00:02:40
    masyarakat. Apalagi kan masalah hak
  • 00:02:42
    cipta itu hal yang lumayan rumit. Heeh.
  • 00:02:44
    Enggak semua peristiwanya itu enggak
  • 00:02:47
    terjadi di kehidupan sehari-hari orang
  • 00:02:49
    umum gitu. Jadi banyak yang enggak
  • 00:02:51
    ngerti pasti. Nah, itu yang mesti
  • 00:02:53
    dijelasin sih gitu ya. Bahkan kan
  • 00:02:55
    kadang-kadang kita aja yang di dunia
  • 00:02:57
    kita aja banyak juga yang
  • 00:03:00
    karena emang emang rumit sih gua sendiri
  • 00:03:02
    aja gua gua akuin gua sendiri sampai
  • 00:03:04
    sekarang tuh masih kadang-kadang bingung
  • 00:03:05
    oh entar dulu oh ini ini masih masih
  • 00:03:07
    memilah-milah gitu kan ternyata gini
  • 00:03:09
    ternyata gini juga api betul nah apalagi
  • 00:03:11
    kalau misalnya dikeluarkan di di apa sih
  • 00:03:14
    di media sosial yang kebayangkan yang
  • 00:03:17
    yang menyerapnya tuh orang-orang yang
  • 00:03:20
    tidak di dunianya ya pasti kan e yang si
  • 00:03:23
    A begini yang si kayak begini ya si
  • 00:03:25
    cewek dan ribuan orang bahkan jutaan
  • 00:03:27
    orang mungkin gitu kan. Iya. Itu belum
  • 00:03:28
    fans-fansnya kan maksudnya kan. Iya.
  • 00:03:29
    Belum fans-fansnya dan sebagainya gitu.
  • 00:03:31
    Heeh. Jadi memang gaungnya jadinya
  • 00:03:33
    enggak karuan kan. Betul gitu. Nah,
  • 00:03:35
    kalau visi sendiri nih mungkin diulang
  • 00:03:37
    sedikit karena kan kebanyakan nih kan
  • 00:03:39
    dari medianya masih skater. Visi ini
  • 00:03:41
    kalau ditanya banyak orang yang bilang
  • 00:03:43
    visi ini tercipta karena membela aknes
  • 00:03:46
    Monika karena kasus itu yang naik
  • 00:03:48
    awalnya. itu sempit sih sebenarnya luas
  • 00:03:51
    kalau yang dibela itu. Nah, ya ini kayak
  • 00:03:53
    gini nih ya kan kayak ya kan maksudnya
  • 00:03:55
    ungkapan ini dari orang banyak bukan
  • 00:03:57
    gua, bukan pertanyaan gua mungkin yang
  • 00:03:59
    bermasalah sekarang Agis Monika tapi kan
  • 00:04:01
    ternyata akhirnya ada banyak lagi yang
  • 00:04:02
    bermasalah jadi visi itu dibentukin
  • 00:04:05
    sendiri sebenarnya untuk melindungi si
  • 00:04:07
    profesi penyanyi ini karena sejak lama
  • 00:04:09
    kan Kang ya ee belum ada tuh asosiasinya
  • 00:04:13
    buat penyanyi. Sedangkan penyanyi itu
  • 00:04:15
    ada banyak banget masalahnya sebetulnya.
  • 00:04:17
    Heeh. He. Jadi ee di belakang kita
  • 00:04:19
    maksudnya kalau kita lagi
  • 00:04:21
    ngobrol-ngobrol kan dari dulu kita
  • 00:04:22
    sering ngobrol ya, ngumpul cuman belum
  • 00:04:25
    bikin asosiasi aja. Tapi kan penyanyi
  • 00:04:27
    itu banyak masalah. Salah satunya salah
  • 00:04:28
    satunya misalnya ada penyanyi-penyanyi
  • 00:04:29
    yang penyanyi baru terutama yang kita
  • 00:04:32
    dulu pernah ngalamin. Kita enggak pengin
  • 00:04:35
    yang junior kita ngalamin. Misalnya
  • 00:04:38
    dikontrak tujuh album. Iya.
  • 00:04:41
    Ee album pertama oke, album kedua enggak
  • 00:04:44
    oke, album ketiga enggak diterusin,
  • 00:04:45
    album keempat, kelima enggak di tapi
  • 00:04:47
    tetap sampai enggak diapa-apain,
  • 00:04:49
    digantungin tapi kontraknya tetap sekian
  • 00:04:51
    tahun. Kontrak tetap ada tapi enggak
  • 00:04:53
    dibikin apa-apa. Itu kan juga perlu
  • 00:04:54
    dibantuin ya. Enggak bisa ke mana-mana.
  • 00:04:56
    Itu kan juga sendirian tuh biasanya itu
  • 00:04:59
    enggak ada yang bantuin tuh. Benar,
  • 00:05:00
    benar, benar, benar. Habis itu habis itu
  • 00:05:01
    kalau zaman sekarang mungkin lebih lebih
  • 00:05:04
    yang lebih banyak kejadian tuh kalau
  • 00:05:05
    misalnya penyanyi ataupun band juga yang
  • 00:05:08
    dikontrak sama manajemen. Heeh. Karena
  • 00:05:11
    gue lihat tuh zaman sekarang manajemen
  • 00:05:13
    ee artis itu nyari artis tuh kayak
  • 00:05:16
    nyaring dari ini nih apa kayak nyaring
  • 00:05:18
    dari kolam gitu ada 20 nih saring dah
  • 00:05:21
    dilihat oke yang mana yang jualan tiga
  • 00:05:23
    yang jualan oke tiga jualan yang 17-nya
  • 00:05:26
    ya ya didiamin aja enggak yang yang
  • 00:05:28
    parah tuh didemin dan tetap tapi masih
  • 00:05:31
    di kontrak gitu jadi enggak bisa ngapa
  • 00:05:33
    kalau kalau misalnya 17 ini enggak jalan
  • 00:05:35
    ya sudah keluarin aja istilahnya ya
  • 00:05:37
    sudahudah selesai ya jadi kan dia juga
  • 00:05:38
    17 itu bisa mencari
  • 00:05:40
    ngapa-ngapain juga gitu. Tapi kan yang
  • 00:05:42
    kebanyakan tuh tetap di kip gitu kan.
  • 00:05:44
    itu ya sebenarnya banyak maksudnya untuk
  • 00:05:46
    kepentingan si pelakunya apa nih ee
  • 00:05:49
    penyanyi itu ataupun band itu sebenarnya
  • 00:05:51
    banyak ee yang mesti diurusin. saat ini
  • 00:05:54
    yang terjadi sama Agnes itu bukan cuman
  • 00:05:57
    terjadi sama Agnes sebetulnya nantinya
  • 00:05:59
    karena kita bisa lihat bukan pas terjadi
  • 00:06:02
    sama
  • 00:06:03
    Agnes kan tadinya juga kita kan
  • 00:06:05
    biasa-biasa aja ya kalau ada
  • 00:06:06
    permasalahan internal antara di dalam
  • 00:06:08
    satu band A sama B ya biasa aja itu
  • 00:06:11
    urusan mereka untuk beresin tapi ini kan
  • 00:06:13
    dibikin menjadi menyeluruh buat semua
  • 00:06:14
    kan gitu. He. Nah, begitu terjadi dan
  • 00:06:17
    apa yang kita yakini selama ini, yang
  • 00:06:19
    kita tahu selama ini, ternyata oh kok
  • 00:06:20
    enggak seperti apa yang kita tahu di
  • 00:06:22
    situ. Makanya kita ee apa sih ya
  • 00:06:25
    berkeputusan keputusannya itu adalah wah
  • 00:06:26
    ini enggak bisa nih ini kita mesti turun
  • 00:06:28
    nih. Kalau enggak ini kacau. He. Nah, di
  • 00:06:30
    situ kita takut dan yang kita takutkan
  • 00:06:32
    terjadi sebetulnya. Jadi, kan terjadi
  • 00:06:35
    terjadi banyak kan sekarang terjadi
  • 00:06:37
    banyak. Maksudnya Agnes itu salah satu.
  • 00:06:40
    Heeh. Dan Agnes itu mesti dibelain juga.
  • 00:06:42
    Betul. Karena dia salah satu penyanyi di
  • 00:06:44
    Indonesia. Dan yang terjadi sama Agnes
  • 00:06:47
    itu menyisakan masalah buat penyanyi
  • 00:06:49
    yang lain ya. Terjadi lagi. Nah, itu
  • 00:06:51
    yang mesti kita beresin. Iya.
  • 00:06:53
    Snowballnya ke mana-mana ya banget. Nah,
  • 00:06:55
    tapi berarti memang ada semacam apa ya
  • 00:06:58
    ee merasa terserangkah sama gerakannya
  • 00:07:02
    aksi ini sehingga akhirnya semuanya
  • 00:07:04
    mutusin untuk gabung jadi satu gitu kan.
  • 00:07:06
    Kalau karena kalau akhirnya mereka
  • 00:07:08
    kalian selama ini enggak pernah ada
  • 00:07:10
    asosiasi terus tiba-tiba ngumpul kan
  • 00:07:11
    berarti ini ercinya lumayan besar gitu.
  • 00:07:14
    Nah, apa yang paling teman-teman dari
  • 00:07:16
    visi itu yang ngerasa terancam mungkin
  • 00:07:19
    gitu? Sebenarnya bukan terancam, Kang
  • 00:07:20
    ya. Lebih ke ini nih satu yang tadi kita
  • 00:07:23
    omongin di awal ee hak cipta itu kan
  • 00:07:26
    kompleks ya. Kompleks tapi ee dilempar
  • 00:07:30
    ke umum dengan sebegitu apa simpelnya
  • 00:07:34
    yang menyebabkan ee masyarakat umum tuh
  • 00:07:36
    jadi salah pengertian. Heeh. Salah satu
  • 00:07:39
    yang kita pengin benerin gitu kan
  • 00:07:40
    dibilang penyanyi itu apaar ee satu kan
  • 00:07:45
    dibilang penyanyi itu tidak mau minta
  • 00:07:46
    izin penyanyi itu tidak mau bayar. Nah
  • 00:07:49
    itu kan kalau di ee logika yang yang
  • 00:07:53
    sederhana itu pasti masuk i orang punya
  • 00:07:56
    siapa kalau lu mau bawain ya lu izin
  • 00:07:58
    dong gitu kan di logika sederhana gitu
  • 00:08:00
    kan. Tapi kan di dalam industri musik
  • 00:08:03
    ini kan
  • 00:08:04
    lumayan apa panjang tuh. Heeh. Kan kalau
  • 00:08:07
    semisalnya mekanikal mah ya mesti
  • 00:08:10
    izin. Gua mau nyanyiin lagu lu, mau gua
  • 00:08:13
    rekam, mau gua masukin di SP, apalagi
  • 00:08:15
    kalau mau gua aremen ulang, udah pasti
  • 00:08:17
    minta izin. Enggak mungkin enggak izin.
  • 00:08:19
    Itu harus kalau kayak gitu. Nah, ini kan
  • 00:08:21
    beda lagi halnya kita ngomongin
  • 00:08:22
    performing rights nih. I performing R
  • 00:08:24
    itu kan luas ya. Ee I performing aja
  • 00:08:26
    luas. Heeh. Heeh. Yang
  • 00:08:29
    kayak gua gua gua punya restoran ya, gua
  • 00:08:32
    punya lagunya Gigi gitu. CD-nya Gigi
  • 00:08:36
    Citu. Terus misalnya Gigi main di
  • 00:08:38
    kafenya dia yang live-nya nih Gigi
  • 00:08:40
    performing R gitu. Nah, itu maksudnya
  • 00:08:42
    kan tidak sesederhanaan itu maksud agak
  • 00:08:44
    agak agak luas. Dan yang performing
  • 00:08:46
    rights itu yang kita tahu selama ini
  • 00:08:49
    yang memang dari tahun 2014 itu keluar
  • 00:08:51
    undang-undangnya mekanismenya ya.
  • 00:08:53
    Mekanismenya bahwa untuk performing
  • 00:08:55
    rights agak ribet nih kalau mesti izin
  • 00:08:56
    dulu. Sebenarnya di Eropa dari tahun
  • 00:08:58
    1800 kan sudah di dipikirin ini agak
  • 00:09:00
    ribet nih kalau performing R ini mesti
  • 00:09:02
    izin dulu. Jadi dibikinlah mekanismenya
  • 00:09:05
    dan kita kan tahu mekanismenya selama
  • 00:09:07
    ini yang kita tahu. Heeh. Nah, itu
  • 00:09:09
    tiba-tiba ada tafsiran baru terhadap
  • 00:09:12
    mekanisme itu gitu. Skema baru lah ya.
  • 00:09:13
    Skema baru yang kita baru tahu. Nah, ini
  • 00:09:15
    yang makanya kayak oh dan skema baru ini
  • 00:09:20
    itu bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum
  • 00:09:23
    yang tidak bertanggung jawab. Nah, itu
  • 00:09:25
    makanya kita bilang, "Oh, ini berbahaya.
  • 00:09:26
    Ini kita mesti ngomong." Git. Tapi kalau
  • 00:09:28
    dari aksi sendiri kan maksudnya eh
  • 00:09:30
    mereka merasa tidak puas dengan dua hal
  • 00:09:33
    ya. Kalau kalau ini my private opinion
  • 00:09:35
    gitu ya. Dengan blanket RS itu dengan
  • 00:09:38
    angkanya dan juga dengan mekanisme
  • 00:09:39
    kolektifnya yang enggak nyampai ke
  • 00:09:41
    mereka gitu kan sama. Nah sekarang gua
  • 00:09:44
    enggak sekarang lu kan sebagai hostnya
  • 00:09:46
    nih. Nah gua tanya ke host lu. Yang
  • 00:09:48
    salah penyanyi atau siapa? Nah itu dia.
  • 00:09:51
    Kita semua tuh tahu bahwa nih gua sebut
  • 00:09:53
    aja niak supaya enggak gini maksud bukan
  • 00:09:55
    diam dulu.
  • 00:09:56
    Maksud gua gini, supaya lu kita juga
  • 00:09:59
    harus nerangin segampang mungkin supaya
  • 00:10:00
    orang yang nonton podcast el yang awam,
  • 00:10:03
    oh iya iya gitu. Iya. Enggak cok. Coba
  • 00:10:06
    gua kalau dari salah enggak penyanyi?
  • 00:10:08
    Kalau dari sisi gua, penyanyi enggak
  • 00:10:10
    salah kalau dari sisi gua. Karena karena
  • 00:10:12
    mekanisme yang sudah berjalan itu secara
  • 00:10:15
    stakeholder kan berjalan tapi kan ada
  • 00:10:17
    yang enggak puas. Begitu ada yang enggak
  • 00:10:19
    puas kan berarti langsung harus diprotes
  • 00:10:22
    atau dikaji ulang ke mekanisme yang
  • 00:10:24
    sudah berjalan kan. Nah, sekarang ini
  • 00:10:27
    bahkan banyak yang enggak tahu ee banyak
  • 00:10:29
    pasti yang nanya ke gua, LMK itu apa?
  • 00:10:31
    LMKN tuh apa, dua ini bedanya apa? Ada
  • 00:10:34
    N, ada yang enggak ada N-nya nih bedanya
  • 00:10:36
    apa? Dan mereka ee enggak ngerti
  • 00:10:38
    perhitungannya, semua, mekanismenya yang
  • 00:10:40
    standar itu mereka enggak tahu gitu.
  • 00:10:42
    Tapi yang pasti adalah ya sekarang kita
  • 00:10:45
    harus mengakui bahwa LMKN, LMK sendiri
  • 00:10:47
    juga tidak ada yang ee make a
  • 00:10:50
    clarification gitu kan. Dan di
  • 00:10:53
    perdebatan dan di pertikaian antara aksi
  • 00:10:55
    visi ini tidak ada yang pernah menyerang
  • 00:10:58
    atau mempertanyakan ke sini nih. Padahal
  • 00:11:00
    authoritynya mereka padahal. Betul.
  • 00:11:02
    Betul. Nah, itu gitu. Gua beberapa kali
  • 00:11:04
    juga kepengin interview tapi mungkin ee
  • 00:11:07
    caranya agak agak repot gitu kan
  • 00:11:10
    birokrasi gitu. Jadi tapi gua juga
  • 00:11:11
    pengin nanya gitu. Memang itu yang harus
  • 00:11:13
    dipertanyakan gitu ya. Ee nah pertanyaan
  • 00:11:16
    gua paling simpel deh. Paling simpel
  • 00:11:18
    kalau dari sisi gua ya. Menurut gua kan
  • 00:11:20
    ini hak ee yang diminta pencipta lagu
  • 00:11:23
    ini make sense semuanya. Iya. Betul. Mak
  • 00:11:25
    sense banget gitu. Nah, apa dari awal
  • 00:11:28
    itu enggak ada sowannya atau gimana
  • 00:11:30
    gitu? Karena kalau menurut gua, gua
  • 00:11:32
    bilang sama e Mas Piu waktu itu, he ini
  • 00:11:35
    tuh sebenarnya cita-cita dan ee apa ya?
  • 00:11:39
    Maksud yang mulia, tapi terjadi bad
  • 00:11:42
    pring menurut gua.
  • 00:11:44
    mungkin karena yang dimulai itu
  • 00:11:47
    beritanya itu dari ego ee masing-masing
  • 00:11:50
    personil yang punya masalah dengan
  • 00:11:51
    bandnya apa segala macam akhirnya jadi
  • 00:11:53
    ke mana-mana gitu. Dan gua harus bilang
  • 00:11:56
    bahwa gua sangat setuju dengan Ryan Pono
  • 00:11:59
    pada saat eh ini tuh jadi sedikit blur
  • 00:12:04
    karena pada saat mediasi yang harusnya
  • 00:12:06
    masih bisa dipush lagi tuh langsung
  • 00:12:08
    larinya ke pengadilan e pengadilan gitu
  • 00:12:11
    tanpa balik lagi tanpa melibatkan si LMK
  • 00:12:14
    ini gitu maksudnya kenapa jadi jadi
  • 00:12:17
    kerasanya memang nyerangnya ke penyanyi
  • 00:12:20
    gitu ya kan padahal kalau kita lihat
  • 00:12:22
    lagi nih ee dari teman-teman juga
  • 00:12:24
    mengakui yang harus dibari IO. Iya.
  • 00:12:26
    Berubah sekarang. Berubah sekarang.
  • 00:12:28
    Berubah sekarang. Berubah pernyataan
  • 00:12:30
    terakhir itu. Oh, gitu ya. Heeh. Kalau
  • 00:12:32
    dari awal sih gua nangkapnya memang
  • 00:12:33
    harus bayar EO. Jadi mungkin gua rangkum
  • 00:12:36
    sedikit kemarin dari pembicaraan Mas Piu
  • 00:12:37
    yang mereka mau lakukan adalah mereka
  • 00:12:39
    pengin pakai sistem DDL. He. Eh, jadi
  • 00:12:41
    merubah sistemnya jadi direct license
  • 00:12:44
    tanpa ada middlem langsung. Itu itu.
  • 00:12:48
    Oke. Eh, terus itu pertama. Dan kedua,
  • 00:12:50
    nah ini yang agak yang agak memang gua
  • 00:12:52
    bertanya mekanisme cara bayarnya dan
  • 00:12:55
    perhitungannya itu yang mereka punya
  • 00:12:58
    hitungan yang ingin di apa istilahnya ya
  • 00:13:01
    di dipropose lah dipropose ke
  • 00:13:03
    teman-teman penyanyi ke stakeholder yang
  • 00:13:06
    lain. Tapi mungkin kayaknya enggak tahu
  • 00:13:08
    dari teman-teman stakeholder juga
  • 00:13:10
    mungkin enggak tahu mempertanyakan atau
  • 00:13:11
    gimana kenapa berubah mekanismenya jadi
  • 00:13:14
    10% dari V artis sedangkan biasanya
  • 00:13:16
    adalah 2% dari produk CEO gitu. Oke. Ini
  • 00:13:20
    ini panjang yang mesti dijawabnya. Iya
  • 00:13:22
    ya enggak apa-apa. Sok sok aja dari mana
  • 00:13:23
    dulu nih kita jawabnya tadi ya. Oke. Ee
  • 00:13:27
    perubahan DDL dulu mungkin. Iya betul.
  • 00:13:30
    Jadi ini nyambung sih sebetulnya.
  • 00:13:32
    Sebetulnya ini yang kita sayangkan.
  • 00:13:35
    Heeh. Jadi kan kita setuju maksudnya ee
  • 00:13:38
    kalau
  • 00:13:39
    semisalnya sistem yang ada di Indonesia
  • 00:13:42
    ini tidak berjalan dengan lancar memang
  • 00:13:44
    betul. Maksudnya tidak ee kayak kita
  • 00:13:46
    juga dengar tuh misalnya dari
  • 00:13:48
    teman-teman promotor bilang, "Eh, gua
  • 00:13:50
    udah bayar ke LMK tapi tiba-tiba
  • 00:13:53
    penciptanya nagih juga ke gua." Habis
  • 00:13:55
    itu ada yang bilang enggak dapat dari
  • 00:13:57
    LMK-nya gitu. Jadi memang emang itunya
  • 00:13:59
    memang kacau sebetulnya gitu. itu yang
  • 00:14:01
    mesti di dibetulin. Cuman ya itu tadi
  • 00:14:04
    caranya tuh harusnya yang benar ya.
  • 00:14:06
    Kalau tadi ditanya ee bilang mau kalau
  • 00:14:11
    datang ke teman-teman penyanyi eh
  • 00:14:13
    bantuin dong ee campaign ini gitu. Gua
  • 00:14:16
    pribadi waktu itu ya yang minta waktu
  • 00:14:18
    itu ee Asiri kalau enggak salah waktu
  • 00:14:21
    itu pertama kali ada Prisindo. Hm.
  • 00:14:24
    Prisindo tanya ini ada Prisindo Ril
  • 00:14:25
    tolong dong bantuin e Aril hadir biar
  • 00:14:29
    orang-orang tuh tahu tentang apa sih ini
  • 00:14:30
    Prisindo gitu kan gitu ya itu kan buat
  • 00:14:33
    hak terkait kan itu aja itu dibilang
  • 00:14:36
    kayak begitu gua bilang waktu itu
  • 00:14:37
    sebenarnya belum belum ngerti 100% ya
  • 00:14:39
    mungkin sekitar 7080%nya gitu tentang
  • 00:14:41
    Presindo itu tapi gua datang maksudnya
  • 00:14:43
    datang untuk iya support apa yang bagus
  • 00:14:46
    untuk ee itu kan hak terkait tuh jadi ya
  • 00:14:49
    penyanyi dapat ee pemas dapat segala
  • 00:14:52
    macam dapat gitu kan berarti kan itu
  • 00:14:53
    bagus bagus ya. Jadi diminta kayak gitu,
  • 00:14:56
    gua datang di di apa di preskonnya gitu
  • 00:14:59
    menerangkan ya tolong dibayar hak
  • 00:15:02
    terkaitnya biar ini jalan ke teman-teman
  • 00:15:04
    musisi gitu. Jadi kalau semisalnya
  • 00:15:06
    ditanya tadi kalau ada ee datang menanya
  • 00:15:10
    ke teman-teman penyanyi untuk ada
  • 00:15:12
    campaign yang oke yang bagus kayaknya
  • 00:15:14
    banyak teman-teman penyanyi mau mau
  • 00:15:16
    bantuin deh pasti gitu ya. Ini kan
  • 00:15:17
    memang awalnya e awalnya enggak oke aja
  • 00:15:21
    sih gitu. Iya. Itu yang tadi lu bilang
  • 00:15:22
    apa? ee B PR B pring
  • 00:15:25
    karena mulainya dari ego marah-marah
  • 00:15:27
    semua orang dulu gitu. Kalau gua
  • 00:15:29
    ngelihatnya gitu ya dari sisi itu. Nah,
  • 00:15:31
    kalau lanjut ke DDL dan 10%-nya.
  • 00:15:34
    Nah, nah kalau ini tuh kalau menurut gua
  • 00:15:36
    ya Heeh. E apalagi lu tadi ngomong
  • 00:15:39
    masalah yang 10%-nya itu tuh sebetulnya
  • 00:15:42
    kalau penyanyi kalau menurut gua ee
  • 00:15:45
    bukan tidak ada hubungan tapi kan
  • 00:15:46
    sebetulnya ini harusnya ngobrol dengan
  • 00:15:49
    promotor, IO, stakeholder yang lain
  • 00:15:52
    gitu. Karena kalau kalau kalau apalagi
  • 00:15:54
    pernyataan terakhirnya itu adalah yang
  • 00:15:55
    tetap bayar adalah penyelenggara atau
  • 00:15:57
    CEO ya penyanyi mah kan wae gitu kan.
  • 00:16:01
    Nah, tapi kan sekarang gini. Ketika
  • 00:16:03
    sekarang itu ee kalau berbayar 2% kan 2%
  • 00:16:07
    sekarang ni sistem yang sekarang sistem
  • 00:16:09
    yang berlaku dalam hukum sekarang dari
  • 00:16:11
    kementerian maksudnya kementerian ya ee
  • 00:16:13
    UAC itu ya 28 tahun 2014 itu kan ee ke
  • 00:16:17
    LMK. Nah, LMK-nya
  • 00:16:19
    tuh persentasenya adalah 2% dari kalau
  • 00:16:22
    ee berbayar 2% dari tiket yang terjual
  • 00:16:25
    ya kan. Kalau yang tidak berbayar 2%
  • 00:16:27
    dari produksi gitu kan. He. Nah, terus
  • 00:16:30
    naik jadi ee menurut itu ngadel adalah
  • 00:16:32
    10% dari ee V artis gitu. Nah, itu kan
  • 00:16:35
    sebetulnya yang harus diobrolin adalah
  • 00:16:38
    dengan si promotor dan asosiasi promotor
  • 00:16:40
    dan asos ee asosiasi IO ya. Karena
  • 00:16:44
    mereka yang mau bayar 10%-nya itu kan
  • 00:16:45
    dibebanin ke mereka. Betul. Nah, ya
  • 00:16:47
    sekarang cari hitungan kalau gua Rp100
  • 00:16:49
    juta berarti kan 110. I nah itu kan
  • 00:16:52
    harus dibicar karena kan yang bayar kan
  • 00:16:53
    el gitu. Betul. Betul. Itu sih kalau
  • 00:16:56
    menurut gua kalau buat kitanya
  • 00:16:58
    sebetulnya kan enggak masalah ya ya
  • 00:16:59
    mangga ae gitu aja gitu. Walaupun
  • 00:17:02
    sebenarnya Kang dengan sistem V artis
  • 00:17:04
    itu agak bertabrakan sedikit dengan
  • 00:17:06
    kerahasiaan kita sebetulnya
  • 00:17:08
    karena 10% dari V-nya Aril. Nah itu kan
  • 00:17:11
    ada konfidensialnya juga. Karena kon ee
  • 00:17:14
    tertutupnya harga seorang artis justru
  • 00:17:16
    itu menjadikan sebuah sebuah bukan
  • 00:17:19
    selain privasi adalah ini ee pet apa
  • 00:17:22
    namanya strategi dari si manajer itu kan
  • 00:17:25
    ketika di festival harganya berapa di
  • 00:17:28
    dapat BUMN yang perusahaan gede dapat
  • 00:17:30
    berapa charity mungkin enggak dibayar
  • 00:17:33
    nah itu kan privacy itu yang sebetulnya
  • 00:17:35
    di situ gitu untuk si manajer atau
  • 00:17:37
    manajemen tuh ee bermain di situ gitu
  • 00:17:39
    benar benar benar benar benar jadi
  • 00:17:41
    kebayang kan kalau sekarang 10% dari
  • 00:17:42
    bayaran gua lah. Ketahuan dong kalau
  • 00:17:44
    gitu gitu kan. Nah, ini yang tadi Aril
  • 00:17:48
    bilang tidak sesederhana itu maksudnya
  • 00:17:51
    di di balik ini tuh gitu. Iya. I iya.
  • 00:17:53
    Cuman yang keterimanya di di netizen
  • 00:17:56
    ataupun di awam itu sangat-sangat
  • 00:17:58
    sederhana. Penyanyi enggak mau bayar.
  • 00:18:01
    Iya. Iya. Benar. Benar. Penyanyi enggak
  • 00:18:02
    mau izin gitu. Ben padahal sebenarnya di
  • 00:18:04
    belakangnya tuh ya rumit. Lumayan rumit.
  • 00:18:06
    Iya. Iya. Iya. Gitu ya. Ditambah lagi
  • 00:18:08
    memang kemarin akhirnya kasusnya Agnesmo
  • 00:18:12
    ee Mas Aribias dimenangkan ya kan. Jadi
  • 00:18:16
    itu kan dari sisi mereka kayak
  • 00:18:17
    pembuktian dari hukumnya ternyata bisa
  • 00:18:20
    tafsiran baru tafsiran baru lah ya.
  • 00:18:21
    Tafsiran baru nih gitu. Nah kalau dari
  • 00:18:24
    sisi kalian sendiri ee apa yang sekarang
  • 00:18:27
    lagi disuarakan atau apa yang lagi
  • 00:18:29
    dibela aksi punya gua penginnya gini
  • 00:18:31
    gitu terus dari LMK juga tetap
  • 00:18:33
    mekanismenya seperti ini gitu. Nah,
  • 00:18:35
    kalian kan kemarin sudah mempertanyakan
  • 00:18:38
    yang benar yang mana gitu. Nah, terus
  • 00:18:39
    belum lagi nih harus ngebantu juga
  • 00:18:42
    teman-teman yang yang ya kita sekarang
  • 00:18:45
    nih hari ini kita ngobrol kasusnya
  • 00:18:47
    ternyata bukan Akdesmo aja sudah mulai
  • 00:18:49
    bermunculan yang baru-baru juga gitu
  • 00:18:50
    kan. Ada Lestti ada ada Vid ya kan gitu.
  • 00:18:55
    Nah, kalau dari Visi sendiri apa nih
  • 00:18:57
    gitu ya? Ee saya bantu jawabin Kang Sok.
  • 00:19:02
    Jadi kalau kita tadi kan dari tadi kita
  • 00:19:04
    sempat ngomongin DDL dan segala macam.
  • 00:19:05
    Sebenarnya ada adanya DDL itu kalau
  • 00:19:08
    semisalnya itu bagus buat si pencipta ee
  • 00:19:12
    lagu ya pasti kita dukung. Iya. Asal
  • 00:19:14
    tidak bertabrakan dengan promotor i yang
  • 00:19:17
    juga bagian daripada ee ee apa
  • 00:19:20
    istilahnya ekosistem kita kan gitu. Yang
  • 00:19:22
    penting itu semua oke itu kita enggak
  • 00:19:23
    ada masalah. Yang kita masalahin adalah
  • 00:19:26
    ini nih ee keputusan sidangnya Agnes itu
  • 00:19:29
    kan tadi gua bilang menyisakan masalah.
  • 00:19:31
    Hm. Jadi ee kita bisa lihat bahwa ini
  • 00:19:35
    bisa dimanfaatkan sama oknum-oknum. Jadi
  • 00:19:37
    apapun profesinya kita bilang pasti ada
  • 00:19:39
    oknumnya. Mau penyanyi, penyanyi pasti
  • 00:19:41
    ada oknumnya, manajer ada oknumnya. Ah,
  • 00:19:43
    ee dan pencipta pun biasa aja ngomongnya
  • 00:19:46
    enggak usah gitu kalau pas manajer.
  • 00:19:50
    Dan pencipta pun pasti ada oknumnya
  • 00:19:52
    menurut gua. Jadi ini yang terjadi, yang
  • 00:19:54
    kita takutin dan sudah terjadi adalah
  • 00:19:56
    ini ada satu penyanyi dia nyanyi di
  • 00:19:59
    tahun
  • 00:20:00
    2023 dia nyanyi tahun 2023 eh eh 2023
  • 00:20:04
    betul ya. Terus ditagih di tahun 2025
  • 00:20:07
    nih kemarin baru bulan Februari kemarin.
  • 00:20:09
    Jadi dia ditagih untuk ee pada tahun
  • 00:20:12
    2023 dia nyanyi nyanyikan sebuah lagu
  • 00:20:14
    dia disuruh bayar Rp50 juta untuk satu
  • 00:20:16
    lagu itu gitu. Satu lagu diminta bayar.
  • 00:20:19
    Dia bilang loh kok mahal banget. Dia
  • 00:20:21
    bilang, "Kalau tahu harganya segitu,
  • 00:20:23
    enggak akan saya nyanyiin." Dia bilang
  • 00:20:24
    itu tahun 2023 itu tapi kan sudah enggak
  • 00:20:28
    terjadi sudah terjadi. Dia enggak punya
  • 00:20:30
    kekuatan apa-apa kan. Iya. Mau nawar
  • 00:20:31
    harga aja susah sebetulnya kan gitu kan.
  • 00:20:34
    Udah jadi mutlak punya yang nagih gitu
  • 00:20:36
    istilahnya kalau mengikuti si pemahaman
  • 00:20:38
    yang baru itu kan gitu. He. Ee terus itu
  • 00:20:41
    satu.
  • 00:20:42
    Yang kedua ada lagi juga yang sampai
  • 00:20:44
    nominalnya sekitar 500 jutaan lah kalau
  • 00:20:47
    nah itu yang kita enggak mau. Maksudnya
  • 00:20:49
    gini, yang kita tahu dari tahun 2014
  • 00:20:52
    adalah apa yang sudah dibilang sama
  • 00:20:53
    pemerintah adalah penafsiran yang A ini
  • 00:20:55
    ya. Penafsiran yang A. Jadi itu yang
  • 00:20:58
    kita tahu dan kita jalanin gitu. Nah,
  • 00:21:00
    kalau semisalnya gara-gara persidangan
  • 00:21:02
    Agnes itu terjadi perubahan tafsir gitu
  • 00:21:06
    ke B ya minimal dimulainya dari saat itu
  • 00:21:08
    ke depan dong. Iya. Jalan ke belakang.
  • 00:21:10
    Jangan ke belakang. Betul. yang belakang
  • 00:21:12
    jangan dihitung-hitung. Heeh. Kan apa?
  • 00:21:14
    Karena enggak adil tadi yang nun
  • 00:21:16
    harganya enggak ada orang memang enggak
  • 00:21:17
    ada aturannya harganya gitu kan. Heeh.
  • 00:21:19
    Bisa ditembak berapa aja gitu. Nah, itu
  • 00:21:21
    yang gue bilang ini bisa dimanfaatin
  • 00:21:23
    sama oknum-oknum mumpung-mumpung gitu
  • 00:21:25
    kan. Ah, bisa nih. Coba gua cari dia
  • 00:21:28
    waktu itu berapa kali manggung nih 10
  • 00:21:29
    tahun ini gitu. W buset di ditebak aja
  • 00:21:32
    berapa segini gitu. Iya. Heeh. Itu kan
  • 00:21:34
    bahaya ya. Dan enggak fair menurut gua.
  • 00:21:36
    Benar. Benar. Benar. dan itu enggak
  • 00:21:37
    fair. Nah, itu sebenarnya yang kita
  • 00:21:39
    perjuangkan saat ini yang paling inti
  • 00:21:41
    itu sebetulnya. Jadi, kalau misalnya
  • 00:21:43
    kayak aksi bikin DDL dan segala macam
  • 00:21:45
    itu sebenarnya kita enggak ada masalah
  • 00:21:47
    sama sekali. Mungkin kita ada kasih
  • 00:21:50
    sedikit masukan sebetulnya. Masukannya
  • 00:21:52
    adalah
  • 00:21:54
    kayaknya alangkah baiknya kalau
  • 00:21:55
    aturannya itu tuh benar-benar dipikirin
  • 00:21:57
    dulu bareng-bareng semua stakeholder
  • 00:22:01
    udah benar-benar dites, udah confirm,
  • 00:22:04
    udah firm semuanya baru diumumkan gitu.
  • 00:22:06
    I kalau sekarang kan masih
  • 00:22:07
    berubah-berubah. Heeh. Yang tadinya nih,
  • 00:22:10
    tadinya katanya direct licensing.
  • 00:22:12
    Berarti direct licensing-nya
  • 00:22:13
    konvensional langsung penyanyi langsung
  • 00:22:15
    bayarkan pencipta. Iya. Ya, enggak tahu
  • 00:22:17
    gimana mekanisme pajaknya kan gitu kan.
  • 00:22:19
    Itu itu berubah berubah menjadi ee DDL.
  • 00:22:24
    Heeh. Yang menurut gua menurut pemahaman
  • 00:22:26
    gua ya DDL berarti enggak direct dong.
  • 00:22:28
    Enggak enggak direct yang konvensional
  • 00:22:30
    seperti sebelumnya dicontohkan kan ada
  • 00:22:32
    adminnya.
  • 00:22:34
    Eh, artinya berarti udah enggak direct
  • 00:22:36
    lagi tapi lewat admin. Udah yang tadinya
  • 00:22:39
    penyanyi yang disuruh bayar, sekarang
  • 00:22:41
    berubah lagi ee promotor yang bayar.
  • 00:22:44
    Nah, di promotor itu juga yang tadinya
  • 00:22:48
    sor yang itu gua gua gua ini dulu hukum
  • 00:22:50
    yang berlaku dari 11 tahun yang lalu itu
  • 00:22:52
    kan promotor yang bayar terus ketika
  • 00:22:54
    aksi keluar penyanyi yang bayar. Nah,
  • 00:22:56
    sekarang berubah lagi promotor lagi
  • 00:22:58
    gitu. I dan pada saat promotor yang
  • 00:23:00
    bayar itu juga berubah-berubah kan. He
  • 00:23:02
    yang tadinya katanya 10% prorata berubah
  • 00:23:06
    menjadi 10%
  • 00:23:09
    dari harga artis ya. Harga artis. Habis
  • 00:23:11
    itu sekarang berubah lagi jadi 1% per
  • 00:23:13
    lagu. 1% per lagu berarti pro rata
  • 00:23:16
    dianggap 10 lagu gitu ya. No no no
  • 00:23:17
    enggak pro rata lagi kalau enggak salah
  • 00:23:19
    gua. Oh enggak. Tapi gua takut salah nih
  • 00:23:20
    ya yang gua dengar jadi ya sat lagu 1%.
  • 00:23:24
    Kalau 24 lagu ya 24%. Kemungkinan besar
  • 00:23:27
    begitu kayaknya. Heeh. Jadi enggak
  • 00:23:28
    mungkin lukisannya adalah berubah.
  • 00:23:32
    Bukan berubah sih menurut gua jadinya
  • 00:23:34
    enggak enggak jelas gitu. Karena kalau
  • 00:23:36
    kata PKI Barat e aksi enggak punya
  • 00:23:39
    website. Oh belum ya
  • 00:23:42
    buat naruh yang diprose apa gitu kan.
  • 00:23:46
    Kalau kemarin sih gua ngobrol sama Mas
  • 00:23:47
    Piu cukup jelas ya. He. 10% dari harga
  • 00:23:50
    artis yang bayar IO dan itu proor rata.
  • 00:23:53
    Jadi anggap anggaplah 10% karena itu
  • 00:23:55
    yang terjadi di Akes Monika kan. Udah
  • 00:23:56
    berubah lagi kan sekarang 10%. Makanya
  • 00:23:58
    dia kemarin kan ngobrolnya 1% kan. Jadi
  • 00:24:00
    gua masih mengapnya mungkin ngitung 1%
  • 00:24:02
    itu dari 10% dibagi 10 lagu Prorata.
  • 00:24:05
    Mungkin mungkin ya. Tapi sebenarnya yang
  • 00:24:06
    tadi sistem lu kan lu sudah ngobrol sama
  • 00:24:09
    Pio ya maksudnya 10% ee dari apa artis
  • 00:24:12
    ya haris. Nah itu sendiri kan selain ee
  • 00:24:16
    harus juga ngobrol dengan para
  • 00:24:18
    stakeholder di apa di IO dan sebagainya
  • 00:24:21
    harus ngobrol juga dan para manajer dan
  • 00:24:24
    manajer itu juga kan enggak tahu juga
  • 00:24:26
    kan apa enggak semua artis mau gitu.
  • 00:24:28
    Nah, itu kan kemarin gua tanyain juga
  • 00:24:30
    kan. Jadi sebenarnya kan kalau memang
  • 00:24:32
    ada kayak gini kan yang paling benar ya
  • 00:24:33
    kita semua sepakat bahwa ngobrol sama
  • 00:24:35
    stakeholdernya semuanya firm dan
  • 00:24:36
    sepakat. Iya. Kalau dari versi Mas Piu
  • 00:24:39
    sudah mengundang teman-teman dari
  • 00:24:40
    Imarindo ee perwakilannya Robert akhir
  • 00:24:42
    ngobrol Robert juga sama kita ikut hukum
  • 00:24:45
    yang ada gitu. Apapun itu kita support
  • 00:24:48
    tapi kita ikut hukum yang ada gitu
  • 00:24:50
    teman-teman. ee LMK aku belum ngobrol.
  • 00:24:53
    Terus sudah gitu ada visi. Nah,
  • 00:24:54
    pertanyaan gua, kenapa sampai sekarang
  • 00:24:57
    belum ada pertemuan stakeholder itu?
  • 00:24:59
    Nah, itu dia. Nah, itu dia ya kan kan
  • 00:25:01
    selama ini kan kayak Mas Dani bikin
  • 00:25:04
    bikin acara gitu kan ngundang gitu kan.
  • 00:25:07
    Terus akhirnya ee tapi ee tapi kan
  • 00:25:09
    menurut menurut kita ya J kalau itu kan
  • 00:25:11
    ada pertama bahwa memang kita waktu itu
  • 00:25:13
    baru dibentuk kan ya bahkan belum belum
  • 00:25:15
    sempat dibentuk pas belong pertama gitu.
  • 00:25:17
    Belum belum. Heeh. Terus menurut kita
  • 00:25:20
    memang dengan pemahaman kita yang patut
  • 00:25:23
    terhadap undang-undang yang yang sudah
  • 00:25:24
    ada bahwa he kayaknya bukan kita deh
  • 00:25:26
    yang harus diajak ketemu. Yang paling
  • 00:25:29
    penting itu yaitu asosiasi promotor,
  • 00:25:32
    asosiasi event organizer. Heeh.
  • 00:25:34
    Associate manager. Iya. E manajer juga.
  • 00:25:37
    Itu yang paling penting. Soalnya kan
  • 00:25:38
    mereka ujung tomaknya. Iya. Kalau
  • 00:25:41
    semisalnya dibikin peraturannya terus
  • 00:25:44
    promotor tidak setuju dan akhirnya
  • 00:25:46
    promotor-promotor dan IO tidak bikin
  • 00:25:48
    acara, iya kita mau gimana? Betul. Nah,
  • 00:25:51
    tapi kan sekarang yang kejadian kan
  • 00:25:53
    tetap aksi dan visi yang Clash gitu kan.
  • 00:25:56
    Kalau misalkan ee ada enggak inisiatif
  • 00:25:59
    untuk ya udah visi yang bikin, visi yang
  • 00:26:01
    nemuin ngundang semua stakeholder nih
  • 00:26:03
    untuk duduk bareng. Heeh. Kita akan coba
  • 00:26:05
    mungkin kali ya kita akan coba ya. Iya.
  • 00:26:08
    Tapi semuanya harus semuanya. Dan satu
  • 00:26:09
    lagi sebenarnya gini, kita ngumpul kalau
  • 00:26:12
    kita-kita juga gitu sebenarnya agak agak
  • 00:26:17
    kurang juga. Karena apa? Setahu gua ya
  • 00:26:19
    ee sepengetahuan gua memang kalau di
  • 00:26:21
    luar itu yang nentuin 2% sampai 8%
  • 00:26:25
    antara itu itu memang semua stakeholder.
  • 00:26:27
    Iya. Di luar sistem di luar maksudnya di
  • 00:26:31
    Indonesia kan sudah terlanjur pemerintah
  • 00:26:33
    duluan yang ngasih ininya apa rate-nya.
  • 00:26:35
    Nah, apapun yang kita bikin berarti akan
  • 00:26:37
    bertabrakan dengan apa yang dibikin
  • 00:26:38
    pemerintah, kan. Nah, jadi pada saat itu
  • 00:26:41
    mau dibicarakan, gua bilang sih
  • 00:26:43
    pemerintah juga mesti ikut. Iya. Ikut
  • 00:26:45
    hadir
  • 00:26:46
    ya. Harus benar, benar, benar. Benar.
  • 00:26:48
    Jadi itu mesti ada semuanya baru enak
  • 00:26:51
    tuh kalau gue bilang gitu dan dan kita
  • 00:26:54
    benar-benar pengin banget itu terjadi
  • 00:26:56
    gitu. Ya, makanya ini sih ini sih dari
  • 00:26:59
    gua ya, dari gua maksudnya. Kenapa kan
  • 00:27:01
    banyak banget tuh yang ngomong bahwa
  • 00:27:02
    kenapa sih ee Fisi kalau dia undang sama
  • 00:27:04
    aksi enggak mau gitu kan. Karena gini,
  • 00:27:06
    ketika dua orang eh dua orang, dua dua
  • 00:27:10
    pihak, dua sejoli, dua sejoli memandu
  • 00:27:12
    cinta, cinta bersa
  • 00:27:16
    itu dua pihak dengan yang satu
  • 00:27:20
    pandangannya terhadap sesuatu A, yang
  • 00:27:22
    satu pandangan terhadap sesuatu B
  • 00:27:25
    disatuin tanpa ada penengah. dan penanah
  • 00:27:27
    itu bukan pemerintah atau negara sama
  • 00:27:29
    bohong gitu yang ada debat kusir yang
  • 00:27:32
    yang akhirnya yang senang adalah Heeh.
  • 00:27:34
    ya para bukan para gosiper-gosiper kan
  • 00:27:38
    akhirnya gitu maksudnya kenapa tapi
  • 00:27:40
    kalau dibicara kenapa sih lu enggak udah
  • 00:27:43
    ketemu gua sama anak-anak sih di DJKI
  • 00:27:46
    pernah ketemu ketemu nah kenapa gua mau
  • 00:27:48
    datang karena oh ini ada DJKI nih Heeh
  • 00:27:51
    ini dari negara dan memang itu kan ee
  • 00:27:53
    DJKI adalah ee apa namanya Dirjen
  • 00:27:56
    em Kekayaan Intelektual benar gitu
  • 00:27:59
    itunya ya gua datang ketemu di situ dan
  • 00:28:01
    ngasih masukan dari visi si Pak Agungnya
  • 00:28:04
    ngomong, "Pak, ee dari visi apa masukan
  • 00:28:07
    saya kasih ada ini, Pak. Si poin-poinnya
  • 00:28:09
    ini," gitu. Nah, kemarin yang gua dengar
  • 00:28:11
    dari DCK itu sebenarnya mereka ngadain
  • 00:28:13
    FGD untuk mencatat, menampung semua.
  • 00:28:16
    Heeh. Menampung dan itu untuk jadi acuan
  • 00:28:19
    nanti ke perubahan ininya ya, perubahan
  • 00:28:21
    undang-undang kan diundang. Visi
  • 00:28:23
    diundang itu di FJD ketiga. Oke. Visi
  • 00:28:25
    itu diundang di FJD. Oke. Nah, berarti
  • 00:28:27
    sekarang kondisinya sebelum ada mediasi
  • 00:28:29
    itu, selain mungkin selain nunggu
  • 00:28:31
    mediasi itu juga nunggu pemerintah
  • 00:28:33
    melakukan apa gitu ya. Kemarin setiap
  • 00:28:35
    kita diundang ke BKD, DPR, diundang di
  • 00:28:38
    DJKI itu ee dipanggil juga sama e Dirjen
  • 00:28:42
    dan Kementerian Kebudayaan. Terus waktu
  • 00:28:45
    ke hukum juga itu gua kita selalu
  • 00:28:47
    ngomong bahwa please dong ini dalam
  • 00:28:49
    keadaan status quo ini pemerintah atau
  • 00:28:51
    negara hadir dan memberikan apa namanya
  • 00:28:54
    ee istilnya ketegasan bahwa heeh wei wei
  • 00:28:58
    entar dulu wei udah gini dulu nah gitu
  • 00:29:00
    gitu i oke gua tambahin kali ya
  • 00:29:04
    maksudnya gini pada saat kita ketemu
  • 00:29:06
    sama aksi akan sulit menurut gua
  • 00:29:09
    karena kalau aksi ketemu sama kita mau
  • 00:29:11
    ngomongin masalah DDL L kan kayak tadi
  • 00:29:15
    kita bilang itu urusannya sama sama
  • 00:29:17
    stakeholder yang lain gitu ya kan. Dan
  • 00:29:20
    sedangkan kalau kita ketemu sama aksi
  • 00:29:22
    kan yang kita perjuangkan adalah hasil
  • 00:29:25
    keputusannya ee terhadap sidang Agnes
  • 00:29:28
    kan gitu bahwa jangan sampai
  • 00:29:30
    penyanyi-penyanyi yang lain itu bisa di
  • 00:29:32
    istilahnya apa ya dizalimi,
  • 00:29:35
    dikriminalisasi kan gitu kan tiba-tiba
  • 00:29:37
    diminta sejumlah tertentu untuk hal yang
  • 00:29:39
    sudah lewat gitu kan. Itu itu yang akan
  • 00:29:41
    itu yang kita perjuangkan. Heeh. Nah,
  • 00:29:43
    kalau kita ngobrol itu sama aksi ya
  • 00:29:46
    percuma karena apa yang diperjuangkan
  • 00:29:47
    aksi kan sudah selesai tuh di di
  • 00:29:49
    pengadilannya Agnes. Heeh. Jadi kita mau
  • 00:29:51
    ngomongin apa sebenarnya kan gitu ya.
  • 00:29:52
    Heeh. Heeh. Makanya kenapa ee kita malah
  • 00:29:56
    ke MK I karena itu bagian dari
  • 00:29:58
    perjuangan kita kan. Ini gimana
  • 00:30:00
    mempertanyakan ya bukan mengugat ya.
  • 00:30:01
    Iya. He. Mempertanyakan ini gimana
  • 00:30:03
    sebenarnya gitu kan. Karena kan emang
  • 00:30:04
    jadi bingung kan. Benar. Benar. Iya iya
  • 00:30:06
    iya. Jadi kalau ketemu sama aksi kita ma
  • 00:30:08
    ngomongin apa juga sebetulnya gitu ya.
  • 00:30:09
    Iya. Dan dan pernyataan
  • 00:30:11
    waktu sidang pertama itu kan si Pak
  • 00:30:14
    hakimnya Pak Hakim Ketua sudah ngomong
  • 00:30:16
    kan kalian benar datang ke MK
  • 00:30:18
    mempertanyakan ini. Udah udah maksudnya
  • 00:30:20
    dari hakimnya pun sudah ada pernyataan
  • 00:30:22
    itu. Berarti memang benar gitu. Kalau lu
  • 00:30:24
    mau nanya mengenai ini undang-undang K
  • 00:30:26
    MK gitu terus yang tapi kan ya yang
  • 00:30:29
    keluar digoreng yang lain. Oke enggak
  • 00:30:31
    apa-apalah it's oke. Kenapa banyak apa?
  • 00:30:33
    Wah, ini. Nah, tapi kan di di sidang
  • 00:30:34
    yang keduanya si hakimnya kan ngomong
  • 00:30:36
    gini, "Wah, kalian 2 minggu ini enggak
  • 00:30:38
    tidur ya, para pengacara hebat ini
  • 00:30:40
    PR-nya benar semua." Nah, berarti kan
  • 00:30:41
    emang emang ngerti enggak sih maksudnya
  • 00:30:43
    itu emang sebetulnya mengerjakannya tuh
  • 00:30:46
    emang kita benar dalam dengan
  • 00:30:47
    tahap-tahap yang benar gitu maksudnya.
  • 00:30:49
    Ya, kalau gua sih setuju ya, memang
  • 00:30:50
    harus ada pola main yang disepakati
  • 00:30:51
    apapun itu ya dan memang memang lebih
  • 00:30:54
    gampang kalau regulasinya itu formal.
  • 00:30:56
    Jadi kan government yang issued ee
  • 00:30:59
    regulasinya gitu. Nah, sekarang
  • 00:31:01
    pertanyaannya sambil nunggu nih, sambil
  • 00:31:04
    nunggu e nantinya gimana ini tukang
  • 00:31:06
    tukang somai ke mana sih nunggu karena
  • 00:31:08
    ya karena gua terus terang waktu ngobrol
  • 00:31:10
    sama Mas Piu juga gua jadi bingung
  • 00:31:12
    sendiri gitu karena lah Mas Piu bilang
  • 00:31:15
    DDL itu kita mengencourage mengajak
  • 00:31:17
    bahasanya bagus banget mengajak semua
  • 00:31:19
    teman-teman yang sama-sama mau ee
  • 00:31:22
    melestarikan ee apa namanya hak para
  • 00:31:25
    pencipta lagu berarti kan bukan paksaan
  • 00:31:28
    bukan harus semuanya disamaaratakan
  • 00:31:31
    pakai DDL gitu kan. I kan itu itu ya
  • 00:31:33
    berarti loh, Mas. Berarti ikut enggak
  • 00:31:35
    ikut itu tergantung usernya nanti ee
  • 00:31:38
    sukses yang mana kan gitu kan. Siapa
  • 00:31:40
    yang nyaman pakai apa berarti kan enggak
  • 00:31:41
    ada masalah gitu. Nah sekarang yang jadi
  • 00:31:44
    masalah kan tinggal yang ee apa
  • 00:31:47
    orang-orang yang menurut gua quotquot
  • 00:31:49
    liar nih main hajar-hajar dengan
  • 00:31:51
    kasus-kasus yang sekarang gitu. Betul.
  • 00:31:53
    Okum tadi yang gua bilang oknum tadi.
  • 00:31:54
    Iya betul betul. Nah, kalau dari ee visi
  • 00:31:57
    sendiri secara internal ada apa aja yang
  • 00:32:01
    di apa ya maksudnya yang disiapkan untuk
  • 00:32:02
    membantu teman-teman yang lagi di
  • 00:32:05
    kriminalisasi ini gitu ya. kemarin kita
  • 00:32:08
    sering ee apa namanya ee apa hubungin
  • 00:32:10
    mereka terus gimana sih ini apa
  • 00:32:13
    permasalahannya sepertinya sebenarnya
  • 00:32:14
    karena kan kalau dari berita tuh
  • 00:32:15
    kadang-kadang kan dipotong-potong ya dan
  • 00:32:17
    terus oh ternyata seperti itu ya kita
  • 00:32:19
    ngobrol dan sebagainya tapi kan ee
  • 00:32:21
    kebeneran kalau kemarin yang teman-teman
  • 00:32:24
    yang kemarin itu mereka sudah punya ee
  • 00:32:26
    para lawyer-lwyernya nah paling ya
  • 00:32:28
    ngobrol antar antar kita sama lawyernya
  • 00:32:30
    itu gimana sih kearaman dan sebag kita
  • 00:32:32
    juga ada tim lawyer juga jadi saling
  • 00:32:34
    insight aja ngasih siih insight dan
  • 00:32:35
    sebagainagain I untuk men-supportah. Ya,
  • 00:32:37
    betul. Enggak ada yang mau ngajak narik
  • 00:32:40
    Mas Dani ya Mas Dani, Mas. Yuk kita
  • 00:32:43
    ngobrol yuk gitu kayak ojo ojo
  • 00:32:46
    keras-keras gitu kan gitu. Enggak
  • 00:32:47
    enggak. Masal sebenarnya gua masalahnya
  • 00:32:49
    bingungnya gini kan Mas Dani itu DPR RI
  • 00:32:52
    di Komisi 10. Sebenarnya Mas Dani juga
  • 00:32:55
    harus mewakili kita kan si
  • 00:32:56
    penyanyi-penyanyi ini gitu. Bukan hanya
  • 00:32:58
    mewakili pencipta tapi juga mewakili
  • 00:33:01
    penyanyi juga sebetulnya gitu. Cuma kan
  • 00:33:03
    se sedari awal memang Mas Dani duluan
  • 00:33:07
    kan yang bilang penyanyi itu ee apa
  • 00:33:10
    maling ee enggak enggak enggak mau izin
  • 00:33:13
    dan segala macam. Jadi maling jadi itu
  • 00:33:15
    yang bikin eh ini gimana ya kita mau
  • 00:33:17
    komunikasi ya gitu kok udah begini
  • 00:33:19
    duluan gitu kan. Memang karakternya
  • 00:33:22
    memang agak sulit ditembus ya versi Mas
  • 00:33:25
    Gateli ini.
  • 00:33:28
    Tapi Mas Dani kan bingung Mas Dani.
  • 00:33:30
    Maksud gua enggak ini sekarang ee saya
  • 00:33:32
    side siapa yang enggak kenal Mas Dani
  • 00:33:34
    gitu maksudnya kan untuk ngobrol debat
  • 00:33:37
    pun kan sebenarnya ee no hard no hard
  • 00:33:41
    feeling ya gitu kan. Gua yakin pasti
  • 00:33:43
    bisa ada clearance yang mungkin bisa
  • 00:33:46
    saling membantu gitu kalau enggak
  • 00:33:47
    dicoba. Enggak. Ee sebenarnya awal-awal
  • 00:33:50
    itu gua masih tekstingan d Mas. Oh oke.
  • 00:33:52
    Heeh. Masih masih tekstingan dan segala
  • 00:33:54
    macamnya g sama gua juga. Heeh. He.
  • 00:33:56
    Cuman memang sudah terlihat bahwa
  • 00:33:58
    pahamnya sangat berbeda. Itu aja. Betul.
  • 00:34:01
    Yang tadi gua bilang yang satu
  • 00:34:03
    penangannya A, sat B gitu kan. Kalaupun
  • 00:34:05
    mau ketemu ya memang harus ada
  • 00:34:06
    penengahnya. Tapi penengahnya tuh bukan
  • 00:34:09
    penangannya misalnya El, tapi
  • 00:34:10
    penengahnya tuh memang iya yang yang
  • 00:34:12
    memang bisa memberikan sebuah keputusan
  • 00:34:14
    yang memang ee pasti gitu keputusannya
  • 00:34:17
    untuk seluruh stakeholder di musik gitu.
  • 00:34:19
    Yang wit sekarang adalah kira-kira siapa
  • 00:34:21
    kalau langsung ditarik ajar gitu? Apa
  • 00:34:22
    tuh? Siapa gitu misalkan Heeh. Kalau gua
  • 00:34:25
    bilang antara menteri hukum hukum karena
  • 00:34:28
    ini undang-undang kan LMKN ya dijagai ya
  • 00:34:32
    itu semuanya itu yang yang pokoknya yang
  • 00:34:34
    hak cipta aja ya haki ya ya
  • 00:34:36
    mudah-mudahan ini didengar dan langsung
  • 00:34:38
    di amin bisa di apa direalisasikan
  • 00:34:41
    langsung amin kan langsung diadain ya
  • 00:34:44
    sudah nah ini pertanyaan ee sekarang
  • 00:34:46
    agak apa ya aplikasinya sedikit oh
  • 00:34:49
    kirain agak
  • 00:34:51
    personalan soal personal sedikit
  • 00:34:55
    Kan kalau pokoknya yang di belakang tadi
  • 00:34:57
    enggak usah tanya ya. Iya. Enggak
  • 00:35:00
    awan, Ril.
  • 00:35:01
    Awas lari. Jadi tahu dong ya. Kalau ee
  • 00:35:06
    apa namanya? Kalau dibilang kan Mas Dani
  • 00:35:08
    sekalipun kan dia juga mewakili
  • 00:35:10
    penyanyi. Dia sendiri penyanyi, dia
  • 00:35:11
    pencipta lagu, dia owner of the band,
  • 00:35:14
    hak cipta bandnya sendiri dia juga sama
  • 00:35:17
    gitu. Ee Aril juga sama, Kang Arman juga
  • 00:35:20
    sama gitu. Nah, mekanisme yang selama
  • 00:35:22
    ini boleh enggak nanya kalau misalkan
  • 00:35:24
    sama Peter Pen sama teman-teman pencipta
  • 00:35:26
    lagu yang dulu sudah tidak berkecimpung
  • 00:35:28
    lagi di Noah sekarang misalkan atau gigi
  • 00:35:31
    lah dengan
  • 00:35:33
    banyaknya ada opet ada Budi yang ikut
  • 00:35:35
    nyiptain lagu juga kan almarum Kang
  • 00:35:37
    Baron gitu. Itu gimana selama ini
  • 00:35:39
    mekanismenya? Apakah tetap mengikuti ee
  • 00:35:42
    apa mekanisme yang sudah ada lewat LMKN?
  • 00:35:46
    He. Kalau kita ya di PT sama ngikutin
  • 00:35:49
    apa yang kata pemerintah. Jadi ee
  • 00:35:51
    pembayaran itu akan kita terima dari ee
  • 00:35:54
    LMKN gitu kan. Dan LM ya.
  • 00:35:59
    Terus kita ngakalinnya gini sih
  • 00:36:01
    sebetulnya jadi di Peter Pantun Noah itu
  • 00:36:06
    sebenarnya ee kontrak kita sama label
  • 00:36:10
    gitu kan itu ada tuh bagiannya gitu kan.
  • 00:36:12
    label berapa persen, habis itu si
  • 00:36:13
    artisnya berapa persen. Artis itu kan
  • 00:36:15
    berarti bandnya. He. Nah, pembagian di
  • 00:36:17
    situ pencipta lagu tuh kecil sebetulnya
  • 00:36:19
    kalau di Noah sama di Peterpen. He. He.
  • 00:36:21
    Jadi memang karena band kan band itu
  • 00:36:25
    bukan cuman lagu dan eh bukan cuman
  • 00:36:27
    lagunya tapi karakter gitar, karakter I
  • 00:36:31
    karakter pemain musiknya juga kencang
  • 00:36:33
    dan itu sangat dipertimbangkan kalau di
  • 00:36:34
    sebuah band. Jadi iya. Heeh. Memang
  • 00:36:36
    diakalin di situ. Diakalin di situ. Jadi
  • 00:36:38
    di situ tuh memang ee istilahnya seluruh
  • 00:36:41
    band itu dapat bagian yang besar punyail
  • 00:36:44
    ya. Pencipta lagunya kecil karena entar
  • 00:36:46
    juga pencipta lagu akan dapat dari yang
  • 00:36:49
    dari yang luarnya gitu gitu. Jadi sejauh
  • 00:36:51
    ini sih aman sebenarnya dip sama Dinoah.
  • 00:36:54
    Sama sama sih sama gitu juga sama gitu
  • 00:36:56
    ya mengikuti apa yang sekarang sedang
  • 00:36:58
    terjadi dan sebagainya. Terus kan udah
  • 00:37:00
    gitu ya kan kita juga ee daftar lagi ya
  • 00:37:03
    daftarlah ya di sebuah publishing gitu
  • 00:37:05
    kan ya itu juga sama aja gitu dan dan
  • 00:37:07
    untungnya dulu tuh gigi sebelum almarhum
  • 00:37:11
    Baron meninggal itu tuh kita berdelapan
  • 00:37:14
    kompak ke sebuah ee notaris untuk
  • 00:37:18
    benar-benar di dihukumkan gitu ya
  • 00:37:21
    ditanda tangan bareng semua di di apa di
  • 00:37:23
    sebuah materai dan sebagainya disaksikan
  • 00:37:25
    oleh notaris bahwa lagu ini
  • 00:37:27
    persentasinya Arman Bujana ini ini
  • 00:37:29
    berapa? Jadi emang udah udah ter ini
  • 00:37:31
    rapi tersun rapi dan ketika kita daftar
  • 00:37:35
    di sebuah publishing itu si
  • 00:37:36
    publishingnya juga sampai wah gila
  • 00:37:38
    lengkap banget gitu dan sebagainya. Nah,
  • 00:37:40
    sama juga dengan ee apa royalti yang di
  • 00:37:43
    ini garap oleh pemerintah LMK dan
  • 00:37:45
    sebagainya. Sama aja seperti itu. Iya.
  • 00:37:47
    Iya. Alhamdulillah sih enggak ada
  • 00:37:48
    masalah sebenarnya. Iya ya. Makanya
  • 00:37:49
    benar kata Boril sih karena ini luas
  • 00:37:51
    banget kan. Jadi gua tuh ngelihatnya tuh
  • 00:37:54
    memang agak loncat-loncat gitu pada saat
  • 00:37:57
    ada kasus yang diangkat ini dulu
  • 00:37:58
    pencipta lagu zaman dulu lagunya
  • 00:38:00
    terkenal sering dibawain tapi enggak
  • 00:38:02
    pernah dapat haknya ya itu memang
  • 00:38:04
    realitanya kayak gitu gitu. Tapi ada ada
  • 00:38:08
    teman-teman juga yang kayak kemarin gua
  • 00:38:09
    tanya nih, gua pulang lagi terus nih
  • 00:38:11
    yang gua tanya tentang DDL ke Mas Piu
  • 00:38:13
    yang tadi soal kotak gitu. Misalkan
  • 00:38:15
    semuanya sudah sepakat dengan DDL terus
  • 00:38:17
    tiba-tiba ee Sela oke, Mas ee Bang Pai
  • 00:38:20
    oke tapi Posan enggak oke, terus apa
  • 00:38:23
    yang terjadi? Ya tetap enggak bisa
  • 00:38:24
    berarti kan enggak menjawab juga kan
  • 00:38:26
    gitu. Bukan solusi berarti bukan solusi
  • 00:38:28
    ya. Kalau ada kebersamaan kuenya tuh
  • 00:38:30
    bareng-bareng, masa yang satu yang kecil
  • 00:38:34
    bisa apa namanya mengontrol yang lain
  • 00:38:37
    gitu secara percentage ya. Maksudnya itu
  • 00:38:38
    di mana-mana ya itu ngomongin apapun
  • 00:38:41
    gitu kan ngomongin perusahaan percentage
  • 00:38:42
    yang sudah disepakati itu kan itu ada
  • 00:38:46
    apa ya ada hukum ee kebersamaannya yang
  • 00:38:49
    memang suara terbanyak ya harus jalan
  • 00:38:51
    gitu kan itu or not.
  • 00:38:53
    Apalagi kalau menurut gua pet ketika si
  • 00:38:56
    barang itu ya anggaplah ini kan barang
  • 00:38:57
    lah ya apa ee si lagu itu kan sesuatu
  • 00:39:00
    gitu ya sesuatu sudah diperdagangkan di
  • 00:39:02
    perdagangan bebas di sebuah aplikasi itu
  • 00:39:05
    kan sebetulnya siapapun yang bayar ya
  • 00:39:08
    boleh kan mau kalau gitu kan. Nah, tapi
  • 00:39:11
    ketika misalnya benar ketika bayar terus
  • 00:39:13
    ada kata haramnya enggak boleh gua
  • 00:39:15
    enggak boleh sama Patrick. Nah, itu kan
  • 00:39:17
    agak-agak rancu ambigu juga ya. Hanu
  • 00:39:20
    juga kalau menurut gua karena kan itu
  • 00:39:21
    kan udah udah istilnya udah plate jualan
  • 00:39:23
    gitu kan kecuali kalau misalnya aplikasi
  • 00:39:26
    gue semua penyanyi yang ma ke gue nah
  • 00:39:29
    itu ya anggaplah bolehlah itu kan tapi
  • 00:39:31
    kan ini kan aplikasi umum ya istilahnya
  • 00:39:33
    gitu agak sulit juga kalau masih ada
  • 00:39:35
    seperti itu sih kalau menurut gua iya
  • 00:39:37
    benar dan yang memang agak membingungkan
  • 00:39:40
    kejadiannya ya bolak-balik nanti sama
  • 00:39:42
    lagi kayak LMKN menurut gua terus ada
  • 00:39:45
    cap yang tidak terbayar kalau ee
  • 00:39:48
    pencipta lagunya itu enggak ikut DDL
  • 00:39:50
    gitu misalkan. I nah ini dibayar atau
  • 00:39:53
    enggak? Kalau dibayar uangnya nanti ke
  • 00:39:54
    siapa ya kan ditampungnya di mana dan ke
  • 00:39:56
    siapa. Ter kalaupun enggak dibayar
  • 00:39:58
    apakah nanti penciptanya suatu hari bisa
  • 00:40:01
    bisa nembak lagi klaim dan atau ada masa
  • 00:40:03
    tertentu uangnya buat DL gitu. Itu dia.
  • 00:40:06
    Betul. Heeh. Jadi menurut gua memang
  • 00:40:07
    harus ada apa namanya? Ada regulasinya.
  • 00:40:10
    Dan sayangnya memang sampai hari ini ee
  • 00:40:13
    ya susah sih ya ini bukan membandingkan
  • 00:40:15
    ya. Tapi kalau visi sih kalau gua lihat
  • 00:40:17
    kan begitu ada sesuatu kalian
  • 00:40:19
    mengeluarkan kemarin kan kayak
  • 00:40:21
    Instagram. Oh iya tulisan jadi apa
  • 00:40:24
    menjawab semua gitu. Mencoba
  • 00:40:26
    menjelaskan. Kalau aksi kan so far belum
  • 00:40:29
    pernah melakukan itu gitu. Ee aksi belum
  • 00:40:32
    pernah kasih sebuah website atau tulisan
  • 00:40:35
    yang memang benar-benar pola main yang
  • 00:40:36
    mereka propose tu seperti apa gitu.
  • 00:40:38
    Untuk umum ya. Untuk umum kalau enggak
  • 00:40:40
    salah presentasi sih. Iya. Gua juga
  • 00:40:41
    kemarin ngomong sih sama Mas Piu tuh
  • 00:40:43
    kalau hitung-hitungan nih kayak contoh
  • 00:40:44
    gua gitu yang tadi gua cerita gitu.
  • 00:40:46
    Kalau dari TBA gitu misalkan gua ngambil
  • 00:40:49
    itu 1 tahun satu lagu mungkin gua
  • 00:40:51
    dapatnya cuman sekitar R-an juta gitu.
  • 00:40:53
    Tapi kalau dari Band Cafe Band Cafe ada
  • 00:40:56
    10 dengan V yang kecil padahal R5 juta
  • 00:40:58
    gitu ya. Terus 10% ikut mereka lah
  • 00:41:00
    500.000 dibagi 20 lagu pro rata gitu.
  • 00:41:03
    Heeh. L band, Lota, bla bla bla. Sekali
  • 00:41:06
    seminggu dua kali manggung. Pokoknya
  • 00:41:07
    hitungan bego aja bisa R juta lebih
  • 00:41:10
    gitu. Maksud gua kalau ini balik lagi
  • 00:41:12
    bukan bukan mengecilkan tapi kalau
  • 00:41:14
    ngomongin kesejahteraan pencipta. Betul.
  • 00:41:16
    Itu kan termasuk mensejahterakan
  • 00:41:18
    penciptanya gitu. Iya. Kalau kalau kalau
  • 00:41:20
    peraturannya sama buat semua kan gitu.
  • 00:41:22
    Betul. Heeh. Gitu. Ini peraturannya
  • 00:41:24
    beda-beda ya. Iya. I tapi e eh ee kalau
  • 00:41:26
    gua lebih concernnya begini sih
  • 00:41:28
    sebetulnya ni ini permasalahan ini kalau
  • 00:41:31
    enggak cepat-cepat diselesaikan yang
  • 00:41:33
    udah terjadi gua lihat adalah ini
  • 00:41:35
    promotor mengurangi jumlah panggung nih
  • 00:41:37
    karena takut kan. Jadi kalau promotor
  • 00:41:40
    aja apalagi misalnya nanti promotor
  • 00:41:42
    merasa tertekan. Heeh. Merasa tertekan
  • 00:41:45
    ee untuk membayarkan jumlah yang diminta
  • 00:41:47
    gitu. Iya. Heeh. Akhirnya mereka ya udah
  • 00:41:49
    deh, gua bikin ee weddingan tanpa band
  • 00:41:52
    aja atau gua bikin acara-acara yang yang
  • 00:41:54
    tanpa melibatkan ee musisi nasional
  • 00:41:58
    gitu. Iya. He kan jadi enggak jalan
  • 00:42:00
    semuanya. Yang nyanyi enggak dapat
  • 00:42:02
    kerjaan apalagi yang mencuhkan lagu
  • 00:42:04
    enggak dapat karena lagunya enggak
  • 00:42:05
    sempat dinyanyiin kan gitu. Itu itu yang
  • 00:42:07
    gua takutin satu. Yang kedua, kalau kita
  • 00:42:10
    enggak beres-beres ini yang nyanyi
  • 00:42:13
    penyanyi-penyanyi yang lain ya ada
  • 00:42:14
    banyak mendingan nyanyiin lagu luar
  • 00:42:16
    negeri. Iya. Heeh. Karena kalau misalnya
  • 00:42:18
    nyanyiin lagu luar ya udah jelas tinggal
  • 00:42:20
    bayar ke LMK aja kan enggak akan
  • 00:42:22
    dituntut kayak kayak yang sekarang. Jadi
  • 00:42:24
    akhirnya entar orang jadi lebih senang,
  • 00:42:27
    lebih sering, lebih merasa aman
  • 00:42:29
    menyanyikan lagu luar negeri daripada
  • 00:42:31
    lagu Indonesia. Sedangkan ee industri
  • 00:42:33
    musik Indonesia itu kan lagi
  • 00:42:35
    bagus-bagusnya menurut gue lagi bagus
  • 00:42:36
    banget. J itu yang gua takutin
  • 00:42:38
    sebetulnya. Jangan sampai jadi jadi
  • 00:42:40
    turun nih si industri musiknya. Kadang
  • 00:42:43
    kan kita tuh kan bagus banget.
  • 00:42:45
    Bukan kita menyembungkan diri, tapi
  • 00:42:46
    kalau gua lihat ya dibanding
  • 00:42:47
    negara-negara tetangga kita, industri
  • 00:42:50
    musik kita tuh maju. H kebanyakan ee
  • 00:42:55
    penduduknya lebih mencintai si lagu
  • 00:42:58
    Indonesia daripada lagu luar. Kalau
  • 00:43:00
    misalnya kita ke Singapura karena dia
  • 00:43:02
    terlalu dispers ya, terlalu ini. Jadi
  • 00:43:04
    kan sebenarnya lebih banyak lagu luar
  • 00:43:06
    tuh yang yang mereka dengerin gitu.
  • 00:43:07
    Bukan lebih banyak, emang lebih lagu
  • 00:43:09
    luar. Heeh. Itu jangan sampai terjadi di
  • 00:43:10
    sini gitu. Tidak menjadi tuan rumah.
  • 00:43:12
    Nah, itu tidak menjadi tuan rumah. Nah,
  • 00:43:14
    itu dua itu sebenarnya yang bahaya tuh
  • 00:43:16
    kalau enggak cepat-cepat diberesin. Ini
  • 00:43:17
    di yang tadi Aril cerita itu kan itu ee
  • 00:43:20
    pandangan umumnya ya dari dari Arel. Ee
  • 00:43:23
    ada kejadian kemarin banget bah dua du
  • 00:43:27
    hari yang lalu gua ee gua lagi meeting.
  • 00:43:32
    Kebetulan di sebelah gua itu ada yang
  • 00:43:35
    lagi bikin konten YouTube gitu. bikin
  • 00:43:39
    konten YouTube penyanyi baru. Jadi
  • 00:43:41
    memang kedengar kedengar gitu dia bawain
  • 00:43:43
    lagu apa tuh kedengar tuh nyanyi lagu
  • 00:43:45
    apa. Kedengar
  • 00:43:46
    tiba-tiba jreng lagu ee salah satu lagu
  • 00:43:51
    ciptaan yang anak aksi. Oke. Itu ini gua
  • 00:43:55
    enggak bohong. Demi Allah gua. He
  • 00:43:57
    tiba-tiba eh entar dulu katanya kata si
  • 00:43:59
    ini tuh entar dulu. Ini kayaknya ee lagu
  • 00:44:03
    ini deh ee yang ada di aksi. Iya. Oh
  • 00:44:06
    janganlah. He. Nah, gua tuh langsung
  • 00:44:08
    mikir di situ gini,
  • 00:44:10
    "Waduh, karena itu teman gua juga,
  • 00:44:12
    maksudnya si pencipta itu teman gua
  • 00:44:14
    juga. Gua langsung mikir, kasihan ya
  • 00:44:16
    teman gue dengan adanya kayak seperti
  • 00:44:18
    ini harusnya kan sangat ee sangat
  • 00:44:21
    memungkinkan dia dapat royalty dari itu
  • 00:44:23
    dari tadi. Akhirnya langsung ganti aja
  • 00:44:25
    lagunya." Nah, maksud gua itu
  • 00:44:27
    kejadiankejadian yang gua gua lihat saat
  • 00:44:31
    itu juga. Wih, jadi saya seperti ini ya?
  • 00:44:34
    Apakah apakah apakah enggak kepikir
  • 00:44:36
    gitu?
  • 00:44:37
    Ben sayur gua gitu. Bahkan ada beberapa
  • 00:44:40
    yang udahudah terang-terangan kan yang
  • 00:44:42
    kayak pokoknya gue bisa milih ya lagu
  • 00:44:45
    pokoknya yang ini ini janganjangan. Nah
  • 00:44:47
    maksud gue kalau tidak ada permasalahan
  • 00:44:49
    polemik ini kan itu kan enggak mungkin
  • 00:44:51
    terjadi enggak dan dan royalti itu akan
  • 00:44:54
    nuh dibawain lagu itu. Nah sekarang jadi
  • 00:44:57
    enggak gitu. Jadi maksudnya gimana kita
  • 00:44:58
    lebih mendingan fokus ngebenerin
  • 00:45:00
    mekanismenya kesepakatannya biar yang
  • 00:45:02
    pasti semua nyampai gitu. Betul. kita
  • 00:45:04
    fokus ke mekanisme gimana caranya itu
  • 00:45:08
    reality yang di LMK itu benar-benar
  • 00:45:11
    nyampai ke pencipta lagunya. Kan
  • 00:45:13
    sekarang banyak yang protes di situ tuh
  • 00:45:15
    enggak bisa ngelihat gua terima segini
  • 00:45:17
    setahun. Heeh. Mana laporannya? Siapa
  • 00:45:19
    aja yang nyanyiin lagu gua? Kenapa gua
  • 00:45:21
    cuma dapat segini? Itu kan enggak ee
  • 00:45:23
    banyak
  • 00:45:24
    yang apa istilahnya ya? Protes lah bahwa
  • 00:45:27
    mereka enggak bisa lihat itu gitu. Iya.
  • 00:45:29
    Ee secara detail. Mendingan itu dulu
  • 00:45:31
    kita bukan ya dari gua sih mendingan itu
  • 00:45:33
    yang fokus kita beresin nih gitu. Dari
  • 00:45:35
    visi ada aksi ada aksi dari visi ada
  • 00:45:38
    benar ee pergerakan ke sana enggak
  • 00:45:42
    gitu gitu segala macam. Iya iya iya.
  • 00:45:45
    Kita dan setiap podcast kayak gini kan
  • 00:45:47
    kita selalu ngomong gitu come on dong
  • 00:45:49
    LMK. Mudah-mudahan LMK dan LMKN ee mau
  • 00:45:53
    diinterview sama siapapun ya habis ini
  • 00:45:54
    ya. Maksud gua ini harusnya teman-teman
  • 00:45:57
    LMKN dan LMK ini tamparan keras.
  • 00:45:59
    tamparan keras sekian puluh tahun di
  • 00:46:01
    Musik Indonesia belum pernah ada
  • 00:46:02
    permasalahan saya beg benar karena ini
  • 00:46:04
    ini yang terjadi di IO karena gua juga
  • 00:46:05
    ada ee grup IO juga kan sekarang itu
  • 00:46:09
    lebih gampang untuk ngundang ee cover
  • 00:46:12
    band atau karaoke ya. Heeh. Dengan
  • 00:46:16
    budget yang enggak murah juga sebenarnya
  • 00:46:18
    gitu. Iya. Tapi karena kalau karaoke tuh
  • 00:46:20
    hitungannya tuh sudah pasti kan
  • 00:46:22
    performing ron tuh begini gitu. Iya.
  • 00:46:24
    Bahkan kadang enggak dipikirin. Betul.
  • 00:46:26
    Enggak dipikirin. Jadi enggak tahu udah
  • 00:46:28
    gimana gitu. Tapi kan jadi opportunity
  • 00:46:30
    jadi hilang gitu. Bahkan ada bercandaan
  • 00:46:32
    Kang gua sama beberapa teman-teman IO.
  • 00:46:34
    Wah ini enak nih kita bisa request lagu
  • 00:46:36
    sama jadi gua DDL gua beli lagunya Dewa
  • 00:46:40
    lima lagu yang nyanyi
  • 00:46:44
    gigi kadang promotor yang bayar kan
  • 00:46:46
    gitu. Jadi semuanya itu ya benar kata
  • 00:46:48
    Aril maksudnya semua stakeholder pasti
  • 00:46:50
    jadi punya kayak ide-ide liar gara-gara
  • 00:46:53
    ininya jadi udah apa scattered banget
  • 00:46:55
    kan gitu udah udah sporadis banget gitu.
  • 00:46:58
    Iya. Gua cuma pengin nampin ini aja
  • 00:46:59
    sebelum nutup ya. Ada tiga poin yang gua
  • 00:47:02
    pengin sampai ya. Kemarin tuh kebetulan
  • 00:47:04
    Dani juga ngomong di sebuah podcast
  • 00:47:06
    bahwa pas ditanya loh Dan ini kan
  • 00:47:09
    berarti kalau begitu ee yang bertanggung
  • 00:47:11
    jawab kan penyelenggara dia gitu. Ee iya
  • 00:47:14
    penyelenggara tapi ee penyanyi
  • 00:47:16
    bertanggung jawab. Oke. Heeh. Sebetulnya
  • 00:47:19
    di di anak-anak visi aja banyak ya yang
  • 00:47:21
    sudah bertanggung jawab. maksudnya
  • 00:47:24
    bertanggung jawab itu justru ingat
  • 00:47:25
    kepada para pencipta di
  • 00:47:27
    kontrak-kontraknya itu sudah ada satu
  • 00:47:28
    klausul yang ee berbicara bahwa lu harus
  • 00:47:32
    bayar K LMK itu sudah ada dan itu
  • 00:47:34
    sebelum dan itu sebelum permasalahan ini
  • 00:47:36
    terjadi gede loh maksud gua tuh di
  • 00:47:39
    beberapa penyanyi visi itu sudah ada itu
  • 00:47:41
    jauh sebelum itu. Nah, maksud gua tiga
  • 00:47:43
    poin. Satu poin pertama gua negara dulu,
  • 00:47:45
    pemerintah dulu. Please, tolong sekarang
  • 00:47:47
    dalam keadaan status K ini kasihlah
  • 00:47:49
    sebuah pernyataan yang tegas untuk
  • 00:47:51
    semuanya tuh ee aman sejahtera dulu nih
  • 00:47:54
    keadaannya. Jangan seperti ini supaya
  • 00:47:55
    semuanya dapat pegangan. Oh, pegangannya
  • 00:47:57
    ini. Oke. Jadi kalau misalnya lu nakal
  • 00:48:00
    misalnya enggak bisa pet nih pemerintah
  • 00:48:02
    kemarin baru satu itu ya buat
  • 00:48:03
    pemerintah. Yang kedua, buat
  • 00:48:05
    penyanyi-penyanyi atau manajer atau
  • 00:48:06
    manajemen penyanyi ee kalau belum ada
  • 00:48:09
    klausul kontrak di dalam seperti itu
  • 00:48:11
    tolonglah adain supaya kita juga
  • 00:48:12
    membantu para pencipta supaya sejahtera.
  • 00:48:14
    Maksudnya klausur kontrak bahwa si ee
  • 00:48:17
    apa namanya CEO apa namanya harus bayar
  • 00:48:20
    ke LMK. Ya, kalau bisa kalau bisa kita
  • 00:48:22
    ajarin kita apa namanya kita lihatin
  • 00:48:25
    sampai benar-benar sudah tataan dia.
  • 00:48:27
    Heeh. dikawal gitu. Yang poin ketiga
  • 00:48:29
    adalah please man, kita juga harus
  • 00:48:31
    dengar dari teman-teman LMK LMK juga
  • 00:48:33
    teman-teman kita juga kan memang masih
  • 00:48:35
    banyak IO yang nakal yang enggak mau
  • 00:48:37
    bayar. Nah, please sekarang gua poin
  • 00:48:38
    ketiga, please dong IO promotor wedding.
  • 00:48:42
    Nakal nakal bahkan enggak tahu pola
  • 00:48:44
    mainnya karena memang benar juga kata
  • 00:48:45
    Mas Viu ada yang ee apa mungkin masih
  • 00:48:48
    pensi anak-anak baru segala macam belum
  • 00:48:49
    tahu pola mainnya. Nah, maksud gua tugas
  • 00:48:52
    manajemen manajer artis atau artis yang
  • 00:48:54
    memberitahu dan mensosialisasikannya
  • 00:48:57
    semuanya mengawal tapi di satu regulasi
  • 00:49:00
    yang sama. Betul maksud gua itu. Jadi
  • 00:49:02
    banget tiga poin itu supaya okelah. Tapi
  • 00:49:05
    visi enggak boleh ngomong katanya. Oh
  • 00:49:07
    iya lupa. Engak boleh ngomong balik tiga
  • 00:49:10
    poin enggak boleh ngomong diak siapa
  • 00:49:12
    yang mengelarang kita ngomong gitu kita
  • 00:49:14
    warga negara masa enggak boleh ngomong
  • 00:49:18
    Pak De. Ya udah ya, kita mudah-mudahan
  • 00:49:21
    mudah-mudahan ee siapapun itu ee apa
  • 00:49:24
    namanya bisa mencoba untuk memediasi
  • 00:49:27
    segera ya kan kalau perlu semuanya bisa
  • 00:49:31
    saling ngpush untuk ini supaya bisa
  • 00:49:34
    duduk bareng paling enggak satu
  • 00:49:36
    stakeholder lah gitu kan ya.
  • 00:49:38
    Mudah-mudahan podcast-podcast kayak gini
  • 00:49:40
    juga membakar dan menyentir semua yang
  • 00:49:43
    di atas. Tapi udah udah ini ya udah lah
  • 00:49:45
    pokoknya kemarin sudah meeting ee apa
  • 00:49:47
    namanya dengan beberapa pemerintah juga
  • 00:49:49
    gitu. Mudah-mudahan mudah-mudahan lebih
  • 00:49:51
    cepat dan kisruhnya ini tidak
  • 00:49:53
    membingungkan semua orang yang
  • 00:49:56
    berkecimpung di industri musik
  • 00:49:57
    Indonesia. Iya betul. Mudah-mudahan yang
  • 00:49:59
    yang nonton podcast juga yang mungkin
  • 00:50:02
    tadinya ee enggak tahu jadi tahu
  • 00:50:05
    aturannya. Mungkin nontonnya juga ada
  • 00:50:06
    EO-iO yang baru gitu kan baru tahu gitu.
  • 00:50:09
    Penyanyi baru, pencipta lagu baru. Itu
  • 00:50:11
    yang paling penting sih menurut gua.
  • 00:50:12
    mereka tahu gitu tentang aturannya gitu.
  • 00:50:15
    Aturannya ya. Thank you, Ril. Thank you,
  • 00:50:16
    Kang Arman sudah meluangkan waktu untuk
  • 00:50:19
    fight buat industri kita ya kan dengan
  • 00:50:22
    kesibukan mereka masih meluangkan waktu
  • 00:50:24
    gitu kan. Oh, dia enggak sibuk. Dia
  • 00:50:25
    enggak sibuk, dia lagius, dia lagius.
  • 00:50:28
    Jadi emang emang ini tuh terjadi emang
  • 00:50:30
    buat Aril sebenarnya.
  • 00:50:33
    Oke, thank you guys semuanya. Jangan
  • 00:50:36
    lupa ee apa komentar semuanya ramaikan
  • 00:50:39
    ee percakapannya biar didengar sama
  • 00:50:41
    semua. stakeholder pelaku industri musik
  • 00:50:43
    Indonesia. Iya, betul. Thanks. Thank
  • 00:50:45
    you, Bet. Thank you. Thank you.
  • 00:50:48
    Ayo kita rekamani. Enggak gitu.
  • 00:50:53
    Well, menurut gua baik aksi maupun visi
  • 00:50:57
    jelas sama-sama pengin mensejahterakan
  • 00:50:59
    semua yang ada di ekosistem.
  • 00:51:01
    Ini cuman soal komunikasi yang menurut
  • 00:51:03
    gua memang bikin narasi baiknya tuh jadi
  • 00:51:05
    diterima simpang siur ya. Mudah-mudahan
  • 00:51:08
    semuanya stakeholder bisa mediasi dan
  • 00:51:11
    ketemu titik jelas dari cara main
  • 00:51:12
    perhitungan performing royalty ini.
  • 00:51:14
    Karena kalau udah masuk rana sengketa
  • 00:51:16
    hukum, artinya semua akan ngerasa harus
  • 00:51:18
    menang tanpa kita punya tafsir yang
  • 00:51:20
    jelas siapa yang
  • 00:51:25
    benar. Dan
  • 00:51:27
    pastinya kita balik berteman lagilah.
  • 00:51:30
    Jangan sampai kubu-kubuan kayak
  • 00:51:33
    gini. Maju terus industri musik
  • 00:51:37
    Indonesia. Ojo sampai mengundur rek.
  • 00:51:42
    [Musik]
  • 00:51:49
    Ah.
Tag
  • copyright
  • music industry
  • Agnes Monica
  • stakeholders
  • direct licensing
  • LMK
  • LMKN
  • artists
  • promoters
  • communication