ini alasan untuk Trump Bisa Menang Perang Dagang

00:43:21
https://www.youtube.com/watch?v=B3JVkvcBS1I

摘要

TLDRVideo ini membahas perkembangan perang tarif antara Amerika Serikat dan China, serta dampak dari kebijakan ini terhadap ekonomi global. Pemateri menyatakan bahwa kedua negara terlibat dalam aksi balas menembak tarif, dengan fokus pada analisis data ekspor dan PDB dari setiap negara. Investor dan pengusaha di negara-negara seperti Vietnam dan Meksiko sangat bergantung pada pasar Amerika dan terancam dengan tarif tinggi. Trump berusaha menekan negara-negara yang terkena tarif untuk bernegosiasi dan mengurangi defisit perdagangan, dengan harapan dapat melindungi industri Amerika.

心得

  • 📉 Analisis dampak perang tarif terhadap ekonomi global.
  • 💼 Keterikatan negara pada ekspor ke AS membuatnya rentan.
  • 🚨 Vietnam dan Meksiko adalah negara paling terpengaruh.
  • 🇺🇸 Trump mendesak negara lain untuk bernegosiasi.
  • 📊 Data menunjukkan ketergantungan China terhadap ekspor.
  • 🌏 Indonesia memiliki peluang untuk pasar lain.

时间轴

  • 00:00:00 - 00:05:00

    Perkembangan terbaru mengenai perang dagang antara AS dan China menunjukkan beberapa ketegangan, dengan ancaman tarif tinggi dari Trump terhadap China. Data statistik mengenai Ekspor dan GDP dari negara-negara yang terlibat juga dibahas, menyerlahkan kesan dampak perang tarif tersebut.

  • 00:05:00 - 00:10:00

    Analisis turut disertakan mengenai ketergantungan negara-negara seperti Meksiko dan Vietnam yang merasakan kesan besar dari perang tarif. Meksiko misalnya, mempunyai ekspor ke AS bersamaan dengan GDP yang tinggi, menjadikannya salah satu negara yang paling terkesan.

  • 00:10:00 - 00:15:00

    Vietnam dan Kamboja telah berusaha untuk mematuhi tuntutan tarif, tetapi hasilnya menunjukkan penurunan signifikan dalam pasar. Penurunan ini terjadi kerana kesukaran untuk bersaing dengan tarif tinggi yang dikenakan oleh AS.

  • 00:15:00 - 00:20:00

    Satu penilaian penting adalah data eksport China ke pelbagai negara dan impaknya ke pasaran. Terdapat rujukan statistik mengenai eksport China kepada AS serta kebijakan yang dirancang oleh Trump untuk mengurangkan defisit perdagangan.

  • 00:20:00 - 00:25:00

    Kemungkinan bagi negara lain seperti Korea Selatan untuk menyesuaikan eksport mereka dikaji, dengan penekanan terhadap keperluan untuk mengurangkan defisit dan kesan terhadap industri tempatan yang mungkin terjejas.

  • 00:25:00 - 00:30:00

    Pertimbangan juga diberikan kepada bagaimana Trump memanipulasi situasi untuk menekan Korea Selatan agar membeli lebih banyak produk dari AS, di samping syarat-syarat tertentu bagi negara-negara yang ingin bernegosiasi.

  • 00:30:00 - 00:35:00

    Perbincangan beralih kepada situasi semasa ekonomi global dan potensi resesi yang mungkin berlaku, serta bagaimana respons pasaran terhadap peristiwa politik yang berkaitan.

  • 00:35:00 - 00:43:21

    Terakhir, penulis mengajak pembaca untuk memberikan pandangan mereka mengenai siapa yang mungkin keluar sebagai pemenang dalam perang dagang ini, mendorong perbincangan mengenai pandangan yang berbeza mengenai kekuatan dan kelemahan setiap negara.

显示更多

思维导图

视频问答

  • Apa yang terjadi antara Cina dan Amerika Serikat dalam perang tarif?

    Cina membalas tarif yang dikenakan oleh Trump, yang mengancam untuk menambah tarif lagi.

  • Negara mana yang lebih terpuruk dalam perang tarif ini?

    Negara-negara dengan ketergantungan tinggi pada ekspor ke AS seperti Vietnam dan Meksiko.

  • Apa yang Trump harapkan dari perang tarif ini?

    Trump berharap untuk mengurangi defisit perdagangan dan mendorong produksi dalam negeri.

  • Bagaimana pasar Vietnam bereaksi terhadap tarif?

    Meskipun Vietnam berjanji untuk menghapus tarif, pasar tetap mengalami penurunan.

  • Apakah Indonesia terpengaruh oleh perang tarif ini?

    Indonesia memiliki ekspor yang kecil ke AS, sehingga masih bisa mencari pasar lain.

  • Apa yang dilakukan Donald Trump untuk menekan negara-negara lain?

    Trump menggunakan tarif tinggi dan mendorong negara-negara untuk bernegosiasi.

查看更多视频摘要

即时访问由人工智能支持的免费 YouTube 视频摘要!
字幕
id
自动滚动:
  • 00:00:01
    dalam beberapa hari terakhir ini
  • 00:00:03
    perkembangan news-nya luar biasa jadi
  • 00:00:05
    kita sudah sama-sama menyaksikan bahwa
  • 00:00:08
    China pun sudah membalas ya tarif yang
  • 00:00:12
    dikeluarkan oleh Trump dibalas oleh
  • 00:00:14
    China kemudian Trump balik mengancam
  • 00:00:17
    "Kamu tidak cabut itu sebelum tanggal 9
  • 00:00:20
    atau 10 kutambahin lagi tarifmu 50% jadi
  • 00:00:23
    total tarifmu mencapai 100% lebih 104
  • 00:00:27
    kalau enggak salah itu apa enggak amsong
  • 00:00:30
    ya kan nah tadi pada hari ini saya ada
  • 00:00:35
    menyampaikan kuis ya di channel Telegram
  • 00:00:37
    berdagang
  • 00:00:38
    angka menurut kalian perang tarif ini
  • 00:00:41
    siapa yang akan menyerah atau hancur
  • 00:00:44
    duluan mayoritas menjawab adalah Amerika
  • 00:00:48
    ya kan mayoritas menjawab Amerika nah
  • 00:00:50
    saya ingin mengajak Anda semua melihat
  • 00:00:52
    data-data yang saya sudah tanyakan ke
  • 00:00:55
    chat GPT ya
  • 00:00:57
    data-data di
  • 00:00:59
    mana contohnya data seperti ini ya
  • 00:01:04
    jadi
  • 00:01:06
    ibaratnya berapa sih total PDB
  • 00:01:09
    masing-masing negara gitu kan yang ada
  • 00:01:11
    di list ini nah kemudian berapa total
  • 00:01:14
    ekspor dari masing-masing negara ini
  • 00:01:17
    terus ekspor to GDP dari masing-masing
  • 00:01:20
    negara ini berapa persen ya kan kemudian
  • 00:01:24
    kena tarif Trump berapa persen
  • 00:01:26
    baru berapa besar ekspornya ke Amerika
  • 00:01:29
    Serikat dan seberapa
  • 00:01:32
    besar persentase nilai ekspor
  • 00:01:35
    tersebut berbanding GDP dari negara
  • 00:01:39
    masing-masing nah ibaratnya di sini
  • 00:01:42
    contoh ya China total PDB-nya 18 triliun
  • 00:01:45
    US dar ya 18,33
  • 00:01:48
    kemudian ekspornya China itu totalnya
  • 00:01:51
    adalah 3,5 triliun US DO ya 3,5 triliun
  • 00:01:57
    US DO nilai 3,5 triliun ini adalah
  • 00:02:00
    setara dengan hampir 20% dari total PDB
  • 00:02:04
    ya PDB-nya
  • 00:02:07
    18,33 kemudian China kena tarif Trump
  • 00:02:11
    34% ya kan anda jangan lihat oh kena
  • 00:02:14
    tarif Trump cuma 34% ya anda jangan lupa
  • 00:02:18
    untuk menambahkan tarif-tarif sebelumnya
  • 00:02:20
    yang sudah dikenakan kepada China jadi
  • 00:02:22
    kalau di tootal-total itu bisa hampir
  • 00:02:24
    69% sudah sekarang ya 60-an% makanya
  • 00:02:29
    Trump bilang kan kalau saya tambahin
  • 00:02:31
    lagi kamu 50% habis kamu karena total
  • 00:02:34
    tarifnya mencapai 100% lebih gitu ya nah
  • 00:02:38
    kemudian ekspor China
  • 00:02:40
    kepada eh Amerika adalah sekitar
  • 00:02:44
    400 miliar US dolar ya
  • 00:02:47
    lalu berapa persen sih ini terhadap GDP
  • 00:02:51
    sekitar
  • 00:02:52
    2,4% ya terhadap GDP jadi dari data ini
  • 00:02:57
    kita bisa tahu bahwa yang terpukul itu
  • 00:02:59
    adalah contoh
  • 00:03:00
    Meksiko karena total ekspor Meksiko itu
  • 00:03:04
    setara dengan 25 total ekspor Mexico ke
  • 00:03:07
    Amerika ya itu setara dengan 25% GDP
  • 00:03:11
    Mexico tuh ya kemudian Vietnam kenapa
  • 00:03:14
    dia cepat-cepat langsung "Oh ya Bos saya
  • 00:03:17
    janji Bos saya akan nulkan tarif gitu
  • 00:03:20
    kan nulkan
  • 00:03:22
    tarifmu barang-barangmu masuk ke Vietnam
  • 00:03:25
    gitu kan karena total ekspor dari
  • 00:03:28
    Vietnam ke Amerika Serikat itu setara
  • 00:03:30
    dengan
  • 00:03:31
    32% GDP bayangin coba ya gede Pak
  • 00:03:36
    indonesia ekspor
  • 00:03:38
    ke US hanya sekitar
  • 00:03:42
    1,6% GDP jadi kita masih bisa ya cari
  • 00:03:48
    pasar lainlah jadi yang Pak Prabowo
  • 00:03:50
    bilang ya saya setuju ya gampanglah
  • 00:03:52
    tinggal cari pasar lain gitu kan jadi
  • 00:03:56
    datanya itu ada gitu ya jadi kita bisa
  • 00:03:58
    lihat dari sini dengan adanya data siapa
  • 00:04:00
    yang kebakaran jenggot ya meksiko
  • 00:04:02
    Vietnam ya kan terus Kamboja kamboja
  • 00:04:05
    juga akhirnya nyerah ya kan oh karena
  • 00:04:08
    Kamboja ekspor ke Amerika itu setara
  • 00:04:11
    dengan 21%
  • 00:04:13
    GDP-nya jadi dari sini bisa kita lihat
  • 00:04:16
    bahwa siapa yang duluan bereaksi itu
  • 00:04:19
    karena sangat bergantung kepada Amerika
  • 00:04:22
    yaitu Vietnam dan Kamboja sesuai dengan
  • 00:04:24
    yang saya infokan di channel Telegram
  • 00:04:27
    berdagang angka bahwa dua negara ini
  • 00:04:30
    duluan nyerah ya ini kan Kamboja
  • 00:04:32
    turunkan tarif ya kan terus Vietnam juga
  • 00:04:35
    bakal menghapus semua ya kan gitu
  • 00:04:38
    ya tapi apa yang terjadi kita
  • 00:04:42
    lihat ee market Vietnam hari ini tetap
  • 00:04:47
    dibanting
  • 00:04:49
    6,4% jadi dia sudah turun ya dari sejak
  • 00:04:54
    ditetapkannya tarif sampai dengan hari
  • 00:04:56
    ini marketnya itu udah turun 13% hanya
  • 00:05:01
    butuh 1 2 3 candle saja turun
  • 00:05:05
    13% 3 candles saja ya termehek mehek ini
  • 00:05:11
    ya jadi meskipun dia sudah ngomong kita
  • 00:05:14
    janji kok kita akan nolkan tarif ya kan
  • 00:05:16
    tapi sama Trump bilang ah saya enggak
  • 00:05:19
    minta itu saya enggak minta nolkan tarif
  • 00:05:21
    bos tetap aja kan kamu ada import
  • 00:05:23
    barrier barang-barang saya kamu persulit
  • 00:05:26
    untuk masuk ke sana jadi percuma aja
  • 00:05:27
    tarifnya nol ah gitu ya nah terus dari
  • 00:05:31
    sini kita bisa lihat tadi siapa yang
  • 00:05:34
    termehek-mehek siapa yang kebakaran
  • 00:05:36
    jenggot ya dengan tarif-tarif seperti
  • 00:05:38
    ini
  • 00:05:40
    jadi dengan data ini bakal kita bisa
  • 00:05:43
    tahu kenapa apa alasan ee si Vietnam
  • 00:05:46
    sama Kamboja itu cepat-cepat langsung ee
  • 00:05:49
    ibaratnya oh ya takluk gitu ya karena
  • 00:05:51
    itu tadi alasannya kemudian saya juga
  • 00:05:53
    meminta data kepada CJBT ya
  • 00:05:58
    nah ini kita bisa lihat di
  • 00:06:00
    sini data ini
  • 00:06:02
    berupa ekspor China tahun 2024
  • 00:06:06
    berdasarkan tujuan negara ya jadi di
  • 00:06:09
    data ini tertulis ekspor ke Amerika tuh
  • 00:06:11
    524 miliar US Do tadi di data yang
  • 00:06:14
    sebelumnya kan 400-an memang ada dua
  • 00:06:16
    versi seperti itu jadi makanya kita
  • 00:06:19
    harus cek versinya Chat GBT ini versi
  • 00:06:21
    yang mana yang dia tampilkan itu kan ada
  • 00:06:23
    nih sumbernya di sini jadi kita bisa
  • 00:06:25
    lihat versinya ibaratnya dia mendapatkan
  • 00:06:28
    data ini dari mana biasanya kalau dia
  • 00:06:31
    seperti ini dia akan lengkapi
  • 00:06:33
    data-datanya ini sumbernya dari mana
  • 00:06:35
    gitu ya nah lanjut
  • 00:06:38
    ibaratnya kita bisa nilai dengan data
  • 00:06:40
    ini
  • 00:06:42
    total ekspor China tahun 2024 tuh
  • 00:06:46
    senilai 3,5 triliun US Dar
  • 00:06:50
    14%-nya itu masuk ke Amerika sebesar 524
  • 00:06:54
    miliar US dolar ke Hongkong juga gede ya
  • 00:06:59
    wajar ya kan tetanggaan ke Jepang juga
  • 00:07:02
    gede ke Corsel juga gede wajar karena
  • 00:07:07
    sparep-spareep mobil itu lebih murah di
  • 00:07:10
    China bikinnya jadi sparep itu diimport
  • 00:07:14
    dari China di Jepang sama Korsel tinggal
  • 00:07:17
    dirakit gitu ya nah Vietnam juga sama
  • 00:07:22
    bahan mentahnya bahan ibaratnya
  • 00:07:24
    bahan-bahan belum jadinya diimpor dari
  • 00:07:27
    China kemudian dibikin dimanufaktur di
  • 00:07:30
    Vietnam untuk menghindari tarif seperti
  • 00:07:33
    itu india juga sama ya kan impor nih
  • 00:07:36
    terus nanti dibikin di India karena
  • 00:07:38
    biaya perakitannya kan juga murah rusia
  • 00:07:41
    ya biasalah ya ini kan ibaratnya dua
  • 00:07:44
    sesama komunis nah Jerman juga Belanda
  • 00:07:48
    juga kan gitu ya meksiko juga ya kan
  • 00:07:51
    banyak nih Anda lihat di sini terus
  • 00:07:52
    terus dan terus indonesia ternyata
  • 00:07:56
    enggak gede-gede banget ya cuma 65
  • 00:07:59
    miliar US dolar dan itu pun sudah
  • 00:08:02
    bikin banyak pengusaha lokar
  • 00:08:05
    termehek-meeh padahal kita impor cuma 65
  • 00:08:08
    miliar US dolar dari China kita
  • 00:08:11
    sama-sama tahu impornya berupa apa ini
  • 00:08:13
    aja udah bikin banyak pengusaha dalam
  • 00:08:15
    negeri termehek-mehek kan gitu ya nah
  • 00:08:18
    jadi jangan
  • 00:08:20
    ibaratnya ee ada anggapan bahwa ah
  • 00:08:23
    gampang enggak usah ekspor ke Amerika
  • 00:08:26
    nanti China akan eksport ke
  • 00:08:27
    negara-negara lain kalau dia tambahin
  • 00:08:30
    nilai ekspornya ke Indonesia sebesar 50
  • 00:08:33
    miliar US dolar apa gak kukut semua
  • 00:08:35
    bubar itu semua pengusaha di Indonesia
  • 00:08:37
    asli Pak ya kan jadi hati-hati ya
  • 00:08:41
    hati-hati kalau dia tambah kapasitas ke
  • 00:08:44
    sini mencret ini para pengusaha yang ada
  • 00:08:46
    di Indonesia baru 65 miliar aja udah
  • 00:08:48
    bikin mencret banyak orang pengusaha nah
  • 00:08:52
    jadi ini adalah breakdown eksport China
  • 00:08:55
    that's why Donald Trump melakukan yang
  • 00:08:58
    namanya perang tarif dan tarif itu
  • 00:09:01
    dikenakan ke banyak negara supaya apa
  • 00:09:05
    kalau di putaran pertama kan dia
  • 00:09:08
    hadapnya sama China doang tapi China
  • 00:09:10
    pintar dia pindah ke Vietnam dia pindah
  • 00:09:13
    ke Kamboja dia pindah ke Meksiko dia
  • 00:09:15
    pindah ke Kanada nah sekarang Trump
  • 00:09:18
    lihat "Oh ya sudah saya sikat semua."
  • 00:09:21
    Otomatis apa kalau sikat semua ini ini
  • 00:09:24
    cuma obrolan simpel-simpelan aja ya
  • 00:09:27
    jepang import sparep nih contoh ini ini
  • 00:09:30
    contoh aja ya jangan jangan dibilang "Oh
  • 00:09:33
    enggak kan enggak enggak semuanya
  • 00:09:34
    sparep." Nah ini anggapannya aja
  • 00:09:36
    semuanya sparep 157 miliar US Do terus
  • 00:09:41
    karena kena tarif
  • 00:09:43
    25% dari Amerika maka barangnya enggak
  • 00:09:46
    laku di Amerika apa yang terjadi yang
  • 00:09:50
    terjadi Jepang akan mengurangi order ke
  • 00:09:53
    China betul gak ya saya gak perlu sparep
  • 00:09:55
    sebanyak 157 miliar saya cuman butuh 100
  • 00:09:59
    ya kan anda bayangin kalau semua negara
  • 00:10:02
    seperti itu oh iya saya enggak butuh
  • 00:10:03
    lagi sebanyak itu corsel juga Hyundai
  • 00:10:05
    enggak butuh lagi sebanyak itu kan gitu
  • 00:10:07
    samsung juga gak butuh lagi sebanyak itu
  • 00:10:09
    spare part-nya apa yang terjadi yang
  • 00:10:12
    terjadi adalah 3,5 triliun China akan
  • 00:10:15
    dengan cepat menyusut nilai
  • 00:10:18
    ekspornya ya kan yang jelas dia pasti
  • 00:10:20
    hilang 500 itu karena ke Amerika Serikat
  • 00:10:22
    sudah jadi mahal barangnya sudah enggak
  • 00:10:25
    masuk akal ya kan nah 500 diibarat terus
  • 00:10:28
    yang lain negara-negara yang lain total
  • 00:10:31
    nyumbang katakanlah 750 udah 1,25
  • 00:10:35
    triliun US dolar hampir sepertiga apa
  • 00:10:38
    enggak batuk-batuk tuh ekonomi kan
  • 00:10:41
    seperti itu
  • 00:10:43
    nah jadi ini data saya minta ke chatpt
  • 00:10:47
    kemudian ini dibreakdown dalam bentuk
  • 00:10:48
    chart jadinya seperti ini dan Anda bisa
  • 00:10:50
    lihat memang ee dominasi ekspor China ke
  • 00:10:55
    Amerika ini luar biasa coba Anda berada
  • 00:10:59
    di ibaratnya Anda bayangkan diri Anda
  • 00:11:01
    sebagai Donald Trump apa gak keki lihat
  • 00:11:04
    begini kita harus tahu sejarah
  • 00:11:06
    ya jepang dulu habis dibom Nagasaki
  • 00:11:10
    Hiroshima kemudian Jepang ya ibaratnya
  • 00:11:14
    Amerika ee merasa bersalah jadi dia
  • 00:11:16
    membuat Jepang menjadi negara manufaktur
  • 00:11:19
    yang mana barangnya dipersilakan masuk
  • 00:11:20
    ke Amerika dengan mudah tapi ketika
  • 00:11:23
    Jepang sudah mulai besar ya kan apa yang
  • 00:11:27
    terjadi dia tidak mengenakan tarif yang
  • 00:11:29
    seperti sekarang tinggi enggak dia cuma
  • 00:11:31
    minta nilai yen itu menguat dengan yen
  • 00:11:36
    menguat maka harga barangnya menjadi
  • 00:11:38
    tidak terlalu murah alhasil apa yang
  • 00:11:41
    terjadi dengan
  • 00:11:42
    Jepang stagnasi selama 20 tahun jadi
  • 00:11:46
    kita sama-sama tahu Jepang mengalami
  • 00:11:47
    stagnasi ekonomi selama 20 tahun ya mau
  • 00:11:51
    gimana ibaratnya itu kan suatu bentuk
  • 00:11:53
    atau suatu cara dari Amerika Serikat
  • 00:11:56
    untuk ibaratnya ee ngasih kesempatanlah
  • 00:11:59
    kepada suatu negara atau ibaratnya dia
  • 00:12:02
    juga mau menebus dosa lah karena aku
  • 00:12:05
    sudah salah ya jatuhin bom nuklir ke
  • 00:12:06
    tempatmu kan gitu ya tapi intinya kan
  • 00:12:08
    dia memberi kesempatan ya sama China
  • 00:12:12
    juga begitu
  • 00:12:13
    pertama kali China bisa masuk WTO yang
  • 00:12:16
    endorse itu adalah Amerika
  • 00:12:19
    Serikat dan China menjadi langsung
  • 00:12:22
    negara maju dengan pesatnya ketika dia
  • 00:12:25
    masuk ke dalam
  • 00:12:26
    WTO apa yang terjadi setelah itu malah
  • 00:12:29
    nantang ya kan sudah diperingatkan sama
  • 00:12:32
    Donald Trump putaran pertama tapi
  • 00:12:34
    bukannya ibaratnya ngurangi apa yang
  • 00:12:38
    sudah dilakukan oleh China tapi malah
  • 00:12:41
    menjadi-jadi menggila-gila tambah parah
  • 00:12:44
    gitu loh jadi ya kalau saya di posisi
  • 00:12:47
    Donald Trump maka yang saya lakukan ini
  • 00:12:50
    Donald Trump lakukan itu sudah betul
  • 00:12:52
    karena kalau gak diginiin hancur negara
  • 00:12:55
    saya Pak hancur jangankan rakyat saya
  • 00:12:58
    yang enggak ada kerjaan pengangguran ya
  • 00:13:00
    kan perusahaan-perusahaan swasta saya
  • 00:13:02
    pun juga melakukan manufaktur di China
  • 00:13:05
    ini kalau dibiarkan habislah rakyat saya
  • 00:13:08
    mau makan apa Bos ya kan pengangguran
  • 00:13:11
    akan meningkat manufaktur
  • 00:13:15
    mandek manufaktur mandek
  • 00:13:19
    jadi apa yang dilakukan Donald
  • 00:13:22
    Trump itu sudah betul nah sekarang
  • 00:13:27
    ibaratnya siapa yang bakal hancur duluan
  • 00:13:30
    apakah US atau China itu kan
  • 00:13:33
    pertanyaannya kalau menurut saya yang
  • 00:13:35
    bakal hancur
  • 00:13:36
    duluan adalah
  • 00:13:38
    China alasannya yaitu tadi sekarang yang
  • 00:13:41
    dilakukan Donald Trump adalah
  • 00:13:44
    menghancurkan semua jalur logistik jalur
  • 00:13:48
    perdagangan yang dilakukan oleh China
  • 00:13:51
    jadi kamu sudah enggak bisa pakai cara
  • 00:13:52
    pindah-pindah negara enggak bisa ya kamu
  • 00:13:55
    pindahin manufakturmu ke negara lain
  • 00:13:57
    enggak bisa ya karena semuanya kuk
  • 00:13:59
    kenain tarif semua yang aku defisit
  • 00:14:02
    lawan negara tersebut kenain tarif
  • 00:14:04
    tinggi ya kan mencretmencret dah
  • 00:14:07
    otomatis kalau tarifnya udah tinggi
  • 00:14:10
    berarti mereka negara-negara tersebut
  • 00:14:13
    yang kena tarif tinggi ini contoh
  • 00:14:15
    Vietnam ya kan Kamboja Singap ee Korsel
  • 00:14:19
    Jepang apa yang terjadi ya barang mereka
  • 00:14:21
    enggak enggak akan bisa bersaing di
  • 00:14:24
    Amerika Serikat ya jadi ujung-ujungnya
  • 00:14:26
    mereka akan mengurangi pengambilan
  • 00:14:28
    barang ke China itu satu ya kan itu
  • 00:14:32
    tujuannya Donald Trump ya terus yang
  • 00:14:37
    kedua Donald Trump selalu bilang mau
  • 00:14:40
    yang mau nego silakan ya kan dan
  • 00:14:43
    sekarang ini sudah mengantri
  • 00:14:44
    negara-negara yang mau melakukan
  • 00:14:46
    negosiasi
  • 00:14:48
    sebelum saya lakukan tarif seperti ini
  • 00:14:50
    gak ada satuun negara yang mau negosiasi
  • 00:14:52
    padahal saya sudah ngajak "Ayo dong
  • 00:14:54
    negosiasi kita ini gimana nih defisit
  • 00:14:56
    saya terlalu besar terhadap negara
  • 00:14:58
    kamu." Enggak ada yang mau gubris nah
  • 00:15:01
    otomatis mau enggak mau coba tempatkan
  • 00:15:03
    diri Anda di posisi Donald Trump apa
  • 00:15:05
    yang harus apa yang dilakukan sekarang
  • 00:15:07
    adalah memaksa negara-negara yang tidak
  • 00:15:09
    mau negosiasi itu akhirnya menjadi
  • 00:15:12
    negosiasi dong dengan Donald Trump
  • 00:15:14
    kira-kira pada saat negosiasi apa yang
  • 00:15:16
    akan diminta sama Donald Trump ke
  • 00:15:18
    negara-negara tersebut karena kita
  • 00:15:20
    sama-sama tahu Vietnam sudah ee berjanji
  • 00:15:23
    akan
  • 00:15:28
    menoleh sama Donald Trump enggak gua
  • 00:15:30
    enggak mau itu percuma kamu kasih nol
  • 00:15:33
    tapi barang saya tetap ee ada halangan
  • 00:15:37
    ya non tarif barrier ya jadi percuma
  • 00:15:40
    kalau dinolkan tetap aja saya akan
  • 00:15:41
    defisit
  • 00:15:44
    menurut saya ada dua ee pasal penting
  • 00:15:47
    yang akan diajukan oleh pihak Amerika
  • 00:15:49
    Serikat kepada negara-negara yang
  • 00:15:50
    melakukan negosiasi
  • 00:15:52
    ini yang pertama
  • 00:15:55
    simpel contoh ya misalnya
  • 00:15:58
    ee dengan
  • 00:16:03
    negara kita bisa lihat di sini ya
  • 00:16:05
    defisit kita paling gampang aja kita ke
  • 00:16:08
    negara ini dulu ya kan yang kena tarif
  • 00:16:12
    itu corsel eh sori si mana itu Jepang ah
  • 00:16:16
    Corsel misalnya dengan Corsel dengan
  • 00:16:19
    Korsel tarif 25% berarti kan defisit
  • 00:16:22
    dengan Korea Selatan itu 50% kan begitu
  • 00:16:25
    ya ini kan dibagi dua dari persentase
  • 00:16:27
    defisit
  • 00:16:29
    jadi poin pertama adalah Donald Trump
  • 00:16:32
    akan bilang "Ya mungkin tidak exactly
  • 00:16:36
    tepat seperti yang saya katakan tapi
  • 00:16:38
    secara konsep mungkin akan sama pertama
  • 00:16:42
    adalah potong
  • 00:16:43
    defisit anggaran ee defisit perdagangan
  • 00:16:47
    saya dengan kamu yang tadinya
  • 00:16:50
    50% kurangi menjadi 25%
  • 00:16:54
    nah supaya defisit ini bisa berkurang
  • 00:16:57
    berarti kan hanya ada satu
  • 00:16:59
    jalan ya
  • 00:17:01
    kan sebenarnya ada dua jalan mengurangi
  • 00:17:04
    ekspor ke Amerika Serikat korsel
  • 00:17:06
    mengurangi ekspor ke Amerika Serikat
  • 00:17:08
    yang mana itu akan mematikan industri
  • 00:17:11
    yang ada di Korsel karena mengurangi
  • 00:17:13
    ekspor ke Amerika Serikat berarti
  • 00:17:15
    mengurangi demand eh mengurangi
  • 00:17:17
    mengurangi growth ya kan karena daya
  • 00:17:19
    beli Amerika itu begitu besar
  • 00:17:22
    nah berarti yang paling gampang adalah
  • 00:17:26
    membeli produk-produk Amerika lebih
  • 00:17:29
    banyak ya kan supaya defisitnya yang
  • 00:17:32
    tadinya 50% menjadi hanya
  • 00:17:35
    separuh sisa 25% terus reward-nya apa
  • 00:17:39
    dong ah kalau saya jadi Donald Trump
  • 00:17:41
    kalau kamu bisa potong defisit ini
  • 00:17:42
    menjadi separuh maka tarif yang saya
  • 00:17:45
    kenakan ke kamu sebesar 25% akan saya
  • 00:17:49
    hilangkan ee tarif ini kan 25% adalah
  • 00:17:52
    tarif tambahan dari tarif-tarif yang
  • 00:17:54
    sudah ada sebelumnya amerika tuh ngecas
  • 00:17:56
    ini enggak terlalu gede kok ya kan ini
  • 00:17:58
    25% adalah tarif tambahan kalau kamu
  • 00:18:01
    bisa cut defisit sisa separuh saya
  • 00:18:04
    hilangkan 25% tarif tambahan ini itu
  • 00:18:07
    yang pertama jadi ibaratnya secara
  • 00:18:09
    otomatis kalau kamu bisa cut defisit
  • 00:18:11
    kamu beli barang dari saya lebih banyak
  • 00:18:13
    sehingga defisit yang 50% saya dengan
  • 00:18:16
    kamu menjadi hanya 25% saya hilangkan
  • 00:18:18
    ini tarif
  • 00:18:20
    25% itu yang
  • 00:18:22
    pertama ya kan yang kedua ini yang lebih
  • 00:18:25
    galak kalau yang pertama gampang ya kan
  • 00:18:28
    kayak kita nih contohnya Indonesia
  • 00:18:29
    gampang tinggal beli gandum aja dari
  • 00:18:31
    Amerika Serikat kan kita sekarang beli
  • 00:18:33
    gandum itu kebanyakan belinya di
  • 00:18:35
    Australia belinya di Eropa Tengah yang
  • 00:18:39
    ibaratnya Eropa Timur atau Eropa Tengah
  • 00:18:41
    itu yang Kazakhstan tan uzbekistan
  • 00:18:44
    tantan pokoknya yang ada tantannya itu
  • 00:18:46
    uh banyak gandum di sana ya alihkan aja
  • 00:18:49
    beli di Amerika Serikat memang lebih
  • 00:18:50
    mahal harganya kan gitu itu itu contoh
  • 00:18:54
    sederhana ya contoh sederhana nah ini
  • 00:18:57
    cara yang pertama ya cut defisit separuh
  • 00:19:01
    itu masih lunak ya kan kalau cara yang
  • 00:19:05
    kedua lebih keras ya lebih
  • 00:19:08
    keras kamu enggak usah cut defisit
  • 00:19:10
    enggak usah bos enggak usah cut defisit
  • 00:19:13
    ya enggak usah kamu enggak usah beli
  • 00:19:15
    gandum saya kamu enggak usah beli mobil
  • 00:19:17
    saya kamu enggak usah beli
  • 00:19:19
    peralatan-peralat peralatan migas dari
  • 00:19:21
    saya ya kan kita sama-sama tahulah
  • 00:19:24
    kontraktor Hiburton contohnya H Burton
  • 00:19:26
    itu ibaratnya kalau kita dapat kontrak
  • 00:19:27
    di Hiburton itu sudah tertulis di sana
  • 00:19:29
    kita harus pakai produk-produk Amerika
  • 00:19:32
    ya kan itu jelas ya kan ya sama aja L
  • 00:19:34
    kayak kita dapat ibaratnya kita dapat
  • 00:19:37
    pendanaan dari Cungkok cungkok mau buka
  • 00:19:39
    pabrik di sini syaratnya kan cuman dua
  • 00:19:41
    ya kan kamu mau uang saya berarti kamu
  • 00:19:43
    harus pakai barang saya dan orang saya
  • 00:19:45
    kan begitu jadi sebenarnya sama siapapun
  • 00:19:48
    itu mau Amerika mau Cina sama pakai
  • 00:19:51
    barang saya pakai orang saya cuma kan
  • 00:19:53
    Amerika pakai barang saya yang paling
  • 00:19:55
    penting orang saya lu mau pakai enggak
  • 00:19:56
    pakai juga enggak apa-apa contohnya apa
  • 00:20:00
    chefron chevron itu udah udah lama di
  • 00:20:02
    Indonesia ya kan tapi sekarang udah
  • 00:20:05
    banyak yang dicut barang harus pakai
  • 00:20:07
    produk Amerika tapi orangnya harus pakai
  • 00:20:10
    enggak enggak paling satu dua biji doang
  • 00:20:12
    expatriatnya enggak banyak enggak
  • 00:20:14
    seperti kayak pabrik-pabrik nikel
  • 00:20:16
    di Sulawesi di mana kita bisa lihat
  • 00:20:19
    terlalu banyak karyawannya yang dari
  • 00:20:21
    orang China ya kan kalau Chevron Anda
  • 00:20:23
    bisa lihat sendiri yang kerja-kerja di
  • 00:20:25
    Migas deh pasti tahu bule-bulenya ada
  • 00:20:27
    ada banyak enggak enggak paling
  • 00:20:30
    posisi-posisi penting
  • 00:20:31
    doang sisanya orang lokal orang
  • 00:20:34
    Indonesia ya justru ada transfer ilmu
  • 00:20:37
    kan kalau Amerika kalau Cina enggak
  • 00:20:40
    barang saya uang saya orang saya pakai
  • 00:20:43
    semua kalau lu mau ya kan kalau enggak
  • 00:20:45
    ya udah gua enggak jadi invest gitu jadi
  • 00:20:47
    cara kedua yang lebih jahat ini kalau
  • 00:20:49
    seandainya
  • 00:20:50
    Trump menjadikannya syarat untuk
  • 00:20:54
    negosiasi adalah contoh ya Corsel kamu
  • 00:20:59
    kan ekspor mobil ke saya ya nah saya
  • 00:21:01
    akan cek komponen
  • 00:21:04
    mobilmu ya tidak boleh ada dua macam ini
  • 00:21:07
    di dalam komponen mobilmu yang pertama
  • 00:21:10
    barang ini tidak boleh diekspor oleh
  • 00:21:13
    perusahaan Korea Selatan ya tempat Korea
  • 00:21:16
    Selatan yang di mana di situ
  • 00:21:19
    terdapat China punya saham di perusahaan
  • 00:21:23
    tersebut ya China punya saham di
  • 00:21:25
    perusahaan Corsel walaupun spare
  • 00:21:28
    part-nya tidak dari China saya tolak
  • 00:21:31
    enggak boleh mobilnya masuk ke Amerika
  • 00:21:34
    ya yang kedua tidak ada saham China di
  • 00:21:38
    dalam perusahaan yang ada di Corsel tapi
  • 00:21:40
    spare part-nya under deal-nya semua ya
  • 00:21:44
    kan sebagian besar beli dari China
  • 00:21:47
    enggak boleh
  • 00:21:49
    masuk ayo mati enggak tuh China kalau
  • 00:21:52
    digituin mati
  • 00:21:54
    Pak kalau kamu bisa lakukan ini kamu
  • 00:21:58
    ekspor mobil ke Amerika di mana di dalam
  • 00:22:01
    ibaratnya contoh di dalam Hyundai ya ini
  • 00:22:03
    Hyundai eksport mobil ke Amerika kan
  • 00:22:05
    Hyundai tidak dimiliki oleh orang China
  • 00:22:07
    orang China enggak ada saham di dalam
  • 00:22:08
    Hyundai misalnya gitu kan yang mayoritas
  • 00:22:11
    ya kalau ibaratnya selembar dua lembar
  • 00:22:12
    dibeli sama trader dari China ya itu
  • 00:22:14
    gaklah mayoritas ya board sampai bisa
  • 00:22:17
    punya kursi di board of
  • 00:22:19
    director ya itu mah itu ibaratnya dalam
  • 00:22:23
    jumlah besar kalau itu enggak ada dan
  • 00:22:25
    spare part-nya juga tidak ada ambil dari
  • 00:22:27
    China silakan lu ekspor ke Amerika
  • 00:22:30
    Serikat tarif saya
  • 00:22:32
    hapus langsung saat itu juga ya masalah
  • 00:22:35
    yang defisit-defisit tadi itu antara you
  • 00:22:37
    sama gua enggak saya enggak minta dikut
  • 00:22:39
    separuh enggak enggak kamu langsung
  • 00:22:41
    boleh masuk tarif 25% saya hilangin yang
  • 00:22:44
    penting itu tadi tidak boleh ada
  • 00:22:46
    mayoritas saham orang China di dalam
  • 00:22:48
    perusahaan tersebut dan tidak boleh
  • 00:22:49
    ngambil spare part-nya under deal-nya
  • 00:22:51
    pokoknya semua produk-produk ee bahan
  • 00:22:54
    bahan bakunya ngambil dari
  • 00:22:57
    China boleh
  • 00:22:59
    masuk ya saya rasa dua poin
  • 00:23:04
    tersebut yang akan menjadi tawar-menawar
  • 00:23:08
    Donald Trump kepada negara-negara yang
  • 00:23:11
    mau negosiasi dengan mereka kalau yang
  • 00:23:14
    pertama kan negara tersebut harus beli
  • 00:23:16
    barang dari US nah kalau kamu enggak
  • 00:23:18
    mampu ya udah kita pakai cara kedua Pak
  • 00:23:21
    kamu enggak usah keluar duit untuk beli
  • 00:23:23
    barang dari saya tapi cukup tidak boleh
  • 00:23:25
    ada unsur China di dalam barang yang
  • 00:23:28
    kamu ekspor kepada
  • 00:23:30
    saya gampang kan yang gitu loh kamu
  • 00:23:33
    tinggal pilih mau keluar duit cara
  • 00:23:35
    pertama kalau enggak mau keluar duit
  • 00:23:36
    pakai cara kedua simpel Pak langsung
  • 00:23:39
    saya hapus itu
  • 00:23:41
    tarif nah saya yakin dua dua poin
  • 00:23:45
    penting ini akan di-push sama mereka ya
  • 00:23:48
    dipush US ke negara-negara yang nego dan
  • 00:23:53
    ibaratnya pasti ada yang berpendapat
  • 00:23:55
    bahwa wah ya enggak mungkinlah ini aja
  • 00:23:57
    semua negara-negara yang kena tarif lagi
  • 00:23:59
    berdiskusi kok gimana caranya kita bikin
  • 00:24:02
    perdagangan dunia itu kita singkirin aja
  • 00:24:05
    Amerika Serikat ya kan toh Amerika
  • 00:24:08
    Serikat kan ya enggak nyampai 20% dari
  • 00:24:12
    total perdagangan dunia kok jadi kalau
  • 00:24:14
    dia enggak ada ya kita masih finefine
  • 00:24:16
    aja ya kan fine aja gak ada
  • 00:24:20
    masalah itu yang terlihat di muka bos ya
  • 00:24:25
    kita sama-sama tahulah kalau sudah dalam
  • 00:24:27
    kondisi begini ya kan apa yang diomongin
  • 00:24:31
    di muka sama yang sebenarnya ada di
  • 00:24:33
    dalam hati masing-masing negara ini
  • 00:24:35
    pasti berbeda ya kan semua pasti mau
  • 00:24:38
    cari selamat enggak mungkin gak cari
  • 00:24:41
    selamat ya kan di depan aja ngomong
  • 00:24:44
    ibaratnya contoh nih ya misalnya kayak
  • 00:24:46
    si Korsel atau Jepang jepang telepon si
  • 00:24:50
    Korsel ya kan eh Bro gimana nih Bro
  • 00:24:52
    gimana kalau kita dagang aja ya kan kita
  • 00:24:55
    ajak yang lain kita enggak usah dagang
  • 00:24:56
    lagi sama Amerika gimana Bro ya Jepang
  • 00:24:59
    teleponnya kan korsel bilang "Oh ya y
  • 00:25:01
    yuk yuk yuk." gitu begitu padahal dalam
  • 00:25:02
    hati masing-masing Jepang sama Korsel
  • 00:25:05
    "Ya lu aja ya kan ibar kayak Corsel ya
  • 00:25:08
    lu aja pang." Gua sih enggak mau ya kan
  • 00:25:10
    gua tetap mau nego karena size gua
  • 00:25:13
    ekspor ke US lumayan loh contoh nih ya
  • 00:25:16
    Corsel ekspor ke US 5% GDP Pak
  • 00:25:21
    lumayan iya kan contoh lagi yang paling
  • 00:25:24
    dekat Mexico mexiko tuh 25% loh
  • 00:25:29
    ya nilai ekspor Meksiko ke Amerika
  • 00:25:32
    Serikat itu setara dengan
  • 00:25:35
    25% GDP
  • 00:25:38
    kanada
  • 00:25:39
    18,5% GDP
  • 00:25:42
    Pak
  • 00:25:44
    ayo entut kalau mereka ini ibaratnya yuk
  • 00:25:47
    kita exclud aja si Amerika kita enggak
  • 00:25:50
    usah dagang sama dia pret
  • 00:25:53
    lah pret ya kan di muka doang ibaratnya
  • 00:25:57
    wah kita mengutuk tindakan Amerika
  • 00:25:59
    Serikat kita akan balas ya kan kita akan
  • 00:26:02
    bawa pasukan kita akan join sama
  • 00:26:04
    negara-negara lain awas lu ya kita band
  • 00:26:06
    lu pret lah itu kan yang kelihatan di
  • 00:26:09
    depan ya kan di belakangnya mah
  • 00:26:11
    kagak iya tuh ambil contoh lagi kenapa
  • 00:26:15
    Jerman ibaratnya kar-kar
  • 00:26:19
    karena ekspor itu adalah
  • 00:26:22
    41%-nya GDP Jerman woh gila kan ini
  • 00:26:26
    ibaratnya secara rasio itu jauh lebih
  • 00:26:28
    besar daripada China punya ekonomi jadi
  • 00:26:32
    China itu kalau misalnya ekspornya
  • 00:26:34
    hilang dia masih bisa mengharapkan dalam
  • 00:26:36
    negeri ya kan gampangannya gitu karena
  • 00:26:37
    80% perputaran uangnya masih ada di
  • 00:26:39
    dalam negeri sedangkan Jerman kalau
  • 00:26:42
    ekspornya sampai hilang dia cuma bisa
  • 00:26:44
    ngandalin
  • 00:26:45
    60% gitu loh ya paham ya jadi Jerman ini
  • 00:26:49
    betul-betul
  • 00:26:50
    mengharapkan ekspor dan kalau
  • 00:26:55
    3,4% GDP-nya hilang yaitu 3,4% adalah
  • 00:27:00
    besaran nilai ekspor tuh GDP-nya Jerman
  • 00:27:04
    ya nilai ekspor dia ke US itu besar itu
  • 00:27:09
    lebih besar daripada China china itu
  • 00:27:13
    hanya
  • 00:27:14
    2,4% nilai ekspornya to GDP-nya China ya
  • 00:27:19
    sedangkan Jerman ekspor bareng ke US itu
  • 00:27:22
    setara dengan 3,4% GDP-nya Jerman
  • 00:27:25
    makanya kebakaran jenggot Bos sampai
  • 00:27:27
    ngancam-ngancam awas lu ya gua balas lu
  • 00:27:29
    gini gini gini
  • 00:27:30
    [Musik]
  • 00:27:32
    giniini gitu tu jadi kita bisa ngelihat
  • 00:27:34
    nih para pemimpin negara mana yang keras
  • 00:27:37
    sekali mana yang tiba-tiba kebakaran
  • 00:27:40
    jenggot mana yang santai-santai aja ya
  • 00:27:43
    kan mana yang aduh panik gitu kan
  • 00:27:45
    cepat-cepat langsung diturunin jadi nol
  • 00:27:47
    dari data ini kan kalian langsung bisa
  • 00:27:49
    lihat ya kan terlihat jelas singapura
  • 00:27:53
    deh singapura itu cuman kena 10%
  • 00:27:56
    tarifnya ya kan santai dia tapi ya
  • 00:27:59
    perdana menterinya ya ngebacot ke
  • 00:28:02
    mana-mana inilah itulah merusak tatanan
  • 00:28:04
    perekonomian dunia an alah itu mah
  • 00:28:08
    tampilannya doang ya kan secara di
  • 00:28:10
    belakang layar juga ah gua mah enggak
  • 00:28:13
    peduli kalau kena 10% mah itu sama kayak
  • 00:28:16
    mengirim barang ke Indonesia kena PPN
  • 00:28:18
    10% yang bayar juga bukan gua gua
  • 00:28:21
    transferin aja ibaratnya gua alihkan aja
  • 00:28:23
    biaya ini kan yang bayar juga konsumen
  • 00:28:25
    pada ujung-ujungnya kan gitu tapi
  • 00:28:27
    tampilannya kan wah kita tidak setuju
  • 00:28:30
    dengan langkahnya Trump ini merusak
  • 00:28:31
    tatanan dunia pret
  • 00:28:33
    lah aslinya masih Singapore juga tahu
  • 00:28:36
    diri siapa yang ngelindungin dia selama
  • 00:28:38
    ini kalau bukan Amerika
  • 00:28:40
    Serikat ya kan tapi ya tetap dua muka
  • 00:28:44
    Pak begitu jadi kalau menurut saya dalam
  • 00:28:49
    waktu dekat kok kita akan tahu siapa
  • 00:28:51
    pemenangnya kenapa karena kepanikan yang
  • 00:28:54
    terjadi ini kalau kita nilai dengan
  • 00:28:56
    fixed index ya kepanikan yang terjadi
  • 00:28:59
    saat ini kalau kita nilai dengan fixed
  • 00:29:01
    index fixed index ini kan ibaratnya Anda
  • 00:29:04
    bisa menilai kondisi pasar saat ini itu
  • 00:29:06
    panik atau gak dari sini aja Anda bisa
  • 00:29:09
    lihat kalau dibandingkan dengan ada
  • 00:29:11
    shock terapi di tahun 2024 berbanding
  • 00:29:14
    sekarang sekarang belum lebih mengerikan
  • 00:29:17
    daripada 2024 Agustus nih ya terus kalau
  • 00:29:20
    kita bandingkan dengan COVID nah Anda
  • 00:29:23
    lihat COVID fix indeksnya mencapai
  • 00:29:27
    85-an lah ya 85 sekarang tertingginya
  • 00:29:31
    fix indeks baru di 60 anda bisa lihat ih
  • 00:29:34
    jaraknya jauh
  • 00:29:37
    sekali kenapa kok bisa sejauh ini ya
  • 00:29:40
    simpel waktu COVID ya orang yang tadinya
  • 00:29:44
    kerja tiba-tiba enggak kerja berarti
  • 00:29:46
    duit enggak ada kan oke sudah duit
  • 00:29:48
    enggak ada barang yang mau dibeli ada
  • 00:29:50
    enggak enggak ada susah mau keluar rumah
  • 00:29:53
    juga susah kalaupun barangnya ada
  • 00:29:56
    harganya naik karena logistik lagi susah
  • 00:29:59
    kan gitu jadi serba susah di COVID serba
  • 00:30:02
    enggak pasti sedangkan kalau sekarang
  • 00:30:04
    PHK sudah terjadi enggak enggak masih
  • 00:30:07
    bisa keluar rumah dengan bebas enggak
  • 00:30:10
    bisa masih bisa beli barang enggak bisa
  • 00:30:12
    kalau yang barang dari China jadi lebih
  • 00:30:14
    mahal ya gua pilih barang yang dari
  • 00:30:16
    katakanlah yang dari Rusia misalnya atau
  • 00:30:19
    barang ya kan kalau dari Rusia dikitlah
  • 00:30:21
    ya di Amerika kan karena kena embargo ya
  • 00:30:23
    gua pilih barang-barang lain yang lebih
  • 00:30:25
    murah ya gampang aja kayak di Indonesia
  • 00:30:27
    lah kalau barang Unilever mahal ya udah
  • 00:30:29
    kita beli barangnya wings ya kan toh
  • 00:30:32
    sabun sabun cuci bajunya kan ya juga
  • 00:30:34
    sama keluarin busa juga sama-sama bersih
  • 00:30:36
    juga kok kenapa harus maksa beli barang
  • 00:30:38
    Unilever yang ibaratnya sudah lebih
  • 00:30:40
    mahal ya gua pilih barang yang lebih
  • 00:30:41
    murah lah barangnya wings gitu kan jadi
  • 00:30:44
    uang ada pekerjaan ada kebebasan
  • 00:30:47
    ada masalahnya harga barang naik itu
  • 00:30:50
    doang tapi barangnya ada bisa dibeli
  • 00:30:52
    kalaupun mahal tinggal pilih lain yang
  • 00:30:55
    lainnya yang lebih murah as simple as
  • 00:30:57
    that makanya kepanikan yang terjadi saat
  • 00:30:59
    ini terefleksi daripada fixed index ini
  • 00:31:02
    enggak bisa bohong Pak
  • 00:31:04
    itu ibaratnya kepanikan saat ini tuh
  • 00:31:06
    biasa aja ya kan gak separah waktu COVID
  • 00:31:11
    oh jadi kalau gitu kita bisa ribon
  • 00:31:14
    kencang dong sama seperti waktu COVID
  • 00:31:16
    nanti dulu bos Covid bisa ribon kencang
  • 00:31:20
    karena the fat potong suku
  • 00:31:23
    bunga ya the fat potong suku bunga
  • 00:31:26
    bahkan hampir mendekati nol
  • 00:31:30
    kalau dipotong seperti itu berarti
  • 00:31:33
    minjam duit itu costnya murahnya minta
  • 00:31:35
    ampun makanya orang minjam duit untuk
  • 00:31:38
    beli saham yang sudah terbanting-banting
  • 00:31:41
    harganya kalau sekarang cost of
  • 00:31:44
    borrowing-nya sudah murah enggak enggak
  • 00:31:47
    masih mahal ya cost of borrowing-nya itu
  • 00:31:50
    masih mahal ini kita bisa lihat dari US
  • 00:31:54
    10 year
  • 00:31:56
    Treasury sekarang itu dia ada di angka
  • 00:31:58
    4,18 waktu COVID angkanya berapa coba
  • 00:32:01
    kita lihat ya nah ini Anda bisa lihat
  • 00:32:04
    nih sebelum COVID terjadi di 2019 ya
  • 00:32:08
    Desember itu angkanya di
  • 00:32:10
    1,92 pada saat COVID Anda lihat
  • 00:32:14
    0,5 jadi minjam
  • 00:32:18
    ibaratnya bunga itu cuman 1/2% jadi
  • 00:32:21
    ibaratnya kalau kita beli obligasinya
  • 00:32:23
    Amerika Serikat cuman dapat bunga 125%
  • 00:32:26
    per tahun selama 10 tahun ke depan siapa
  • 00:32:28
    yang
  • 00:32:30
    mau lebih baik gua minjam daripada gua
  • 00:32:32
    invest ke US Treasury Bond gitu loh ya
  • 00:32:36
    lebih baik gua minjam karena udah pasti
  • 00:32:38
    minjam paling 0,75 paling banter 1% deh
  • 00:32:42
    setahun murah kan makanya pada minjam US
  • 00:32:46
    buat invest di ibaratnya start upstup
  • 00:32:50
    makanya waktu COVID itu kan start upst
  • 00:32:51
    up luar biasa tuh booming beng b bang
  • 00:32:53
    bang bang
  • 00:32:54
    bang karena cost of borrowing-nya murah
  • 00:32:58
    sedangkan sekarang Anda lihat berapa nih
  • 00:33:00
    4% jadi kalau ibaratnya Anda berharap
  • 00:33:03
    akan rebon kencang dengan cepat seperti
  • 00:33:06
    COVID nanti dulu
  • 00:33:08
    Ferguso nanti dulu Pak jangan ngayal
  • 00:33:11
    dulu gitu ya kita mau ribon kencang cost
  • 00:33:14
    of borrowing money-nya ini masih mahal
  • 00:33:16
    Pak masih
  • 00:33:18
    4%-an trump tidak bisa memaksa The FET
  • 00:33:21
    untuk memotong suku bunga trump hanya
  • 00:33:24
    bisa melakukan menekan US 10 year
  • 00:33:28
    bond ya menekan US 10 year yield dia
  • 00:33:33
    tekan supaya cost of borrowing itu murah
  • 00:33:37
    kalau masih begini nah ini kan Anda
  • 00:33:39
    lihat nih kemarin dia mencoba untuk
  • 00:33:41
    berada di bawah 4% angka support ini ya
  • 00:33:44
    4% itu kan support round number ya
  • 00:33:47
    support angka bulat begitu di bawah 4%
  • 00:33:50
    eh besoknya langsung rebond kencang cung
  • 00:33:52
    mantul begitu jadi Anda bisa lihat
  • 00:33:54
    betapa susahnya untuk menurunkan cost of
  • 00:33:58
    borrowing tuh
  • 00:34:01
    jadi dari sini pun Anda bisa lihat bahwa
  • 00:34:03
    sebenarnya kepanikan yang terjadi ya itu
  • 00:34:06
    tidak separah di COVID kenapa karena
  • 00:34:08
    orang belum berbondong-bondong beli
  • 00:34:12
    obligasi pemerintah
  • 00:34:14
    US kalau orang berbondong-bondong beli
  • 00:34:17
    obligasi maka yang terjadi adalah
  • 00:34:20
    yield-nya turun seperti ini ini orang
  • 00:34:22
    berbondong-bondong beli ini kenapa turun
  • 00:34:25
    di 2019 karena orang merasa bahwa tahun
  • 00:34:28
    depan itu akan terjadi resesi gitu ya
  • 00:34:32
    kalau orang mengkhawatirkan akan terjadi
  • 00:34:34
    resesi maka apa yang dilakukan ya
  • 00:34:37
    daripada gua pusing-pusing mau mikir
  • 00:34:39
    invest apa beli saham apa ya percuma kan
  • 00:34:42
    kalau ibaratnya kita akan terjadi resesi
  • 00:34:44
    kan berarti kan laba bersihnya turun
  • 00:34:46
    kalau laba bersihnya turun berarti
  • 00:34:47
    dividennya turun ah daripada gua pusing
  • 00:34:49
    mending gua belikan aja obligasi fix ya
  • 00:34:53
    kan resiko juga nul ya kan gua belikan
  • 00:34:56
    aja di sini semakin banyak orang membeli
  • 00:34:58
    obligasi maka yield-nya persentase
  • 00:35:00
    yield-nya ini akan turun
  • 00:35:03
    Pak itulah resesi yang sebenarnya
  • 00:35:06
    ketakutan resesi yang
  • 00:35:08
    sebenarnya sedangkan sekarang ibaratnya
  • 00:35:11
    semua pada berbondong-bondong bilang kan
  • 00:35:13
    Amerika Serikat bisa masuk ke resesi
  • 00:35:15
    Amerika Serikat bisa masuk ke resesi
  • 00:35:17
    mana buktinya pret ngomong ae masuk ke
  • 00:35:20
    resesi masuk ke resesi ingat ya bursa
  • 00:35:23
    saham itu bukanlah ekonomi dan ekonomi
  • 00:35:26
    bukanlah bursa saham jadi Pak Prabowo
  • 00:35:28
    bilang benar saya dukung gitu bahwa ya
  • 00:35:31
    beliau tidak terlalu pusing dengan bursa
  • 00:35:33
    saham lah karena itu bukan ekonomi
  • 00:35:35
    real ekonomi real itu adalah foreign
  • 00:35:38
    direct investment ke beli tanah bangun
  • 00:35:41
    pabrik apa segala macam itu benar saya
  • 00:35:43
    setuju tapi yang Anda perlu tahu juga
  • 00:35:46
    bahwa bursa saham itu time horizon-nya 6
  • 00:35:50
    bulan ke depan minimal
  • 00:35:52
    jadi kalau beneran akan terjadi resesi 6
  • 00:35:55
    bulan ke depan maka harusnya US Treasury
  • 00:35:59
    Bond ini yield-nya terjun bebas ya
  • 00:36:04
    terjun bebas jadi charge-nya harus ke
  • 00:36:06
    bawah makanya lu pantengin nih ya us 10Y
  • 00:36:10
    lu pantengin ini di Trading View kalau
  • 00:36:13
    masih di sini-sini aja itu bullshit
  • 00:36:16
    semua yang GP Morgan kek Morgan Stanley
  • 00:36:19
    kek siapa Stanley stanley itu ngomong
  • 00:36:21
    "Oh prediksi kita akan terjadi resesi
  • 00:36:23
    60% peluangnya bakal terjadi resesi taek
  • 00:36:27
    lah bullshit
  • 00:36:30
    lah datanya tidak menunjukkan seperti
  • 00:36:32
    itu." Ini saya ingatkan kepada Anda
  • 00:36:35
    semua bahwa turunnya yield ini bukan
  • 00:36:39
    karena COVID anda lihat ini sudah turun
  • 00:36:41
    dari
  • 00:36:43
    2019 sebelum terjadinya COVID tuh sudah
  • 00:36:45
    turun dari 3%-an turun sampai di bawah
  • 00:36:49
    2% bahkan sebelum terjadinya
  • 00:36:53
    COVID ya kenapa karena orang takut akan
  • 00:36:57
    terjadi resesi gitu
  • 00:37:01
    loh jadi ketakutan itu sudah terefleksi
  • 00:37:05
    dengan valid pada US Treasury Bond 10
  • 00:37:10
    year kalau sekarang mana ketakutan itu
  • 00:37:14
    Bos gak ada Bos ya resesi pret
  • 00:37:21
    lah jadi cost of borrowing-nya masih
  • 00:37:25
    mahal simpelnya begini deh kalau you
  • 00:37:27
    bunga 1% per tahun you pinjam 1 juta US
  • 00:37:32
    you invest ke
  • 00:37:34
    startup 10 tahun berarti lu harus bayar
  • 00:37:37
    10% kan gitu ya gampangannya ya 1% per
  • 00:37:39
    tahun
  • 00:37:42
    kalau cost of borrowing-nya adalah 4%
  • 00:37:44
    you pinjam 1 US 1 juta US dolar you
  • 00:37:47
    invest ke startup 10 tahun belum balik
  • 00:37:50
    modal lu mesti bayar bunga 4% per tahun
  • 00:37:53
    kali 10 40% mencret enggak
  • 00:37:55
    lu ya kan apalagi waktu
  • 00:37:59
    cuma% 10 tahun cuman 5% bos apa enggak
  • 00:38:04
    booming itu start up jadi itulah hukum
  • 00:38:07
    daripada costuse of borrowing jadi kalau
  • 00:38:09
    dibilang bakar resep I pret lah ya
  • 00:38:14
    ngomong pakai data seperti itu jadi ini
  • 00:38:18
    menjawab pertanyaan apakah kita akan
  • 00:38:20
    rebound kencang jawabannya tidak ya
  • 00:38:24
    karena cost of borrowing masih sangat
  • 00:38:27
    tinggi this
  • 00:38:29
    is urat nadi sebenarnya dari
  • 00:38:32
    perekonomian itu adalah kredit Pak suku
  • 00:38:35
    bunga kredit pinjaman ini adalah urat
  • 00:38:38
    nadi yang sebenarnya dari perekonomian
  • 00:38:41
    bukan bursa sahamnya Pak bukan bursa
  • 00:38:44
    saham itu hanya kasinonya saja inilah
  • 00:38:47
    yang sebenarnya ya tingkat suku bunga
  • 00:38:52
    pinjaman kalau tingkat suku bunga
  • 00:38:54
    pinjaman masih mahal siapa yang membuka
  • 00:38:56
    usaha dengan cara minjam kan cost of
  • 00:38:59
    borrowing-nya masih mahal Bos
  • 00:39:02
    kalau sudah murah baru bisa kencang
  • 00:39:04
    seperti itu jadi ini yang Donald Trump
  • 00:39:07
    berusaha untuk lakukan yaitu turunkan
  • 00:39:11
    angka US Treasury 10 year ini ke bawah
  • 00:39:15
    3% itu yang dia inginkan supaya ekonomi
  • 00:39:20
    bisa
  • 00:39:21
    bergerak tapi percuma kalau ekonominya
  • 00:39:24
    bergerak sedangkan masih di manufaktur
  • 00:39:25
    di China keenakan China dong ya kan
  • 00:39:29
    pembelinya di Amerika china yang
  • 00:39:30
    manufaktur ya yang cuan siapa china Pak
  • 00:39:34
    percuma bunganya murah China yang cuan
  • 00:39:36
    gede-gedean kita cuma jadi negara
  • 00:39:38
    pembeli konsumen katanya Donald Trump
  • 00:39:42
    jadi saya maunya itu barang itu dibikin
  • 00:39:45
    di Amerika oleh perusahaan
  • 00:39:47
    Amerika oleh rakyat
  • 00:39:49
    Amerika ah itu baru
  • 00:39:53
    mantap ya kan ingat ya Donald Trump
  • 00:39:56
    adalah seorang pebisnis seorang pebisnis
  • 00:39:59
    itu tidak kaku Pak tidak keras kepala
  • 00:40:03
    pasti akan ada negosiasi dan ada
  • 00:40:05
    syaratnya pebisnis seperti itu bukan
  • 00:40:08
    seperti presiden sebelumnya yang pikun
  • 00:40:11
    ya kan tahunya cuman perang darderdor
  • 00:40:13
    Darderdor anda bisa lihat beberapa hari
  • 00:40:16
    terakhir sejak Donald Trump dilantik
  • 00:40:19
    darderdornya kan cuman ya seputaran di
  • 00:40:21
    tempat-tempat yang lama tapi tidak ada
  • 00:40:24
    tempat baru ya kan ukraina juga ditekan
  • 00:40:28
    habis-habisan ya kan you kira China
  • 00:40:31
    ngancam eh rare mineral tidak ekspor ke
  • 00:40:35
    US terus Amerika takut gitu enggak dia
  • 00:40:38
    udah nekan
  • 00:40:40
    Ukraina lu telan itu semua utang ya
  • 00:40:44
    utang yang sudah lu ambil ketika Joe
  • 00:40:46
    Biden
  • 00:40:47
    berkuasa sekarang sudah zamannya saya
  • 00:40:50
    kamu lawan Rusia tidak akan menang
  • 00:40:53
    daripada negaramu tenggelam karena utang
  • 00:40:55
    yang begitu besar ini bagaimana kalau
  • 00:40:57
    kamu izinkan saya mengambil rare mineral
  • 00:41:01
    yang ada di Ukraina dan saya akan diskon
  • 00:41:04
    utangmu ini jadi enggak butuh China Pak
  • 00:41:07
    di Ukraina itu banyak mineral tanah
  • 00:41:10
    jarangnya banyak
  • 00:41:12
    itu itu pendapat saya
  • 00:41:15
    tentang perang tarif ini yang mana
  • 00:41:17
    menurut saya ingat loh
  • 00:41:20
    ya produsen itu China
  • 00:41:23
    betul
  • 00:41:25
    produsen pembelinya produsen terbesar
  • 00:41:28
    China oke pembeli terbesar siapa amerika
  • 00:41:32
    pembeli adalah raja ini pembeli cuman
  • 00:41:36
    minta diskon pak kamu jangan terlalu
  • 00:41:39
    inilah sama saya kita kan udah hubungan
  • 00:41:41
    dagang lama nih ya korting-korting
  • 00:41:43
    dikitlah Bos gitu
  • 00:41:46
    kan cina sebagai penjual enggak mau
  • 00:41:48
    kasih couring ya kan salah enggak kalau
  • 00:41:51
    Donald Trump ngancam ya sudah aku gak
  • 00:41:53
    akan mau ambil barang sama kamu gak
  • 00:41:56
    salah dong anda juga wajar saya cari
  • 00:41:58
    tempat lain aja yang lebih murah ya kan
  • 00:42:00
    pokoknya saya enggak mau lagi ambil
  • 00:42:02
    barangmu wajar enggak wajar udah
  • 00:42:05
    bertahun-tahun dibelain udah
  • 00:42:08
    bertahun-tahun didukung ya kan giliran
  • 00:42:11
    minta ya rem-rem dikitlah bos jangan
  • 00:42:14
    terlalu agresif eh enggak nurut malah
  • 00:42:16
    ngelawan repot ini ya kan karena
  • 00:42:19
    size-nya terlalu besar maka dia tidak
  • 00:42:21
    bisa ngakalin seperti Jepang yen disuruh
  • 00:42:24
    menguat enggak bisa karena China pintar
  • 00:42:27
    China sudah melemahkan terus
  • 00:42:30
    yuannya itu jadi repot ya kan cadangan
  • 00:42:33
    devisanya sudah terlalu besar jadi sulit
  • 00:42:36
    untuk ngelawan dari sisi keuangan ya
  • 00:42:38
    sudah pakai tarif seperti ini itu alasan
  • 00:42:42
    saya ya saya enggak tahu bagaimana
  • 00:42:45
    menurut Anda yang tadi jawab bahwa yang
  • 00:42:48
    akan menang adalah China nah coba ee
  • 00:42:52
    jelaskan kenapa kok Anda mengira bahwa
  • 00:42:55
    China yang akan menang perang dagang ini
  • 00:42:58
    ya
  • 00:43:00
    kan kan yang di sini dijawab adalah
  • 00:43:03
    Amerika yang akan nyerah duluan berarti
  • 00:43:05
    kan China yang menang nah kenapa China
  • 00:43:06
    yang akan menang coba saya pengin tahu
  • 00:43:08
    pendapat Anda tulis di kolom komentar
  • 00:43:10
    kita diskusi sampai jumpa di video
  • 00:43:12
    berikutnya
标签
  • perang tarif
  • Amerika Serikat
  • China
  • ekonomi
  • PDB
  • ekspor
  • Vietnam
  • Meksiko
  • Trump
  • negosiasi