INI CIRI-CIRI KHAS SAHAM SIAP TERBANG - Ft. Rivan Kurniawan

00:48:23
https://www.youtube.com/watch?v=JB9pDUFM6Y0

الملخص

TLDRVideo ini membahas strategi investasi saham dengan fokus pada perusahaan-perusahaan seperti SMA dan ASA. Pembicara menjelaskan proses pembelian saham, analisis kinerja perusahaan, dan bagaimana kondisi pasar mempengaruhi keputusan investasi. Mereka juga membahas potensi IPO dan pergeseran dari media konvensional ke digital, serta bagaimana perusahaan-perusahaan ini beradaptasi dengan perubahan tersebut. Diskusi mencakup strategi seperti 'average up' dan 'average down', serta pentingnya analisis fundamental dalam pengambilan keputusan investasi.

الوجبات الجاهزة

  • 📈 Fokus pada analisis fundamental untuk investasi yang lebih baik.
  • 💡 Strategi 'average up' dan 'average down' penting dalam pembelian saham.
  • 📊 Perusahaan SMA beralih dari media konvensional ke digital.
  • 🚀 ASA menunjukkan potensi pertumbuhan dalam sektor logistik.
  • 📉 Kerugian SMA disebabkan oleh biaya produksi konten yang tinggi.
  • 💰 Pentingnya diversifikasi dalam portofolio investasi.
  • 🔍 Memahami laporan keuangan untuk analisis yang lebih baik.
  • 📅 Pertimbangkan waktu dan target harga saat berinvestasi.
  • 📉 Perubahan pasar dapat mempengaruhi keputusan investasi.
  • 📈 Pertumbuhan nilai portofolio adalah indikator keberhasilan.

الجدول الزمني

  • 00:00:00 - 00:05:00

    Video ini membahas tentang potensi IPO dan kondisi keuangan perusahaan yang sedang rugi, serta pertanyaan mengenai underwriter dan manajemen dana. Pembicara menyebutkan bahwa saat ini portofolio mereka memiliki nilai tiga digit M dan membahas saham-saham yang berpotensi naik, termasuk BTPS dan ASA.

  • 00:05:00 - 00:10:00

    Pembicara menjelaskan beberapa saham yang dibeli untuk portofolio Leon, termasuk harga rata-rata dan alokasi dana. Mereka juga membahas potensi keuntungan dari saham-saham tersebut, dengan CDI yang mencapai 50%.

  • 00:10:00 - 00:15:00

    Pembicara membahas proses pembelian saham secara bertahap dan strategi average down untuk SMA, serta bagaimana mereka memilih saham berdasarkan analisis fundamental dan sentimen pasar.

  • 00:15:00 - 00:20:00

    Pembicara menjelaskan tentang SMA, termasuk bisnis media yang dimiliki dan tantangan yang dihadapi dalam persaingan dengan platform digital. Mereka juga membahas potensi pertumbuhan di masa depan.

  • 00:20:00 - 00:25:00

    Pembicara membahas tentang transformasi SMA dari media konvensional ke digital, serta bagaimana mereka berusaha untuk meningkatkan pendapatan melalui konten dan platform video.

  • 00:25:00 - 00:30:00

    Pembicara menjelaskan tentang ASA, termasuk tiga pilar bisnisnya dan bagaimana segmen logistiknya mulai menguntungkan. Mereka juga membahas tentang akuisisi Antaraja dan dampaknya terhadap kinerja ASA.

  • 00:30:00 - 00:35:00

    Pembicara membahas tentang perubahan dalam komposisi pendapatan ASA dan bagaimana mereka beradaptasi dengan permintaan pasar. Mereka juga menjelaskan tentang pertumbuhan yang signifikan dalam segmen logistik.

  • 00:35:00 - 00:40:00

    Pembicara menekankan pentingnya analisis fundamental dalam memilih saham dan bagaimana mereka mengelola portofolio untuk meminimalkan risiko. Mereka juga membahas tentang strategi diversifikasi dalam investasi.

  • 00:40:00 - 00:48:23

    Pembicara menutup dengan harapan untuk kembali membahas perkembangan saham di masa depan dan pentingnya memahami dinamika pasar dalam investasi.

اعرض المزيد

الخريطة الذهنية

فيديو أسئلة وأجوبة

  • Apa yang dibahas dalam video ini?

    Video ini membahas tentang investasi saham, analisis kinerja perusahaan, dan strategi investasi.

  • Siapa yang menjadi fokus utama dalam pembahasan saham?

    Fokus utama adalah pada perusahaan SMA dan ASA.

  • Apa yang dimaksud dengan IPO dalam konteks video ini?

    IPO merujuk pada penawaran umum perdana saham, yang dibahas dalam konteks potensi perusahaan untuk melakukannya.

  • Bagaimana pembicara menganalisis kinerja perusahaan?

    Pembicara menganalisis kinerja perusahaan melalui laporan keuangan dan proyeksi masa depan.

  • Apa yang menjadi strategi investasi yang dibahas?

    Strategi investasi termasuk pembelian bertahap dan analisis fundamental.

  • Apa yang terjadi dengan perusahaan ASA?

    Perusahaan ASA mengalami pergeseran dari sewa kendaraan ke jasa logistik yang lebih menguntungkan.

  • Mengapa perusahaan SMA mengalami kerugian?

    Kerugian disebabkan oleh biaya produksi konten yang tinggi dan persaingan di pasar digital.

  • Apa yang menjadi fokus utama perusahaan SMA?

    Fokus utama adalah pada media digital dan konten video.

  • Apa yang dimaksud dengan 'average up' dan 'average down'?

    'Average up' berarti membeli lebih banyak saham saat harga naik, sedangkan 'average down' berarti membeli lebih banyak saat harga turun.

  • Apa yang menjadi indikator keberhasilan investasi menurut pembicara?

    Indikator keberhasilan adalah pertumbuhan nilai portofolio secara keseluruhan.

عرض المزيد من ملخصات الفيديو

احصل على وصول فوري إلى ملخصات فيديو YouTube المجانية المدعومة بالذكاء الاصطناعي!
الترجمات
id
التمرير التلقائي:
  • 00:00:00
    Karena kan ya memang kan kalau kita
  • 00:00:04
    dengar juga ada rumor ya video ini kan
  • 00:00:07
    akan di IPO-kan. Nah,
  • 00:00:08
    >> enggak mungkin dong IPO dalam keadaan
  • 00:00:09
    rugi. Siapa yang mau beli?
  • 00:00:11
    >> Pasti teman-teman nanya nih UW-nya
  • 00:00:14
    siapa?
  • 00:00:16
    >> Ada HP enggak nih? Ada cipta dana
  • 00:00:19
    enggak? Ada LG enggak?
  • 00:00:21
    >> Lu manage-nya udah berapa? Boleh se
  • 00:00:22
    enggak sih? Mungkin digit kali. Berapa
  • 00:00:25
    digit M sekarang? Oke, mungkin gua
  • 00:00:27
    enggak bisa kasih precise-nya ya, tapi
  • 00:00:29
    ya 3 digit M lah.
  • 00:00:30
    >> 3 digit M. Oh, jangan-jangan nanti
  • 00:00:31
    kapan-kapan kalau misalnya dia rekomend
  • 00:00:33
    B apa naik tuh.
  • 00:00:38
    [Musik]
  • 00:00:40
    >> Oke, Bro. Kita gas ee buat saham apa
  • 00:00:43
    aja, Bro, yang mengakibatkan kenaikan.
  • 00:00:44
    Mungkin kalau misalnya boleh gua
  • 00:00:47
    ngomongin ee top two-nya kali ya,
  • 00:00:49
    >> supaya Teman-teman bisa
  • 00:00:50
    >> belajar. Gua pengin K tadi tuh kayak
  • 00:00:52
    BTPS gitu. Prosesnya apa segala macam.
  • 00:00:54
    Oke. Eh, gua coba share ya, Bro, ya.
  • 00:00:56
    >> I.
  • 00:00:59
    >> Oke. Nah, jadi ini adalah beberapa saham
  • 00:01:02
    yang ee gua belikan ee buat Leon ya.
  • 00:01:05
    Pertama mungkin ini gua coba ee share
  • 00:01:07
    beberapa. Yang pertama itu memang yang
  • 00:01:09
    paling tinggi secara persentase ya waktu
  • 00:01:11
    itu kan cara baca gimana nih ini? Oh,
  • 00:01:13
    ini average. Ini average price.
  • 00:01:16
    >> Iya. Jadi ini adalah average price. Jadi
  • 00:01:18
    ee harga belinya Leon. Ya,
  • 00:01:20
    >> ini adalah lotnya.
  • 00:01:23
    >> Kemudian ini adalah market price nih
  • 00:01:26
    >> ya per kita ee podcast ya. Kemudian ini
  • 00:01:28
    adalah PNL persennya. Jadi cuman berapa
  • 00:01:30
    persen lah ibaratnya gitu. Dan kemudian
  • 00:01:34
    ini adalah posisi ee alokasi dana di
  • 00:01:37
    porto tersebut gitu ya. Kemudian ee yang
  • 00:01:40
    ini ada ada modelingnya seperti itu ya.
  • 00:01:40
    Nah, jadi memang
  • 00:01:42
    >> pokoknya sih kalau misalnya CDI dapatnya
  • 00:01:45
    50% bro.
  • 00:01:46
    >> Magic G.
  • 00:01:49
    >> Iya. Kemarin gua bilang ya ini ada eipo
  • 00:01:52
    ya gua rekomen kemarin e seria sama
  • 00:01:53
    koin.
  • 00:01:54
    >> Iya cuman koinnya gua enggak kebel gua
  • 00:01:57
    salah ketik.
  • 00:02:00
    Dia bilang dia bilang bro 50-50 gua
  • 00:02:02
    adaud kemarin berapa ya? 400 sis waktu
  • 00:02:05
    itu saat itu portoya tuh equity wise
  • 00:02:08
    R00-an juta. Cashnya tuh 490-an.
  • 00:02:10
    >> Dia bilang 50-50. Habis itu gua beli
  • 00:02:12
    Rp250 juta di CDA, Rp250 juta di koin.
  • 00:02:14
    R00 juta kelebihan duitnya.
  • 00:02:17
    Jadi yang jadi koin enggak kebelin
  • 00:02:18
    enggak kebeli.
  • 00:02:21
    >> Iya. Jadi ee kalau secara ee persentase
  • 00:02:25
    ya memang ee CDIA naik ya ini ada 539%
  • 00:02:27
    cuman kan memang karena penjatahan ya
  • 00:02:30
    secara eh market ininya eh apa
  • 00:02:33
    allocation-nya cuma sekitar 1% gitu ya.
  • 00:02:34
    Jadi mungkin ini gua enggak enggak bahas
  • 00:02:37
    lah ya enggak bahas ee lebar. Nah,
  • 00:02:38
    mungkin gua ee lebih ke ini, Bro. Jadi,
  • 00:02:41
    kalau ditanya e sebenarnya ee apa aja
  • 00:02:44
    yang mendorong portfolionya Leon so far
  • 00:02:47
    sampai 2 bulan ini ke angka 10%. Yang
  • 00:02:50
    pertama itu adalah tadi BTPS, yang kedua
  • 00:02:51
    itu eh sori yang pertama yang paling
  • 00:02:54
    tinggi secara ee PNL persennya itu
  • 00:02:56
    adalah ASA sebenarnya, Bro. Yang kedua
  • 00:02:58
    itu adalah SMA. Nah, yang ketiga yang
  • 00:03:01
    tadi kita bahas itu baru BTPS
  • 00:03:03
    >> gitu. Jadi, ini persent grow-nya. Jadi,
  • 00:03:07
    ASA sama SCMA itu so far ee apa dari
  • 00:03:11
    harga beliil itu naik 20% sementara BTPS
  • 00:03:14
    naik 16%. Nah, ini adalah ee bobot
  • 00:03:17
    alokasi yang ee dialokasikan untuk tiap
  • 00:03:19
    emiten. Jadi, contoh misalkan kayak ee
  • 00:03:22
    ASA misalkan ee taruh R130 juta, harga
  • 00:03:25
    sahamnya naik ee 20% sekarang jadi Rp10
  • 00:03:27
    juta kurang lebih seperti itu. SMA juga
  • 00:03:29
    kurang lebih sama gitu. Nah, jadi ini
  • 00:03:32
    secara persentasenya ya. Oke, berarti
  • 00:03:35
    sekarang kita bahas ee ASA sama SMA ya.
  • 00:03:35
    >> Iya.
  • 00:03:37
    >> Dan ini ini udah naik ya. Jadi sekali
  • 00:03:39
    lagi ini bukan ajakan buat beli ya.
  • 00:03:41
    >> Kita juga enggak enggak peduli lu beli
  • 00:03:42
    asa atau segala macam kita we don't care
  • 00:03:45
    gitu. Ini gua pengin tarik lu ke
  • 00:03:46
    >> 2 bulan yang lalu
  • 00:03:46
    >> ya.
  • 00:03:48
    >> Kenapa si Rifan beli ini supaya
  • 00:03:49
    teman-teman juga bisa belajar kalau
  • 00:03:51
    misalnya teman-teman emang suka ngulik
  • 00:03:53
    gitu ya kayak ee kenapa dia beli ini
  • 00:03:55
    segala macam tot prosesnya gitu. Oke
  • 00:04:01
    monggo, Bro. Oke. Nah, jadi em
  • 00:04:02
    >> Oh, ini ya ini belinya kapan ya?
  • 00:04:05
    >> Oke, kita lihat nih.
  • 00:04:07
    >> Jadi ee pertama mungkin SMA dulu ya.
  • 00:04:12
    Nah, jadi SMA ini kalau lu lihat.
  • 00:04:13
    Oke. Nah, jadi SMA ini kalau gua beliin
  • 00:04:17
    Nah, ini yang gua tadi bilang ke lu nih,
  • 00:04:21
    Bro, ya. Eh, gua baru baru lumayan
  • 00:04:24
    agresif beliin Leon itu adalah di week 2
  • 00:04:27
    ke week 3 eh Juni setelah ya perang itu
  • 00:04:30
    udah mulai agak eh merda. Kemudian juga
  • 00:04:32
    eh ya waktu itu juga lagi relatif lebih
  • 00:04:34
    murah gitu, Bro. Gitu. Nah, ini gua
  • 00:04:38
    beliin di 17 ee Juni kemudian di e 19
  • 00:04:41
    Juni e 2 hari kemudian ya. Kemudian 23
  • 00:04:44
    Juni dan 25 Juni. Jadi ee bertahap gitu,
  • 00:04:47
    Bro. Nah, kenapa? Karena gini, eh kalau
  • 00:04:50
    kita bicara mengenai historical PR-nya
  • 00:04:54
    SMA, SMA itu Oh, mungkin gua buka e
  • 00:04:55
    Google lagi kali ya.
  • 00:04:56
    >> Boleh, boleh. Dan juga ini, Bro, nanti
  • 00:04:58
    mungkin boleh boleh sharing soalnya kan
  • 00:05:00
    kayaknya enggak semua orang itu tahu ee
  • 00:05:03
    SMA itu bisnisnya apa segala macam.
  • 00:05:03
    >> Oke.
  • 00:05:05
    >> Itu kan kayak perusahaannya MTEK dan
  • 00:05:08
    juga ini kayak apakah TV, SCTV sama
  • 00:05:10
    Indosiar itu kira-kira e masih mereka
  • 00:05:12
    punya buildbug of the business atau
  • 00:05:13
    enggak gitu.
  • 00:05:14
    >> Iya. Nah, ini.
  • 00:05:16
    >> Nah, kan sahamnya kayak gini lagi kan.
  • 00:05:18
    Nah, kan
  • 00:05:19
    sahamnya tuh yang
  • 00:05:22
    >> yang apa mon semua nih gua gua pakai max
  • 00:05:26
    deh. Eh, sor pencet. Nah,
  • 00:05:29
    Mon Everest semua. Oh, pendaki gunung
  • 00:05:31
    ini si Ran
  • 00:05:33
    pendaki gunung semua dia
  • 00:05:35
    >> ya. Makanya ini gua enggak mungkin, Bro,
  • 00:05:37
    bahas ini enggak mungkin. Enggak
  • 00:05:39
    mungkin. Benar.
  • 00:05:41
    >> Nah, gua demen jas kayak gini gitu kan.
  • 00:05:43
    Mak stock universe kita totally
  • 00:05:44
    different.
  • 00:05:46
    Gua cuma tahu kisaran doang. Gua cuma
  • 00:05:50
    tahu ya okelah dia ee SCTV. Lalu dia itu
  • 00:05:52
    dulu ada indosiare juga lalu TV-nya itu
  • 00:05:53
    diclining gua cuma tahu kayak gitu
  • 00:05:55
    gara-gara orang sudah pindah ke digital
  • 00:05:58
    gitu ke ya kan adsen mereka nonton ke
  • 00:06:01
    YouTube makanya mereka dikline kan turun
  • 00:06:02
    >> ya maka ee
  • 00:06:04
    >> ada story tentang video mungkin prediksi
  • 00:06:05
    gua ya harusnya tentang video cuman
  • 00:06:06
    monggo bro silak
  • 00:06:11
    >> gua ya. Oke. Nah jadi nih jadi ee yang
  • 00:06:12
    ini nah ini yang tadi gua bilang bro.
  • 00:06:15
    Jadi ketika lu masuk di 20 kan lu masuk
  • 00:06:17
    sekitar 20 Mei. Oh lu bukan beli di
  • 00:06:18
    bottom sebenarnya.
  • 00:06:20
    >> Enggak. Gu gua gua gua gua beli di agak
  • 00:06:22
    di bottom. Jadi pas lu masuk 20 Mei gua
  • 00:06:24
    bilang sama lu, gua enggak deploy lu
  • 00:06:26
    punya e capital langsung
  • 00:06:29
    >> karena tadi ada ee apa kekhawatiran gitu
  • 00:06:31
    kan. Dan hence begitu nih kita kan mulai
  • 00:06:34
    masuk itu di 16 ya. Nah dia mulai turun
  • 00:06:36
    dulu bro ke target gua memang ee di
  • 00:06:39
    bawah 170-an gua gua beliin lu punya e
  • 00:06:41
    SMA gitu kan. Dan ternyata begitu masuk
  • 00:06:44
    ke area beli gitu kan, nah ini gua baru
  • 00:06:45
    mulai beli ini, Bro. Nah, ini gua beli
  • 00:06:48
    secara bertahap ya kan. Jadi di apa tadi
  • 00:06:51
    kalau misalkan kita lihat secara ee
  • 00:06:54
    ininya di tanggal
  • 00:07:00
    tanggal 17 Juni 19 Juni 235 17 19 23
  • 00:07:02
    gitu ya. Nah, jadi gua beli tuh bertahap
  • 00:07:07
    tuh ya. 17 itu di sini, terus 19 di sini
  • 00:07:12
    terus kemudian 23 kemudian di 25. Nah,
  • 00:07:13
    jadi gua
  • 00:07:15
    >> 25 sih perfect bottom. Cuman kan emang
  • 00:07:17
    kita kan enggak pernah tahu kan. Nah,
  • 00:07:20
    gua gua strategi strategi gua adalah
  • 00:07:22
    memang ee apa namanya? Gua beliin itu
  • 00:07:25
    secara bertahap tuh gitu. Nah, kalau
  • 00:07:27
    tadi BTPS kebetulan ee-nya adalah kita
  • 00:07:30
    average up. Kalau SMA ini kebetulan
  • 00:07:32
    case-nya adalah average down. Tapi yang
  • 00:07:34
    gua pengin share eh thought proses gua
  • 00:07:36
    gini, Bro. Every time e gua membelikan
  • 00:07:39
    saham ke klien-klien itu gua sudah
  • 00:07:43
    membuat strategi by areanya. Jadi either
  • 00:07:46
    dia eh apa namanya? Average up gua tahu
  • 00:07:50
    at eh berapa maksimal gua beliin yang
  • 00:07:53
    aman ya buat klien gua. Kalau kalau eh
  • 00:07:55
    average down gua juga ee buat strategi
  • 00:07:57
    bro gitu. Jadi setiap penurunan sekian
  • 00:08:00
    gua baru beliin gitu. Jadi ee ada
  • 00:08:03
    areanya yang gua udah ee define gitu
  • 00:08:04
    kan. Oke, untuk ke saham ini gua akan
  • 00:08:06
    beli di area sini ya kan. Kalau udah
  • 00:08:09
    naik di atas itu ya kan itu gua enggak
  • 00:08:11
    akan ee maksudnya gua enggak akan kejar
  • 00:08:12
    lagiah ibaratnya enggak enggak FOMO
  • 00:08:15
    gitu. Nah, jadi itu yang membuat ee
  • 00:08:17
    drawdown dari klien-klien gua tuh
  • 00:08:20
    biasanya relatively jauh lebih terbatas
  • 00:08:23
    gitu. Nah, cuman ya balik lagi kalau apa
  • 00:08:26
    namanya ee begitu masuk ke dalam area
  • 00:08:29
    yang gua memang sudah targetkan ya kan.
  • 00:08:31
    Nah, ini rezeki lu juga tuh gitu. Jadi
  • 00:08:34
    ketika masuk ke kalau kalau kalau lu
  • 00:08:36
    joinnya misalkan kayak di Mei gitu ya
  • 00:08:39
    atau bahkan mungkin di ee apa nih di
  • 00:08:40
    Februari ya tentu ini enggak akan masuk
  • 00:08:43
    ke stock universe lu gitu. Tapi karena
  • 00:08:43
    ini Mas
  • 00:08:45
    >> lu berarti waktu di bulan Januari,
  • 00:08:48
    Maret, April gitu-gitu lu enggak beliin
  • 00:08:49
    SMA?
  • 00:08:49
    >> Enggak.
  • 00:08:50
    >> Oh. Oh,
  • 00:08:52
    >> tapi buat klien yang kan gua ada klien
  • 00:08:54
    yang misalkan dari apa dari tahun lalu
  • 00:08:57
    ya. Ya, ini mereka dapat lebih happy
  • 00:08:58
    lagi sebenarnya beli di
  • 00:09:00
    >> Oh, jadi waktu naik K gini lu enggak
  • 00:09:02
    beliin lu enggak maksa gitu ya? Berarti
  • 00:09:04
    lu cari yang lain? Cari yang lain.
  • 00:09:06
    Makanya kenapa tadi gua bilang ya ee
  • 00:09:08
    misalkan lu masuk di ee ini yang berbeda
  • 00:09:09
    gitu ya, time frame yang beda, bulan
  • 00:09:12
    yang berbeda, bisa jadi ya akan berbeda
  • 00:09:14
    juga pemilihannya gitu. Cuma harusnya di
  • 00:09:16
    bulan tersebut
  • 00:09:18
    ee secara prinsip harusnya orang-orang
  • 00:09:19
    pada mendapatkan pembelian yang sama
  • 00:09:22
    kan. Soalkan ada opportunity yang sama.
  • 00:09:24
    >> Betul. Kalau profil risikonya sama
  • 00:09:26
    misalkan kayak lu agresif ya klien-klien
  • 00:09:28
    di agresif kurang lebih sama tapi kalau
  • 00:09:29
    yang moderate mungkin agak beda.
  • 00:09:32
    >> Iya. I lu manage-nya udah berapa boleh
  • 00:09:33
    se enggak sih? Mungkin digit kali berapa
  • 00:09:35
    digit M sekarang?
  • 00:09:37
    >> Oke mungkin gua enggak bisa kasih
  • 00:09:40
    precise-nya ya tapi ya 3 digit M lah.
  • 00:09:42
    >> 3 digit M. Oh. Jan-jan nanti kapan-kapan
  • 00:09:43
    kalau misalnya dia rekomend belin apa
  • 00:09:46
    naik tuh.
  • 00:09:46
    Kalau gitu kalau gitu iya ya mantap juga
  • 00:09:51
    kalau misalnya ada tapi kalau misalnya
  • 00:09:52
    kayak gini sih sudah susah sih. Ini kan
  • 00:09:54
    udah perusahaan-perusahaan
  • 00:09:55
    >> Konglo eh perusahaan-perusahaan yang
  • 00:09:56
    super gede kan
  • 00:09:58
    >> kalau misalnya udah triunan kalau
  • 00:10:00
    misalnya dia rekomen-nya yang 500 miliar
  • 00:10:03
    100 miliar gerak.
  • 00:10:06
    >> Oke oke oke. Terus ee boleh sharing ini
  • 00:10:08
    bro kayak bisnisnya mereka itu apa? Lalu
  • 00:10:10
    kenapa lu percaya bahwa ini tuh ada
  • 00:10:12
    sebuah turn around? Ini sekali lagi ini
  • 00:10:13
    Mount Everest ya.
  • 00:10:14
    >> I kalau dilihat secara jangka panjang
  • 00:10:15
    ya.
  • 00:10:18
    >> Suka jangka panjang kayak gini ya.
  • 00:10:22
    >> Oke. Nah, ini gua coba jelasin. Em gua
  • 00:10:25
    buka dulu ya datanya ya.
  • 00:10:27
    >> Oke. Nah, ini jadi gua coba share ya ee
  • 00:10:30
    pertama mungkin ee model bisnisnya dulu
  • 00:10:32
    ya. Mungkin teman-teman di sini ada yang
  • 00:10:33
    sudah tahu, ada juga mungkin yang belum
  • 00:10:36
    tahu gitu ya. Jadi memang ee SMA ini
  • 00:10:39
    mungkin kalau orang awam tahunya SCTV
  • 00:10:41
    Indosiar yang memang adalah bisnis dia
  • 00:10:44
    yang cor-nya ya kan. Nah, jadi memang
  • 00:10:47
    kalau secara dia punya portfolio SCTV
  • 00:10:51
    kemudian ee Indosiar ya ini jadi salah
  • 00:10:54
    satu portfolionya sih SMA. Nah, cuman
  • 00:10:56
    mungkin yang banyak orang belum tahu ya,
  • 00:10:58
    ternyata dia tuh beyond the media, jadi
  • 00:11:00
    beyond TV lah. Jadi dia punya yang
  • 00:11:03
    namanya content hub ya, mungkin eh run e
  • 00:11:05
    entertainment, kemudian
  • 00:11:06
    >> Oh, runnya juga invest.
  • 00:11:09
    >> Iya, betul. Terus kemudian Cinema Art ya
  • 00:11:12
    kan. Nah, ini juga jadi portfolionya si
  • 00:11:15
    e SMA. Kemudian ee nah ini segmen yang
  • 00:11:17
    menarik itu ada yang namanya digital
  • 00:11:19
    media. Nah, ini yang akan menjadi e
  • 00:11:20
    source softground-nya nanti gua coba
  • 00:11:23
    ceritain di belakang. Nah, dia punya ee
  • 00:11:26
    apa namanya nih? Ee e klykapanlagi.com
  • 00:11:29
    ya. Kemudian, nah ini yang jadi eh
  • 00:11:30
    sumber gold-nya dia ke depan itu adalah
  • 00:11:33
    yang namanya video gitu kan.
  • 00:11:36
    Nah, kalau secara eh sales breakdown
  • 00:11:38
    atau revenue breakdown memang media
  • 00:11:41
    platform yang SCTV eh Indosiar dan
  • 00:11:44
    lain-lain itu masih jadi ee dominan 7
  • 00:11:47
    >> hampir 80% lah. Nah, cuman yang
  • 00:11:48
    menariknya adalah di segmen ini nih,
  • 00:11:51
    Bro, digital autofo ya. Digital Autofm
  • 00:11:53
    itu yang digital media ini salah satunya
  • 00:11:55
    adalah eh video gitu. Nah, nanti gua
  • 00:11:56
    mungkin akan sharing mengenai
  • 00:11:59
    transformasi dari si ee SMA ini. Nah,
  • 00:12:02
    jadi digital autofm itu atau e digital
  • 00:12:05
    media tadi yang membuat satu sisi dalam
  • 00:12:07
    jangka pendek ee dia tertekan, tapi di
  • 00:12:09
    sisi lain eh jangka panjangnya itu akan
  • 00:12:10
    jadi software-nya dia. Tapi sebelum ke
  • 00:12:12
    sana ya mungkin gua sharing dulu ya
  • 00:12:14
    mengenai ee pemegang sahamnya. Jadi
  • 00:12:18
    memang ee shareholders dari SCMA ini ee
  • 00:12:21
    ini gua ambil yang per 2024 itu dipegang
  • 00:12:24
    MTEK itu sekitar 61%,
  • 00:12:26
    masyarakat 24%. Nah, cuman yang
  • 00:12:29
    menariknya adalah ee per 2025 per kita
  • 00:12:31
    podcast itu udah di 65 kalau gua enggak
  • 00:12:34
    salah 65%-an gitu. Jadi si Mtech ini
  • 00:12:37
    memang ee lagi cukup ee agresif juga
  • 00:12:39
    menambah kepemilikan sahamnya. Dia terus
  • 00:12:39
    beli.
  • 00:12:43
    >> Nah, lu ee yang tadi ya waktu
  • 00:12:45
    lu ngebeli SMA ini buat nasabah-nasabah
  • 00:12:47
    lu, apakah
  • 00:12:49
    >> triggernya itu adalah lu udah pelajarin
  • 00:12:50
    laporan keuangannya dari dulu atau lu
  • 00:12:52
    ngelihat news misal lu ngelihat oh ini
  • 00:12:54
    mereka melakukan buyback. Nah, itu
  • 00:12:56
    menjadi trigger lu buat mempelajari.
  • 00:12:57
    Soalnya kan ada 900 emiten kan
  • 00:12:59
    >> buat lu ngikutin semuanya gimana caranya
  • 00:13:03
    gitu. Oke. Jadi kalau case-nya SMA ini
  • 00:13:06
    eh gua pelajari lebih ke e kinerjanya.
  • 00:13:08
    Jadi jadi eh gua coba pelajari kenapa
  • 00:13:11
    sih SCMA ini jatuh? Karena kan hampir
  • 00:13:14
    sama kayak BTPS tadi, Bro. Ya, harga
  • 00:13:15
    saham SMA juga tadi kita sudah lihat kan
  • 00:13:17
    kayak Mount Everest gitu kan. Turun juga
  • 00:13:20
    mungkin 70% pokoknya Moverest
  • 00:13:23
    >> kecuali CDI atau CDI masih lagi naiknya
  • 00:13:25
    tapi kayaknya itu sih naik terus semoga
  • 00:13:27
    ya. Oh, enggak. Nah,
  • 00:13:29
    >> enggak salah sori. Salah, salah, salah.
  • 00:13:31
    Enggak boleh ngomong kayak gitu.
  • 00:13:32
    Sekarang ahah udah ketinggian, sudah
  • 00:13:36
    naik 500% ya. Jadi siap-siap turun.
  • 00:13:39
    Oke. Nah, jadi ee mana tadi gua lupa.
  • 00:13:41
    Iya, iya iya. Sorry Mon Ever kenapa dia
  • 00:13:44
    turun? Iya. Jadi ee apa gua beliin atau
  • 00:13:47
    gua advice ee klien-klien gua itu e
  • 00:13:48
    pertama gua lihat dari laporan
  • 00:13:50
    keuangannya. Jadi, gua memang tertarik
  • 00:13:52
    gitu ngelihat kenapa nih kok si SMA ini
  • 00:13:54
    ee turun turun terus gitu kan. Oh, gua
  • 00:13:58
    lihat nah di 2023 gitu ya. Nah, ini deh.
  • 00:14:00
    Ini kan tadi sudah kita bahas ya, stok
  • 00:14:02
    eh price-nya juga hampir mirip-miriplah
  • 00:14:05
    kayak si ee BTPS tadi dari 500-an ke
  • 00:14:07
    120-an gitu kan. Nah, kenapa
  • 00:14:10
    pertanyaannya?
  • 00:14:13
    Nah, ini, Bro. Jadi eh video yang tadi
  • 00:14:16
    sempat kita mention ya itu kan dia beli
  • 00:14:18
    akuisis itu kalau gua enggak salah ingat
  • 00:14:21
    di 2018-219 ya kan. Nah, tapi video ini
  • 00:14:23
    dia mulai memupuk yang namanya produksi
  • 00:14:25
    konten ya. Sebagai sebuah media kan
  • 00:14:26
    kalau enggak ada konten enggak ada yang
  • 00:14:30
    nonton juga kan. Nah, jadi di 2023
  • 00:14:34
    terutama ya ee video itu membuat ee
  • 00:14:36
    konten-konten yang sangat banyak ya.
  • 00:14:38
    Baik itu drama di sini kalau kita lihat
  • 00:14:40
    ya ada drama dia ada beli beberapa
  • 00:14:43
    lisensi juga. 2022 dia beli hak siar ee
  • 00:14:45
    Liga Inggris, kemudian Piala Dunia ya
  • 00:14:47
    kan ee buat memperbanyak
  • 00:14:49
    konten-kontennya dia. Kemudian juga dia
  • 00:14:52
    sendiri juga memproduksi ee apa dia
  • 00:14:54
    punya platform lah gitu. Jadi intinya
  • 00:14:57
    adalah membuat ee platform video ini
  • 00:14:59
    menjadi semenarik mungkin supaya bisa
  • 00:15:01
    bersaing dengan karena saingannya juga
  • 00:15:03
    bukan lagi dalam negeri gitu kan, tapi
  • 00:15:06
    saingannya udah udah luar negeri udah
  • 00:15:09
    Netflix ya kan Disney Plus ya kan. Jadi
  • 00:15:12
    kan dia harus bersaing ee ekstra ketat
  • 00:15:15
    gitu kan. Nah, jadi ketika ee di 2022
  • 00:15:18
    kemudian berlanjut di 2023 ya ee kinerja
  • 00:15:21
    video itu membebani SMA secara
  • 00:15:23
    keseluruhan. Kenapa? Di sini kita bisa
  • 00:15:26
    lihat dulu. Nah, ini gua coba share ini
  • 00:15:28
    adalah ee pendapatan kalau yang biru ya.
  • 00:15:31
    Kemudian ini adalah ee rugi periode
  • 00:15:36
    berjalan. Nah, jadi di 2022 tok Ful Year
  • 00:15:38
    ini hanya videonya saja ya yang eh apa
  • 00:15:40
    eh digital medianya tadi itu mengalami
  • 00:15:43
    kerugian ee Rp735
  • 00:15:45
    miliar
  • 00:15:48
    ya kan. Nah ini first half 2022 dan
  • 00:15:52
    first half 2023 itu ee juga udah hampir
  • 00:15:54
    dua kali lipat gitu. Jadi ya ini kalau
  • 00:15:56
    kita setahunkan waktu itu hampir 1
  • 00:15:58
    triliun gitu. Jadi kenapa enggak heran
  • 00:16:01
    ya kinerja si ee video nanti ada di
  • 00:16:03
    slide berikutnya itu ee turun. Nah,
  • 00:16:05
    sebelum ke sana gua pengin kasih lihat
  • 00:16:09
    padahal dia kalau secara ee apa ee kita
  • 00:16:12
    sebutnya MAU gitu ya. MAU itu monthly
  • 00:16:13
    active user. Jadi dalam waktu 1 bulan
  • 00:16:16
    berapa sih yang eh akses video itu terus
  • 00:16:18
    meningkat terutama di tahun 2022 waktu
  • 00:16:21
    itu kan lagi ada Piala Dunia ya kan. Nah
  • 00:16:22
    2023 agak sedikit turun karena kan ya
  • 00:16:24
    ada segmen yang cuma nonton buat Piala
  • 00:16:25
    Dunia akhirnya enggak lanjut beranganan.
  • 00:16:29
    Tapi kalau kita lihat dari ee 2019 yang
  • 00:16:31
    dia cuman punya sekitar 0,4 juta berarti
  • 00:16:34
    R00.000-an menjadi hampir R juta B. Jadi
  • 00:16:37
    artinya 10 kali lipat ya dalam waktu 5
  • 00:16:39
    tahun ya.
  • 00:16:42
    Nah cuman ya itu tadi apa ee karena
  • 00:16:44
    beban produksinya besar ya secara
  • 00:16:47
    kinerja itu akan ee membebani. Nah,
  • 00:16:49
    cuman yang menariknya adalah gua lihat
  • 00:16:52
    mulai turnun itu sebenarnya di 2024 nih,
  • 00:16:55
    Bro. Nah, di 2024 ini balik lagi nih ini
  • 00:16:59
    eh video ya tadi Q1 309 ditambah
  • 00:17:02
    kerugian Q2 ee 200 miliar berarti kan
  • 00:17:04
    tadi sekitar 500 miliar. Nah, ternyata
  • 00:17:09
    di Q3 itu sudah mulai membaik ya. Q4
  • 00:17:12
    agak sedikit ee apa besar lagi. Tapi di
  • 00:17:15
    2024 kalau lu lihat secara tren ya udah
  • 00:17:18
    ee apa namanya? Udah jauh lebih baiklah
  • 00:17:21
    gitu. Jadi ibaratnya nih di Q1 2023 nega
  • 00:17:25
    309 miliar. di Q1 2024 cuma ne- 200
  • 00:17:27
    miliar. Begitu pula dengan Q3-nya nih.
  • 00:17:31
    Kalau di Q3 2023 ee 161 miliar, di sini
  • 00:17:33
    147 miliar. Jadi intinya adalah ee
  • 00:17:37
    secara kinerja ee memang masih negatif
  • 00:17:39
    tapi negatifnya sudah tidak sebesar di
  • 00:17:43
    ee 2023 tadi, Bro. Yang di mana ya ee
  • 00:17:45
    kalau ditanya alasannya kenapa sih? Nah,
  • 00:17:47
    memang memang ini adalah gua lihat ini
  • 00:17:50
    adalah strategi ee jangka panjangnya
  • 00:17:52
    SMA. Kebetulan kemarin juga gua hadir di
  • 00:17:55
    rups-nya SMA. Gua ngobrol langsung bro
  • 00:17:57
    dengan e CEO-nya gitu kan. Nah, jadi
  • 00:17:58
    >> insider bukan ya? Orang-orang bilangnya
  • 00:18:00
    insider, Bro.
  • 00:18:02
    >> Datang ke Rups ngobrol sama direksi
  • 00:18:05
    orang bilang insider.
  • 00:18:06
    >> Tapi kan itu harus kita lakukan.
  • 00:18:08
    >> Iya. Padahal situ semua orang juga bisa
  • 00:18:10
    datang gitu maksudnya kalau misal tapi
  • 00:18:12
    orang gitu ngobrol sama manajemen
  • 00:18:15
    insider.
  • 00:18:15
    >> Oke. Nah, jadi ee memang nah ini yang
  • 00:18:19
    gua pengin cerita mengenai ee
  • 00:18:21
    transformasi, Bro. Jadi kalau kita ee
  • 00:18:24
    lihat ya, misalkan kayak di ee ini deh
  • 00:18:30
    di 2000 ee 20 gitu ya di 2000
  • 00:18:33
    eh di 2020 ya secara TV yang tadi itu
  • 00:18:36
    SCTV, media gitu ya itu menyumbang
  • 00:18:41
    sekitar 47% pendapatannya si ee apa si
  • 00:18:42
    SMA gitu kan. Tapi di 2
  • 00:18:44
    >> ini market share atau
  • 00:18:44
    >> kenapa
  • 00:18:45
    >> ini market share atau
  • 00:18:47
    >> iya ini market share. Oke,
  • 00:18:50
    >> market share gitu ya. Tapi in in in
  • 00:18:51
    amount gitu ya. Oke.
  • 00:18:54
    >> Heeh. Nah, jadi ini adalah 47 eh sori
  • 00:18:56
    ini adalah revenue composition I mean.
  • 00:18:58
    Nah, jadi eh 47% itu adalah dari media
  • 00:19:01
    konvensionalnya tadi gitu ya. Kemudian
  • 00:19:05
    si e digitalnya itu 37% pas COVID tuh.
  • 00:19:05
    He.
  • 00:19:08
    >> Nah, tapi karena tadi EMA ini serius
  • 00:19:10
    gitu ya untuk mengembangkan si video.com
  • 00:19:14
    ya di 2022 dia udah naik jadi 44,8% dan
  • 00:19:19
    aiming to be eh 59,1% di 2027.
  • 00:19:23
    Meanwhile dia punya eh TV konvensional
  • 00:19:26
    itu turun ya dari 47% eh aiming-nya
  • 00:19:28
    adalah ke 34,2%.
  • 00:19:30
    Nah, jadi di sini memang ada ee
  • 00:19:32
    pergeseran strategi dari media
  • 00:19:35
    konvensional ke media digital gitu. Nah,
  • 00:19:36
    kalau ditanya kenapa? Karena simpelnya
  • 00:19:38
    adalah kalau di media digital itu
  • 00:19:40
    revenue stream-nya lebih banyak tuh.
  • 00:19:41
    Kalau di media konvensional itu kan
  • 00:19:43
    tactically ya cuma dari iklan. Ketika
  • 00:19:45
    kita nonton habis itu ada iklan. Nah, di
  • 00:19:46
    situ revenue-nya. Tapi kalau misalkan
  • 00:19:48
    dari ee digital kan dua arah. Dari iklan
  • 00:19:51
    tetap dapat tapi dari subscription juga
  • 00:19:53
    dapat gitu. Jadi lebih banyak dan ee
  • 00:19:55
    lebih luas kan menjangkau ee orang-orang
  • 00:19:56
    di luar negeri juga
  • 00:19:57
    >> dan juga habit-nya orang juga sudah
  • 00:19:58
    berubah juga
  • 00:20:01
    >> berubah ya kan ya. TV juga analog juga
  • 00:20:03
    udah ini kan dibatasi udah udah mati
  • 00:20:05
    gitu loh. Nah, jadi visinya mereka itu
  • 00:20:06
    adalah memang video ini pengin sebagai
  • 00:20:10
    layanan ee OTT terbaik di eh Southeast
  • 00:20:11
    Asia seperti itu.
  • 00:20:13
    >> Mereka juga melayani di luar Indonesia.
  • 00:20:14
    >> Iya.
  • 00:20:16
    >> Oh, jadi bukan Indonesia Focus deh
  • 00:20:17
    >> bukan.
  • 00:20:17
    >> Karena kalau misalnya kita ngomongin
  • 00:20:19
    SCTV Indosiar kan ya
  • 00:20:21
    >> Indonesia Focus kan. Oh berarti ini
  • 00:20:23
    mereka ambil international content juga
  • 00:20:23
    berarti.
  • 00:20:25
    >> Betul. Makanya kenapa di platformnya tu
  • 00:20:28
    kadang ada apa sering ada e drama-dama
  • 00:20:32
    Korea segala macam ya box office ya kan
  • 00:20:35
    apa e Liga Inggris segala macam. Nah itu
  • 00:20:37
    diambil gitu. Tujuannya adalah supaya
  • 00:20:39
    number of eh ininya bisa lebih besar
  • 00:20:42
    seperti itu. Sekarang tadi cuma R juta.
  • 00:20:45
    Nah masyarakat Indonesia aja R70 juta ya
  • 00:20:47
    kan ya. Baru berapa persen tuh? 1 kom
  • 00:20:50
    sekian pers ya kan gitu. Jadi growth-nya
  • 00:20:52
    masih lebih lebih kencang lah ke depan
  • 00:20:54
    gitu kalau gua lihatnya ya. gitu. Nah,
  • 00:20:56
    intinya ini dia gua subscriber
  • 00:20:59
    subscriber dulu subscriber gua enggak
  • 00:21:02
    subscribe soalnya jadi
  • 00:21:06
    >> ah jadi ee apa dampaknya ke laporan
  • 00:21:07
    keuangan gimana? Nah, tadi kan gua
  • 00:21:10
    cerita deh, Bro, ya, pas ee apa videonya
  • 00:21:14
    itu ee secara kinerjanya itu ruginya
  • 00:21:17
    cukup besar, ya itu turut menekan dia
  • 00:21:19
    punya ee bottom line. Di sini kita bisa
  • 00:21:23
    lihat nih, ya, dari 846 miliar ke 335
  • 00:21:25
    miliar. Nah, ini kan ee yang momen tadi
  • 00:21:28
    tuh turun ee justicenya tuh di 2023 gitu
  • 00:21:29
    kan. Tapi sebenarnya kalau ditanya
  • 00:21:33
    apakah ini adalah eh real kinerja dari
  • 00:21:34
    eh SM eMA? Enggak. Karena tadi kita tahu
  • 00:21:37
    mereka sedang menabung lah ibaratnya ee
  • 00:21:39
    konten-konten yang memang butuh biaya
  • 00:21:41
    besar ya. Samalah kayak Netflix mungkin
  • 00:21:43
    10 tahun lalu gitu kan yang di mana
  • 00:21:45
    sempat rugi dulu ya. Begitu dia sudah
  • 00:21:47
    kontennya sudah banyak, orang tertarik
  • 00:21:49
    untuk subscribe, behavior juga sudah
  • 00:21:52
    makin terbiasa ya kan ya itu baru apa
  • 00:21:54
    mereka akan ee makin monetize gitu.
  • 00:21:55
    >> So menariknya kalau misalnya mereka
  • 00:21:57
    tidak melakukan itu mungkin mereka bakal
  • 00:21:58
    mati kali. Iya,
  • 00:22:01
    >> masa depannya ya justru management itu
  • 00:22:02
    kalau misalnya lihat kayak gini mereka
  • 00:22:04
    lumayan tajam
  • 00:22:06
    >> tahu directionnya keasana terima nasib
  • 00:22:08
    gitu bahwa TV itu ada perubahan segala
  • 00:22:09
    macam dan mereka
  • 00:22:11
    >> melakukan investasi di yang digitalnya
  • 00:22:14
    gitu kalau melihat dari ininya storyline
  • 00:22:15
    dari angka ya.
  • 00:22:18
    >> Iya betul betul. Nah, di 2024 sendiri
  • 00:22:20
    udah mulai baliklah ya, meskipun belum
  • 00:22:24
    mencapai all time high ya di e laba 2024
  • 00:22:28
    tuh 595 miliar dan ini 2025 kuartal 1
  • 00:22:30
    yang disunkan itu kurang lebih 600
  • 00:22:32
    miliar. Tapi ee bisa lebih tinggi juga
  • 00:22:35
    karena kan ee apa ee mungkin di 2025
  • 00:22:37
    atau mungkin 2026 ya video ini sudah
  • 00:22:40
    bisa beep lah setidaknya gitu.
  • 00:22:42
    >> Apakah itu targetnya dari manajemen BEP
  • 00:22:43
    di 2026 gitu?
  • 00:22:45
    >> Iya betul. Karena kan ya memang kan
  • 00:22:48
    kalau kita dengar juga ada rumor ya
  • 00:22:51
    video ini kan akan di IPO-kan. Nah,
  • 00:22:53
    >> enggak mungkin dong IPO dalam keadaan
  • 00:22:54
    rugi. Siapa yang mau beli?
  • 00:22:55
    >> Pasti teman-teman nanya nih UW-nya
  • 00:22:58
    siapa?
  • 00:23:01
    >> Ada HP enggak nih? Ada cipta dana
  • 00:23:03
    enggak? LG enggak?
  • 00:23:05
    >> Iya iya. Sekarang kalau misalnya orang
  • 00:23:09
    kalau ikutin HOT U bro. Oke. Oke.
  • 00:23:10
    >> Iya. Iya.
  • 00:23:12
    >> Iya. Nah, makanya apa namanya ya?
  • 00:23:14
    Intinya sih mungkin belum di tahun
  • 00:23:15
    inilah ya IPO-nya karena
  • 00:23:17
    >> belum belum belum karena kan ya tadi
  • 00:23:19
    masih masih rugi kan. Jadi memang
  • 00:23:20
    fokusnya
  • 00:23:22
    >> ee manajemen adalah memperbaiki kinerja
  • 00:23:24
    bottom line-nya video gitu kan. Begitu
  • 00:23:26
    sudah profitable ya mungkin baru akan
  • 00:23:28
    dilepas ke publik gitu. buat teman-teman
  • 00:23:29
    ril ya, Br ya. Menurut lu ya seberapa
  • 00:23:32
    signifikan sih sebuah soal kan media ini
  • 00:23:36
    kan menarik kan ee kayak
  • 00:23:38
    media ini bisa digunakan sebagai
  • 00:23:40
    signaling, bisa dipakai juga sebagai
  • 00:23:41
    emang ini perusaannya bagus gitu
  • 00:23:43
    misalnya. Jadi kadang-kadang kalau
  • 00:23:45
    misalnya orang itu ngebaca misal oh si
  • 00:23:47
    perusahaan ini lagi melakukan buyback
  • 00:23:47
    gitu
  • 00:23:49
    >> itu kan harusnya kan show of strength
  • 00:23:50
    kan berarti dia ini bahkan percaya
  • 00:23:52
    dengan produknya sendiri dia mau taruh
  • 00:23:54
    duit buat beli sendiri gitu kan. Nah,
  • 00:23:57
    seberapa besar significance dari news
  • 00:24:00
    itu terhadap lu beli ini atau enggak?
  • 00:24:01
    >> Kalau ke gua pribadi,
  • 00:24:04
    >> lu pribadi eh buat klien lu kalau ke gua
  • 00:24:05
    itu lebih ke arah pendukung.
  • 00:24:06
    >> Pendukung
  • 00:24:09
    >> tetap bukan utama. Jadi ee kalau gua
  • 00:24:11
    alirannya memang yang penting adalah ya
  • 00:24:14
    lihat eh direction-nya mau ke mana ya.
  • 00:24:16
    Jadi, historical is one thing ya kan
  • 00:24:18
    tadi kita lihat kenapa dia turun. And
  • 00:24:21
    then the next is eh e apa? Eh after-nya
  • 00:24:23
    ini direction akan ke mana? Are we
  • 00:24:25
    believe? Apakah perusahaan ini akan
  • 00:24:28
    kembali recover atau tidak? Ya, from
  • 00:24:31
    what I know, from what I learn ya. Ya,
  • 00:24:33
    ini bisa balik lagi gitu kan
  • 00:24:35
    directionnya ke arah sana. Nah, mengenai
  • 00:24:38
    yang tadi misalkan MTEK ee apa namanya?
  • 00:24:41
    Ee membeli gitu kan ee saham SCMA,
  • 00:24:42
    buyback lagi segala macam itu adalah
  • 00:24:45
    pendukung menurut gua gitu. Tapi itu
  • 00:24:47
    jadi membuat gue jadi lebih yakin. Jadi
  • 00:24:48
    yang tadi misalkan yakin jadi lebih
  • 00:24:51
    yakin gitu loh. Bukan yang karena itunya
  • 00:24:51
    gitu.
  • 00:24:53
    >> Ngerti ngerti ngerti. Oke. Ada lagi
  • 00:24:54
    enggak yang lu pengin bahas tentang SMA
  • 00:24:56
    atau kita ke ASA?
  • 00:24:58
    >> Ee udah kalau SMA itu aja.
  • 00:25:00
    >> Oke, let's go. Kita bahas tentang ASA.
  • 00:25:02
    Oke. Tapi nanti di akhir boleh sharing
  • 00:25:05
    testimoni juga. Siap. Siap. Siap. Jadi
  • 00:25:09
    >> bisa jadi marketing sama dia.
  • 00:25:12
    >> Guanya udah enggak dapat diskon
  • 00:25:15
    bayar full bisa jadi marketing.
  • 00:25:17
    >> Okelah okeah oke oke buat benefit buat
  • 00:25:20
    ini ya buat dapat adsense dapat adsense
  • 00:25:22
    >> AdSense mereka pikir bisa kaya dari
  • 00:25:24
    Adsense bro. Padahal satu video ini
  • 00:25:26
    boncos kalau misalnya dihitung sama gaji
  • 00:25:28
    video editor gua ini sama kameranya
  • 00:25:30
    seminus-minusnya. Tapi ok lah kalau
  • 00:25:31
    misalnya kita ngomong gitu mungkin kalau
  • 00:25:33
    misalnya tesimon gini ini gua ngomong
  • 00:25:34
    honest opinion ya jadi gua ngomong
  • 00:25:35
    objektif
  • 00:25:36
    >> menurut gua kalau misalnya kita
  • 00:25:37
    ngomongin dari segi kelemahan
  • 00:25:39
    kelemahannya itu ini bro dari segi
  • 00:25:40
    aplikasinya emang aplikasi bukan
  • 00:25:42
    aplikasi refun ya jadi dia ini
  • 00:25:44
    >> refundan kerja sama sama beberapa
  • 00:25:47
    sekuritas ini menjadi penengahnya habis
  • 00:25:48
    itu gua itu di sini gitu jadi kalau
  • 00:25:50
    misalnya Rifan itu suggest beli apa, dia
  • 00:25:53
    push notif ke sekuritas lalu gua tinggal
  • 00:25:53
    accept gitu
  • 00:25:54
    >> ya
  • 00:25:56
    >> honestly ngomong gua kurang suka
  • 00:25:58
    aplikasinya bitun mungkin gua udah
  • 00:25:59
    terbiasa sama aplikas apasih-aplikasi
  • 00:26:01
    yang lumayan user friendly gitu kan.
  • 00:26:03
    >> Nah, jadi kalau misalnya dari segi
  • 00:26:04
    itunya sih itu, tapi kalau misalnya dari
  • 00:26:05
    segi plusnya ya kita dari
  • 00:26:06
    performance-nya lah kan yang penting
  • 00:26:10
    cuan kan maksimal con kan yang penting
  • 00:26:12
    con. Jadi kalau misalnya emang aplikasi
  • 00:26:14
    muter-muter sedikit sedikit kelangki ya
  • 00:26:16
    udahlah yang penting lihat segitu yang
  • 00:26:18
    lain terlupakan bro.
  • 00:26:20
    >> Tapi kalau misalnya merah minus 20% lu
  • 00:26:22
    aplikasinya user friendly juga
  • 00:26:24
    >> tetap aja.
  • 00:26:25
    Dan makanya tadi gua bilang kayak
  • 00:26:27
    menurut gua maksudnya dari pengalaman
  • 00:26:29
    gua ini sesuai dengan tesis awal di mana
  • 00:26:32
    ini cocok buat ee orang-orang yang
  • 00:26:35
    mencari alternatif tax saham
  • 00:26:36
    >> menurut gua itu soalnya saham kalau
  • 00:26:38
    misalnya kita lihat historically enggak
  • 00:26:41
    enggak perform as good lah gitu ya
  • 00:26:42
    kecuali kalau misal teman-teman tahu ya
  • 00:26:45
    teman-teman tahu ada re saham apa yang
  • 00:26:46
    cuan 5 tahun terakhir 10 tahun terakhir
  • 00:26:48
    tolong kasih tahu soalnya gua udah nyari
  • 00:26:49
    dari dulu sampai sekarang enggak pernah
  • 00:26:50
    ada gitu
  • 00:26:53
    >> kalau misalnya dari sarana gua edp Hm.
  • 00:26:55
    >> Kalau misal atau enggak ya FR atau ori
  • 00:26:57
    lah atau BPR juga ada gitu.
  • 00:26:58
    >> Oke. Oke.
  • 00:26:59
    >> Oke, Bro. Asa.
  • 00:27:02
    >> Oke. Nah, jadi kalau sama kayak SMA
  • 00:27:04
    tadi, kalau SMA tadi mungkin orang ee
  • 00:27:07
    tahunya SMA itu kan SCTVOSar. Nah, ASA
  • 00:27:09
    ini mungkin orang tahunya ya Asaren
  • 00:27:10
    karena kan yang memang banding awalnya
  • 00:27:12
    dia adalah Asaren gitu kan. Nah, tapi
  • 00:27:14
    sebenarnya kalau ASA sendiri itu punya
  • 00:27:17
    tiga pilar tuh. Yang pertama itu namanya
  • 00:27:20
    adalah corporate eh vehicle rental. Nah,
  • 00:27:23
    jadi yang ini nih. Nah, ini ya. Ini
  • 00:27:25
    adalah yang memang kita kenal dengan ee
  • 00:27:27
    Asaren gitu kan. Nah, tapi di luar
  • 00:27:30
    Asaren ini atau corporate vehicle rental
  • 00:27:31
    dia tuh sebenarnya punya pilar kedua
  • 00:27:33
    yang namanya adalah logistic value
  • 00:27:35
    chain. Nah, logistic value chain ini
  • 00:27:37
    yang mungkin e banyak orang bicarakan
  • 00:27:39
    waktu itu adalah anteraja ya. Dan yang
  • 00:27:42
    ketiga mereka juga punya eh pilar ketiga
  • 00:27:44
    yang namanya adalah usehicle ecosystem
  • 00:27:48
    gitu. Nah, yang mau gua sharing lebih ee
  • 00:27:49
    ininya lagi nanti ya yang lebih
  • 00:27:50
    detailnya lagi adalah yang second
  • 00:27:52
    pillar-nya ini, Bro. Jadi, second pillar
  • 00:27:55
    ini yang sempat menjadi pembeban tapi
  • 00:27:58
    sekaligus ya ini jadi ee sofsoft growth
  • 00:28:00
    di masa yang akan datang.
  • 00:28:01
    >> Coba coba kita lihat sahamnya dulu.
  • 00:28:03
    Saham
  • 00:28:05
    >> ini gua bat 90%
  • 00:28:08
    Mount Everest juga ini kayaknya.
  • 00:28:11
    Pendaki gunung ini si Rifan. Waduh.
  • 00:28:14
    >> Oke, kita lihat
  • 00:28:16
    asap.
  • 00:28:18
    Stock price
  • 00:28:19
    >> max kita. Max
  • 00:28:21
    >> e max ya.
  • 00:28:24
    >> Tuh lebih tajam lagi.
  • 00:28:26
    >> Coba kali ini gunungnya agak ke tengah.
  • 00:28:28
    Agak ke kanan. Kalau yang tadi gunungnya
  • 00:28:29
    kiri.
  • 00:28:32
    >> Iya ini sama favoritnya ternyata semua.
  • 00:28:33
    Eh tapi emang dari dulu kayak gini ya
  • 00:28:34
    >> apa
  • 00:28:35
    >> emang maksudnya
  • 00:28:37
    >> saham-saham lainnya yang di luar dari
  • 00:28:39
    tiga yang kita bahas apakah mayoritas
  • 00:28:40
    seperti ini juga?
  • 00:28:40
    >> Iya.
  • 00:28:43
    >> Oh iya. Gua gua tuh tipikal ee gua kan
  • 00:28:45
    mengenal e kekuatan gua lah ya. Kekuatan
  • 00:28:47
    gua di mana, kelemahan gua di mana.
  • 00:28:49
    Kekuatan gua adalah gua ee mencari
  • 00:28:51
    saham-saham yang teneran Bro gitu. Jadi
  • 00:28:53
    dari multibagger-multibagger yang gua
  • 00:28:55
    hasilkan tuh most likely itu adalah dari
  • 00:28:57
    saham ciklikal yang pertama. Yang kedua
  • 00:28:58
    itu adalah turnun ini,
  • 00:29:00
    >> gitu. Karena menariknya adalah kalau
  • 00:29:02
    kita bicara eh Shams turn around
  • 00:29:05
    sometimes ya labanya turun misalkan 30%
  • 00:29:07
    tapi harga sama itu bisa dihajar ee 30
  • 00:29:11
    ee 50 60 70% loh dan itu jadi misprice.
  • 00:29:12
    Nah itu loh ee gua mengambil sem
  • 00:29:14
    >> lu kalau misalnya ngelihat kayak gini ya
  • 00:29:16
    apakah lu tuh kan kalau misalnya kita
  • 00:29:17
    ngomongin War buffet gitu ya kan dia kan
  • 00:29:19
    dia punya prinsip itu adalah buy and
  • 00:29:22
    hold gitu kan udah beli hold gitu kan at
  • 00:29:23
    least itu yang dia omongin lah gitu.
  • 00:29:25
    Nah, kalau misalnya lu nih lu ada
  • 00:29:28
    ekspektasi ee ini enggak sih kayak kayak
  • 00:29:30
    harga target yang lu bakal TP gitu?
  • 00:29:33
    >> Oke, kalau TP gua pakai yang namanya
  • 00:29:34
    intrinsic value atau nilai intrinsic.
  • 00:29:37
    Jadi eh gua akan calculate ya misalkan
  • 00:29:39
    dengan DCF gitu ya, dengan discounted
  • 00:29:42
    cash flow gua project. Oke, nilai itu di
  • 00:29:43
    sini. Makanya yang tadi gua share
  • 00:29:45
    sebenarnya ketika gua merekomendasi itu
  • 00:29:48
    adalah gua sudah e menentukan berapa
  • 00:29:51
    area buy, berapa area hold, berapa area
  • 00:29:51
    TP tadi.
  • 00:29:53
    >> Berarti Rifan ini ini nih apa namanya?
  • 00:29:56
    Manusia langkah sekarang nih. So, ini
  • 00:29:58
    kayak value investing udah disentil dari
  • 00:30:00
    kiri kanan orang bilang investing enggak
  • 00:30:03
    ada. Ini steel words gitu.
  • 00:30:06
    Cuman yang tadi SS itu yang gua suka
  • 00:30:08
    adalah ini jadi kubu yang berbeda.
  • 00:30:10
    Soalnya dari segi kenaikan kita enggak
  • 00:30:14
    expect 3X dalam waktu 1 tahun gitu kan.
  • 00:30:16
    Tapi penurunannya juga udah terjaga.
  • 00:30:17
    Soalnya ada ada baseline-nya gitu.
  • 00:30:19
    >> Ada baseline-nya. Betul. Tapi kalau
  • 00:30:21
    ditanya misalkan bisa enggak begger
  • 00:30:23
    bisa. Misalkan kayak ini mungkin agak di
  • 00:30:25
    luar studi kasus ya. Misalkan kayak gua
  • 00:30:26
    dan ada beberapa klien yang gua beliin
  • 00:30:28
    juga itu adalah Archi, Bro.
  • 00:30:31
    >> Iya. Eh, Arce kan juga ee one X lah.
  • 00:30:33
    Udah, udah hampir 2x sekarang gitu dalam
  • 00:30:35
    waktu 1 tahun.
  • 00:30:36
    >> Cuman cuman tetap maksudnya lupulnya
  • 00:30:38
    prinsip tuh lebih ke
  • 00:30:40
    >> hati tenang. Soalnya walaupun itu begger
  • 00:30:42
    pun juga lu bukan tipe-tipe yang all in.
  • 00:30:42
    >> Enggak.
  • 00:30:45
    >> Soalnya ada ada orang-orang lain itu
  • 00:30:48
    udah ini itu begger ya kan terserah mau
  • 00:30:50
    apa mau Bitcoin. Gua kenal orang yang
  • 00:30:52
    99% Bitcoin, gua kenal orang yang 99% di
  • 00:30:56
    Hype. Gua kenal orang yang 99% di Pani,
  • 00:30:58
    gua kenal orang-orang yang sekarang gede
  • 00:31:00
    di TIFA gitu. Jadi kayak cuman dua saham
  • 00:31:02
    gitu misalnya. Jadi lu ini mengambil
  • 00:31:05
    kubu yang inilah yang
  • 00:31:06
    >> kita harus build wealth secara
  • 00:31:07
    konsisten.
  • 00:31:10
    >> Ya gua spiritnya itu which is ya gua gua
  • 00:31:13
    gua suka supaya kita punya balance di
  • 00:31:15
    perbincangan ini dan audiens itu bisa
  • 00:31:16
    memilih
  • 00:31:18
    >> mereka mau kubu yang mana gitu.
  • 00:31:19
    >> Kalau misalnya mereka mau kubu yang
  • 00:31:21
    altcoin naik 2000% tapi bisa hilang 99%
  • 00:31:23
    ya silakan.
  • 00:31:26
    >> Bukan refund orangnya. Iya.
  • 00:31:28
    >> Iya iya. Oke bro lanjut bro. Oke, balik
  • 00:31:30
    ke asal lagi ya, Bro, ya.
  • 00:31:31
    >> Oke.
  • 00:31:32
    >> Nah, jadi ini tadi bisnis client-nya.
  • 00:31:35
    Nah, kalau ditanya ee shareholders-nya.
  • 00:31:36
    Ah, shareholdersnya ini yang gua salah
  • 00:31:38
    satu yang gua suka juga, Bro. Triputra.
  • 00:31:41
    Jadi, gua ya salah satu eh big fan-nya
  • 00:31:42
    lah kalau di Triputra gitu. Karena
  • 00:31:46
    kenapa? Triputra ini punya eh good corp
  • 00:31:49
    governance yang baiklah. Gua belum
  • 00:31:51
    pernah menemukan ada ee cacat lah kalau
  • 00:31:53
    di Tribut GR itu, Bro. Itu satu, ya.
  • 00:31:57
    Kemudian ini kalau secara ee apa? secara
  • 00:31:58
    shareholders-nya ya. Teman-teman bisa
  • 00:32:01
    lihat di sini ada sosok Pak TP Rahmat ya
  • 00:32:04
    ee lulusan Astra ya kan. Kemudian ee di
  • 00:32:07
    sini dipegang 23% oleh ee Adi dinamika
  • 00:32:10
    Investindo. Kemudian ee 17,6%
  • 00:32:13
    eh daya adicita mustika dan presdirnya
  • 00:32:16
    sendiri pun Pak Projo yang gue juga
  • 00:32:19
    lumayan sering ngobrol juga ini 99,3%
  • 00:32:22
    Bro gitu ya. 5,1% tadi Pak TP Rahmat dan
  • 00:32:24
    publik 44,9%.
  • 00:32:28
    Kurang lebih seperti ini ee profilnya.
  • 00:32:31
    Nah, ini tadi sudah kita bahas ya. E nah
  • 00:32:33
    ini yang gua pengin share di sini adalah
  • 00:32:37
    ee kenapa ASA ini pernah mencapai kalau
  • 00:32:40
    teman-teman lihat di 4.000-an karena
  • 00:32:43
    memang pas kita COVID ya kan eh everyone
  • 00:32:46
    going online dan at the same time eh Asa
  • 00:32:48
    baru aja mengakuisisi Antaraja yang di
  • 00:32:51
    mana permintaan untuk ee online itu
  • 00:32:54
    sangat-sangat spike gitu kan. Nah, jadi
  • 00:32:55
    makanya kenapa optimisme antar aja itu
  • 00:32:57
    luar biasa besar ya kan sehingga
  • 00:33:00
    mendorong harga sama itu juga naik ee
  • 00:33:02
    sangat signifikan ke tertingginya hampir
  • 00:33:04
    4.000 ya kan 3990 kalau gua enggak salah
  • 00:33:07
    gitu kan. Nah cuman yang banyak orang
  • 00:33:10
    enggak e aware adalah ternyata anter aja
  • 00:33:13
    tadi itu belum profitable bro alias
  • 00:33:15
    boncos malah gitu. Jadi secara
  • 00:33:18
    revenue-nya memberikan eh growth yang
  • 00:33:20
    signifikan, tapi secara bottom line dia
  • 00:33:21
    sebenarnya malah menekan gitu. Nah,
  • 00:33:23
    makanya ketika orang realize bahwa
  • 00:33:25
    antaraja ini merugi ya harga samanya
  • 00:33:28
    jeblok. Karena secara valuation di 4.000
  • 00:33:30
    itu udah enggak masuk akal sebenarnya.
  • 00:33:31
    Gua pun yang waktu itu wah gila ini
  • 00:33:32
    enggak masuk akal gitu.
  • 00:33:34
    >> Satu apakah lu pegang?
  • 00:33:34
    >> Kenapa
  • 00:33:35
    >> saat itu apakah lu pegang
  • 00:33:36
    >> di mana?
  • 00:33:38
    >> Asa e waktu dia spike naik
  • 00:33:39
    >> yang waktu naik pegang.
  • 00:33:40
    >> Oh lu lu lu
  • 00:33:41
    >> tapi enggak yang pas tinggi ya gua jual
  • 00:33:42
    lah.
  • 00:33:43
    >> Iya iya iya i
  • 00:33:45
    >> enggak berani gua gitu. Enggak berani.
  • 00:33:46
    Kalau udah di
  • 00:33:47
    >> berarti lu udah mengikutin sampin udah
  • 00:33:47
    lama sebenarnya ya?
  • 00:33:49
    >> Udah lama udah lama udah lama gitu. Nah,
  • 00:33:53
    cuma memang em good point-nya adalah
  • 00:33:57
    tadi pas dia harga sahamnya turun ya kan
  • 00:34:00
    dia ee gua lihat secara kinerjanya juga
  • 00:34:02
    nih kenapa nih turun ya kan dan ternyata
  • 00:34:05
    gua cukup surprise karena ternyata Bro
  • 00:34:09
    di tahun yang asa yang e bottom apa eh
  • 00:34:10
    antar aja yang selama ini gua tahu ini
  • 00:34:12
    adalah perusahaan rugi perusahaan rugi
  • 00:34:13
    perusahaan rugi gua bilang kayak ya
  • 00:34:15
    udahlah ngapain dibeli ya kan maksudnya
  • 00:34:16
    ngapain beli lagi maksud gua ya kan
  • 00:34:18
    ngapain masuk lagi udah cari yang lain
  • 00:34:19
    aja eh tapi ternyata
  • 00:34:23
    Pas gua baca, eh kok antara apa ee ee
  • 00:34:26
    logistiknya tadi udah cuan gitu loh. Itu
  • 00:34:28
    yang gua gue yang kaget gitu loh. Nah,
  • 00:34:31
    ini secara data ya. 2022 dia rugi 199
  • 00:34:36
    miliar. 2023 rugi 176 miliar. Nah, 2024
  • 00:34:39
    dia udah untung R miliar. Nanti kita
  • 00:34:42
    lihat seberapa ee besar significance-nya
  • 00:34:44
    terhadap eh ASA secara akuran ya. Nah,
  • 00:34:46
    yang surprisingly adalah di Q1 2025 dia
  • 00:34:49
    juga udah eh profit 13,7 miliar which is
  • 00:34:51
    kalau misalkan kita eh setahun kan ya
  • 00:34:53
    kurang lebih di 50 sampai 55 miliar juga
  • 00:34:56
    kurang lebih seperti itu ya kan. Nah,
  • 00:34:58
    ini yang gua pengin share. Jadi, ASA
  • 00:35:01
    tadi karena dia sudah ee ee profitable
  • 00:35:04
    ya secara segmen logistiknya dari yang
  • 00:35:09
    tadinya juga ee rugi di 2022 dan 2023 di
  • 00:35:13
    2024 udah naik ya 216 miliar ditambah
  • 00:35:15
    dengan yang lain-lain ya dia punya e
  • 00:35:16
    cargo share segala macam nanti gua share
  • 00:35:19
    di eh slide berikutnya tapi intinya
  • 00:35:21
    adalah antaraja ini berkontribusi juga
  • 00:35:23
    cukup signifikan nih terhadap segmen
  • 00:35:28
    logistiknya si ee ASA itu sendiri ya.
  • 00:35:29
    Nah, ini nih kalau ditanya kenapa kok
  • 00:35:35
    segmen logistiknya tadi ee bisa yang
  • 00:35:38
    tadinya bocan jadi cuan. Nah, ternyata
  • 00:35:41
    setelah di gali lebih lanjut yang
  • 00:35:44
    tadinya ASA itu hanya bermain di last
  • 00:35:47
    mile ya, jadi benar-benar cuma user-nya
  • 00:35:49
    aja. Nah, di beberapa tahun terakhir AS
  • 00:35:51
    ini dia bikin ekosistem, Bro. Jadi dia
  • 00:35:54
    juga ee bikin yang namanya eh cargo
  • 00:35:56
    share. itu dia fokus ke eh first
  • 00:35:58
    mile-nya. Jadi dari pabrik ke gudang.
  • 00:36:01
    Kemudian ada dia juga ke mid-nya. Jadi
  • 00:36:03
    dari gudang ke distributor baru habis
  • 00:36:06
    itu diintegrasikan dengan si Anteraja
  • 00:36:08
    yang mainnya di last mile. Nah, jadi
  • 00:36:10
    lebih end to end gitu. Terus kemudian
  • 00:36:12
    dia juga ada investasi eh dia bikin cold
  • 00:36:15
    space namanya. Terus ada eh kedai pangan
  • 00:36:17
    ini tuh kayak eh cold storage gitulah
  • 00:36:20
    ya. Ee apa namanya? Untuk memperkuat dia
  • 00:36:22
    punya e ekosistem logistik ya kan. Nah,
  • 00:36:25
    ini ee contoh penampakan dari cargo
  • 00:36:27
    share gitu. Nah, jadi cargo share ini
  • 00:36:29
    juga mendapatkan plat khusus yang bisa
  • 00:36:31
    melewati rute ee ganjil genap serta
  • 00:36:33
    pajak yang lebih ringan. Nah, jadi
  • 00:36:34
    intinya adalah dengan dia bikin
  • 00:36:36
    ekosistem seperti ini yang tadinya hanya
  • 00:36:38
    bermain di last mile menjadi eh
  • 00:36:40
    integrated, ini yang membuat tadi di
  • 00:36:43
    2024 dan berlanjut di 2025 ini ee
  • 00:36:46
    kinerja ASA itu ee membaik. Nah, ini
  • 00:36:49
    yang gua suka, Bro. Jadi di 2019 kalau
  • 00:36:52
    lu lihat ya secara eh revenue
  • 00:36:56
    composition 54% memang masih di eh apa
  • 00:36:59
    sewa kendaraan ya kan. Sementara jasa
  • 00:37:02
    logistiknya itu cuma 11%. Ini 2019 nih
  • 00:37:05
    sebelum COVID tapi di 2025 kalau lu
  • 00:37:08
    lihat ya sewa kendaraannya dia sering
  • 00:37:12
    king 29%. Bukan artinya ee sewa
  • 00:37:13
    kendaraannya jadi enggak laku gitu.
  • 00:37:15
    Enggak ya. tetap tetap tetap stabil,
  • 00:37:18
    cuma karena ee apa ee jasa logistiknya
  • 00:37:20
    kayaknya tadi ee review-nya meningkat,
  • 00:37:22
    dia menjadi 42%. Nah, berarti kan di
  • 00:37:25
    sini ada ee pergeseran model bisnis,
  • 00:37:27
    Bro. Dari yang tadinya fokus ke sewa
  • 00:37:29
    kendaraan menjadi dia sekarang ini lebih
  • 00:37:31
    fokus adalah ke jasa logistik yang end
  • 00:37:33
    to end yang tadi gua share di ee slide
  • 00:37:34
    sebelumnya.
  • 00:37:36
    Nah, dampaknya apa? Nah, dampaknya kita
  • 00:37:39
    bisa lihat di sini tuh ya. ASA yang
  • 00:37:43
    tadinya dia ee berfokusnya adalah di ee
  • 00:37:47
    sini ya yang di ee sewa kendaraan dia
  • 00:37:48
    sebenarnya enggak enggak turun. Kita
  • 00:37:50
    lihat ya di 2019 dia 1,5 triliun
  • 00:37:54
    revenue-nya 2024 1,9 triliun tetap naik
  • 00:37:58
    dong tapi dia punya logistik dari cuma
  • 00:38:03
    264 miliar naik jadi 1,92 triliun. Jadi
  • 00:38:06
    udah lebih besar daripada si ee sewa
  • 00:38:08
    kendaraannya tadi gitu. Nah, jadi kan
  • 00:38:09
    yang tadi gua jelasin tentang ee
  • 00:38:12
    pergeseran atau shifting bisnis-nya.
  • 00:38:14
    Nah, implikasinya kepada revenue naik
  • 00:38:17
    ya, tapi bagaimana implikasinya terhadap
  • 00:38:20
    ee profitnya? Nah, ini yang ee gua
  • 00:38:22
    pengin share langsung ke sini kali ya.
  • 00:38:24
    Nah, di sini kalau kita lihat yang tadi
  • 00:38:29
    tuh di 2023 dengan e antr eh merugi
  • 00:38:32
    sekitar 148 miliar ya kan dan ee
  • 00:38:35
    sekarang sudah profit 200 miliaran ya
  • 00:38:39
    secara ee apa secara operating profit
  • 00:38:42
    company as a whole naik dari berapa ya
  • 00:38:48
    dari 326 miliar menjadi 705 miliar gitu
  • 00:38:52
    yang tadinya ada ee -148 jadi plus 218
  • 00:38:55
    berarti kan kenaikannya 300400 gitu loh.
  • 00:38:57
    Nah, ini otomatis membuat operating
  • 00:39:01
    profit-nya naik spike di 2024. Demikian
  • 00:39:03
    pula dengan net profit. Jadi, ibaratnya
  • 00:39:06
    meskipun secara ee revenue-nya cuman
  • 00:39:08
    naik ee ya enggak enggak enggak enggak
  • 00:39:10
    enggak banyak lah mungkin sekitar 10%-an
  • 00:39:13
    lah ya. Tapi secara dia punya eh
  • 00:39:16
    operating profit ya naik dua kali lipat.
  • 00:39:18
    Secara dia punya net profit juga naik
  • 00:39:20
    dua kali lipat gitu. Nah, ini yang
  • 00:39:23
    menurut gua jadi asa tuh sekarang ee
  • 00:39:26
    dengan transformasi bisnis ini menjadi
  • 00:39:28
    jauh lebih sehat. Kurang lebih ee
  • 00:39:31
    seperti itu, Bro. Dan tadi berlanjut di
  • 00:39:34
    2025 kuartal 1 ya, di mana kuartal 1
  • 00:39:37
    2025 ya secara revenue masih tumbuh 17%.
  • 00:39:40
    Openting profitnya juga tumbuh 46% ya.
  • 00:39:43
    Ebit dan net profit juga tumbuh ee 43%
  • 00:39:45
    seperti itu. I
  • 00:39:47
    >> berarti ASA ini setelah yang lu beliin
  • 00:39:49
    ee gua ini naik 20% kalau enggak salah
  • 00:39:50
    tadi kan
  • 00:39:53
    >> ASA sama SCA kan naik 20% dalam waktu
  • 00:39:54
    sebulan 2 bulan gitu
  • 00:39:55
    >> ya. Makanya ini menarik banget nih.
  • 00:39:58
    Maksudnya gua suka ee maksudnya ya gua
  • 00:40:00
    harap teman-teman bisa pelajarin thought
  • 00:40:02
    prosesnya soalnya
  • 00:40:04
    >> buat entry dan kita bisa dapetin 20%
  • 00:40:06
    dalam waktu sebulan 2 bulan itu kan
  • 00:40:09
    sesuatu yang kita harus pelajarin gitu
  • 00:40:13
    ya terutama teman-teman dan ternyata ee
  • 00:40:15
    value investing itu tuh kalau misalnya
  • 00:40:16
    kita ngelihat dari value-nya ya bisa
  • 00:40:18
    juga cuan gitu kalau misalnya gamepl-nya
  • 00:40:20
    itu benar ya itu masing-masing punya
  • 00:40:22
    kubu ya ada yang kubu konglo, ada yang
  • 00:40:24
    kubunya itu samsam micin kripto terserah
  • 00:40:27
    gitu. Tapi kalau misalnya memang kubunya
  • 00:40:29
    itu yang value cara yang kayak gini
  • 00:40:32
    kemarin berhasil mendapatkan cuan 20%
  • 00:40:33
    dalam waktu 2 bulan gitu.
  • 00:40:34
    >> I
  • 00:40:35
    >> oke. Oke. Ada lagi enggak, Bro, dari ASA
  • 00:40:36
    atau
  • 00:40:38
    >> enggak? Paling lu kalau misalnya kayak
  • 00:40:40
    gini ya, kalau misalnya lu beli lu tuh
  • 00:40:42
    punya target price atau lu punya ini
  • 00:40:45
    enggak sih? Ee target kayak kira-kira lu
  • 00:40:47
    pengin jual itu kapan? Apakah kapannya
  • 00:40:50
    lu ini setelah lu hit certain price lu
  • 00:40:51
    bakal jual atau lu udah kayak udah punya
  • 00:40:53
    time frame gitu? Oh, rata-rata gua jual
  • 00:40:54
    dalam waktu 2 tahun. setahun, 6 bulan
  • 00:40:55
    gitu misalnya.
  • 00:40:58
    >> Oke. Eh, oke. Jadi, ideally ya, ideally
  • 00:41:00
    ee ketika dia mencapai eh target price
  • 00:41:02
    atau mencapai nilai intrinsik tadi
  • 00:41:04
    ideally. Cuman kan kadang kita enggak
  • 00:41:06
    bisa eh selalu ideal. Jadi artinya
  • 00:41:09
    misalkan eh dalam certain time eh dia
  • 00:41:12
    sudah naik tapi dia belum mencapai eh
  • 00:41:14
    nilai intrinsiknya ya kan. Tapi at least
  • 00:41:16
    sudah mulai mendekati. Jadi dia punya
  • 00:41:18
    margin of safety sudah mulai mengecil.
  • 00:41:19
    And at the same time ternyata ada
  • 00:41:21
    opportunity lain nih di saham lain yang
  • 00:41:24
    ya tadi sahamnya turun ya, tapi karena
  • 00:41:26
    memang ee apa? Karena faktor yang
  • 00:41:28
    sifatnya temporer dan kita lihat
  • 00:41:29
    misalkan dia ada perbaikan lagi. Nah,
  • 00:41:31
    kita bisa shifting, Bro. Jadi, gua akan
  • 00:41:34
    TP yang di sini even though dia belum eh
  • 00:41:38
    mencapai nilai intrinsiknya. Why? Eh,
  • 00:41:39
    basically karena gua menemukan ada
  • 00:41:41
    opportunity yang lebih menarik nih di
  • 00:41:43
    saham lainnya. Jadi kalau gua sebenarnya
  • 00:41:44
    lebih melihat adalah portfolio as a
  • 00:41:47
    whole. Jadi, bukan saham per sahamnya
  • 00:41:48
    gitu. saham per sahamnya tetap matters.
  • 00:41:50
    Tapi yang gua perhatikan dan yang memang
  • 00:41:53
    gua emphasize ke eh klien-klien juga itu
  • 00:41:56
    adalah eh kamu Bapak atau Ibu lihat
  • 00:41:59
    adalah portfolio value as a whole-nya ya
  • 00:42:01
    dalam waktu 1 tahun ini tumbuh berapa
  • 00:42:02
    regardless mungkin dari beberapa
  • 00:42:04
    hipotesa mungkin juga enggak 100% benar
  • 00:42:06
    ya karena pasti ada juga hipotesa yang
  • 00:42:08
    keliru ya kan. Tapi yang gua pengin
  • 00:42:11
    emphasiz di sini adalah eh minimize the
  • 00:42:14
    risk-nya atau minimize the eh apa the
  • 00:42:15
    wrong hipotesanya gitu. Makanya kalau
  • 00:42:17
    gua punya ee kan gua ada tim juga ya,
  • 00:42:19
    itu gua memang memperkuat tim research
  • 00:42:22
    gua gitu, Bro. Supaya ee apa yang kita
  • 00:42:26
    rekomen ya kan ee yang kelirunya ada
  • 00:42:29
    tapi minimum dan minimumnya itu pun juga
  • 00:42:31
    ee apa tidak berpengaruh signifikan
  • 00:42:34
    terhadap portfolio si ee klien atau
  • 00:42:35
    nasabah seperti itu.
  • 00:42:37
    >> Lu ada ini enggak sih? Kan ada kemarin
  • 00:42:39
    ada beberapa omongan lah ya. Terutama
  • 00:42:41
    mungkin gara-gara yang dipertotonkan ini
  • 00:42:43
    kan misalnya banyak orang mayoritas kan
  • 00:42:44
    ngelihatnya itu adalah sound banking
  • 00:42:45
    gitu misalkan
  • 00:42:47
    >> makanya banyak yang ngerasa fundamental
  • 00:42:48
    is dead
  • 00:42:50
    >> mati gitu kan lihat aja misal kalau
  • 00:42:52
    misalnya kita ngomongin BMRI atau BBRI
  • 00:42:53
    gitu deh itu kan kalau misalnya kita
  • 00:42:55
    ngomongin yield-nya berdasarkan harga
  • 00:42:57
    per hari ini kita shoot di harga 4.600
  • 00:42:58
    ya
  • 00:43:00
    >> itu kan easily mendekati 10% gitu
  • 00:43:02
    easily. Okelah, mungkin tergantung dari
  • 00:43:03
    dia punya dividen pay out rati-nya
  • 00:43:04
    berapa gitu ya,
  • 00:43:08
    >> tapi bisa aja 8% 9% gitu kan. Dan kalau
  • 00:43:10
    misalnya orang itu ngelihat kayak gitu
  • 00:43:13
    dan itu enggak naik, mereka bisa ngerasa
  • 00:43:15
    kok yang ini enggak enggak naik gitu,
  • 00:43:16
    udah murah gitu. Kenapa enggak dibeli
  • 00:43:18
    sama asing gitu misalnya. He.
  • 00:43:19
    >> Nah, apa yang lu lihat? Kayak ada enggak
  • 00:43:21
    sih contoh-contoh ya di mana lu ngelihat
  • 00:43:21
    turn around
  • 00:43:22
    >> he
  • 00:43:23
    >> omsetnya naik,
  • 00:43:24
    >> he
  • 00:43:25
    >> profitnya sudah mulai naik gitu,
  • 00:43:28
    >> tapi tuh enggak naik-naik gitu. Misalnya
  • 00:43:30
    harganya ya, ada enggak sih yang lu
  • 00:43:31
    ngelihat KK gitu?
  • 00:43:32
    >> Ada.
  • 00:43:36
    >> Jadi ee gini, basically adalah kita
  • 00:43:38
    kalau kita bicara mengenai fundamental
  • 00:43:40
    ya, fundamental ya, ini balik lagi kan
  • 00:43:42
    memang ada yang percaya, ada juga yang
  • 00:43:44
    enggak percaya. It's your choice lah ya
  • 00:43:45
    gitu kan. Tapi kalau gua ngelihatnya
  • 00:43:49
    gini, Bro. Eh, fundamental it's eh tetap
  • 00:43:51
    yang paling matters karena em tadi kalau
  • 00:43:54
    misalkan bicara fundamental is that ya
  • 00:43:56
    tergantung kita lihat situasionalnya.
  • 00:43:58
    Kalau kita lihat dengan big tadi udah di
  • 00:44:00
    awal shoot kita sudah bahas kenapa dia
  • 00:44:02
    belum naik atau kenapa dia turun tapi
  • 00:44:05
    ternyata kalau kitaate eh fundamental ke
  • 00:44:09
    ASA, SMA atau even tadi BTPS ternyata
  • 00:44:12
    dia works kok gitu kan Arci tadi ya kan.
  • 00:44:15
    Nah, jadi sebenarnya kita itu secara ee
  • 00:44:17
    ketika kita menganalisa e ketika kita
  • 00:44:19
    menganalisa sebuah saham tetap basic
  • 00:44:22
    kita adalah fundamental. Nah, cuma kita
  • 00:44:24
    juga perlu lihat faktor eksternalnya.
  • 00:44:27
    Karena fundamental itself ya eh satu
  • 00:44:28
    kita bicara mengenai laporan keuangan
  • 00:44:30
    itu kan historical. Kedua kita bicara
  • 00:44:33
    mengenai eh proyeksi di masa depan. Tapi
  • 00:44:37
    kan in between ada ee sentimen-sentimen
  • 00:44:39
    tertentu ya kan. kayak tadi misalkan
  • 00:44:41
    kenapa ee Big Banks belum naik ya karena
  • 00:44:43
    ada sentimen koperasi merah putih,
  • 00:44:46
    kemudian ada ee perlambatan kredit ya
  • 00:44:50
    kan. Nah, jadi kita sebagai investor ya
  • 00:44:53
    ee itu juga jangan all in gitu loh. Jadi
  • 00:44:55
    jangan gara-gara ini murah terus
  • 00:44:57
    kemudian saya langsung beli 100% di
  • 00:44:58
    sana. Enggak. Kalau gua lebih ke diverse
  • 00:45:00
    tapi divers yang limited
  • 00:45:02
    diversification. Nah, jadi gua biasanya
  • 00:45:05
    tuh kalau misalkan in your case kan eh
  • 00:45:06
    en saham tadi ya.
  • 00:45:07
    >> Oh, lu beli total en saham ya?
  • 00:45:07
    >> Enam enam saham.
  • 00:45:09
    >> Oh.
  • 00:45:11
    per saham kira-kira 15% maksimum%
  • 00:45:13
    >> maksimum segitu bentoknya.
  • 00:45:14
    >> Iya. Ada ada yang misalkan bisa sampai
  • 00:45:16
    30 ya tergantung situasional juga gitu
  • 00:45:19
    kan. Nah, jadi intinya adalah ee dari
  • 00:45:23
    lima atau enam saham ini kita punya ee
  • 00:45:24
    apa namanya psikologi itu akan tetap
  • 00:45:27
    terjaga, Bro. Karena udah gua dari 2008
  • 00:45:30
    sampai 2025 selalu begini, Bro. Dari 5
  • 00:45:35
    atau en gitu ya. Dua ya dia lebih cepat.
  • 00:45:37
    Du ee bisa bahkan mungkin bisa begger ya
  • 00:45:39
    kan. Dua, dia naik tapi mungkin enggak
  • 00:45:43
    begate satu salah. Bisa jadi yang big
  • 00:45:45
    bangs itu yang lagi yang lagi yang lagi
  • 00:45:49
    di sini nih for now. Tapi story bisa
  • 00:45:51
    berbeda mungkin di eh in the future.
  • 00:45:54
    Bisa jadi nanti malah kebalik ya kan.
  • 00:45:57
    Nah, jadi kalau gue kalau gua lebih gini
  • 00:45:59
    tuh, managing portfolio atau advising
  • 00:46:04
    portfolio it's half logic, half art.
  • 00:46:07
    Jadi ini kayak kita eh lagi menyusun
  • 00:46:08
    gitu loh. Jadi kalau benar-benar kita
  • 00:46:12
    cuman eh heavily di eh big banks, our
  • 00:46:16
    psychology kemungkinan kena di saat ya
  • 00:46:18
    mungkin ada saham kongl saham-saham
  • 00:46:21
    value lainnya naik kok gua portfolio gua
  • 00:46:23
    enggak ke mana-mana. Ya mungkin
  • 00:46:25
    teman-teman ada yang seperti itu. Ada
  • 00:46:26
    juga kubu yang itu. Gua yakin ada.
  • 00:46:28
    >> Iya. Dan gua yakin kalau misalnya kita
  • 00:46:30
    ngomongin bulan Januari, eh bulan April
  • 00:46:33
    yang kubunya Kongo juga sama kok. Yang
  • 00:46:36
    kubunya Konglo yang turunnya kemarin
  • 00:46:38
    waktu dari 19.000 jadi ke 9.000. Ada
  • 00:46:40
    yang ngerasa kayak gitu juga kok kubu
  • 00:46:41
    yang sebelah lebih hijau gitu kan selalu
  • 00:46:43
    kayak gitu. Tapi sekarang berputar gitu.
  • 00:46:45
    >> Iya berputar gitu kan. Karena even
  • 00:46:46
    though yang waktu di last podcast gua
  • 00:46:48
    sharing juga tentang gua dapat ee
  • 00:46:52
    dividen 1,6 M dari ee apa ee BRI ya gua
  • 00:46:54
    enggak all in di sana gitu loh. Kan
  • 00:46:55
    kalau gua lihat di kolom komentar ada
  • 00:46:57
    yang cuma apa dividen segitu tapi ee
  • 00:46:59
    boncosnya lebih gede ya gua lihat
  • 00:47:01
    beberapa gitu kan loh kan dia enggak
  • 00:47:03
    tahu isi portfolionya gua enggak all in
  • 00:47:06
    lah di sana ya kan gua pasti ada
  • 00:47:07
    >> artinya portto dia gede guys dia pengin
  • 00:47:09
    ngomong foto gua tuh enggak sekecil itu
  • 00:47:11
    dia malu-malu
  • 00:47:14
    lu ngitungin duit gua masa cuman cuma 16
  • 00:47:17
    m
  • 00:47:20
    >> iya jadi intinya ya itulah apa namanya
  • 00:47:23
    ee gua akan split gitu loh jadi ee gua
  • 00:47:24
    selalu bilang gini
  • 00:47:26
    Ada saham-saham yang kita bisa win lebih
  • 00:47:27
    cepat, ada saham-saham yang memang
  • 00:47:30
    winnya di belakang. Ya, balik lagi, it's
  • 00:47:32
    a matter of eh managing portfolio, e,
  • 00:47:34
    the art of managing portfolio. Kalau
  • 00:47:35
    semuanya naik berbarengan itu gua
  • 00:47:37
    pusing, Bu. Ya kan? Aduh, ini mana yang
  • 00:47:39
    gua harus jual duluan gitu kan. Tapi
  • 00:47:40
    kalau misalkan ada yang tadi gua bilang
  • 00:47:42
    ini naiknya lebih cepat, ini lebih
  • 00:47:44
    moderate, ini ternyata belum, ini atau
  • 00:47:47
    fail lah atau salah gitu ya. Nah, ini
  • 00:47:48
    kan berarti gua bisa misalkan gua bisa
  • 00:47:50
    ini gua TP ini gua hold ya. Gua mungkin
  • 00:47:53
    bisa tambahin ke sini. Jadi ada proses
  • 00:47:55
    untuk rebalancing portonya. Nah, itu
  • 00:47:58
    seninya di situ, Bro. Gitu kalau menurut
  • 00:47:58
    gua.
  • 00:47:59
    >> Sip, sip. Oke, Bro. Kalau kayak gitu
  • 00:48:01
    really appreciate your time. I think
  • 00:48:04
    this has been helpful. Eh, gua berharap
  • 00:48:05
    nanti kita balik lagi. Semoga nanti dia
  • 00:48:07
    balik lagi, naik lagi 10%. Asik kan?
  • 00:48:09
    Siapa yang datang gua dibayarnya dengan
  • 00:48:12
    kenaikan porto. Gua gak bisa bayar gaji
  • 00:48:15
    dia. yang bayar gua dari kenaikan motor.
  • 00:48:18
    Siap. Siap. Hopefully ya. Thank
  • 00:48:24
    [Musik]
الوسوم
  • investasi
  • saham
  • IPO
  • SMA
  • ASA
  • analisis
  • strategi
  • media digital
  • kinerja perusahaan
  • portofolio