9 Garis Putus yang Ditolak RI Kini Berubah? Prabowo Bersepakat dengan China, Bagaimana Reaksi Trump?

00:40:25
https://www.youtube.com/watch?v=rwPn1hpH_nI

Ringkasan

TLDRVideo ini menampilkan diskusi tentang isu geopolitik melibatkan Indonesia, zona ekonomi eksklusif di Laut China Selatan, dan berbagai konflik internasional. Prof. Hikmahanto, yang hadir sebagai salah satu pembicara, memberikan pandangannya tentang peran dan kebijakan Indonesia menyikapi klaim Tiongkok atas sembilan garis putus-putus, yang kini menjadi sepuluh, di Laut China Selatan. Diskusi juga menyentuh kunjungan Presiden Prabowo ke Tiongkok dan Amerika Serikat, isu joint statement dan joint development, serta kedudukan Indonesia dalam konstelasi geopolitik global. Selain itu, ada juga prediksi tentang kebijakan yang mungkin diambil jika Donald Trump kembali berkuasa, serta dampaknya terhadap situasi di Laut China Selatan dan politik global secara keseluruhan. Diakhir diskusi, harapan diletakkan pada kepemimpinan Presiden Prabowo untuk memajukan kepentingan nasional Indonesia tanpa mengorbankan kedaulatannya.

Takeaways

  • 🌍 Diskusi menyoroti klaim Tiongkok atas Laut China Selatan.
  • 🇮🇩 Indonesia berada di posisi strategis dalam isu ini.
  • ⚓ Zona ekonomi eksklusif Indonesia terpengaruh klaim sembilan garis putus-putus.
  • 🤝 Joint development sering digunakan Tiongkok untuk mendapatkan pengakuan klaim.
  • 📰 Joint statement Indonesia-Tiongkok memicu diskusi dan klarifikasi.
  • 🔍 Prediksi pergeseran fokus keamanan ke Asia jika Trump kembali berkuasa.
  • 🛡️ Amerika Serikat menawarkan perlindungan kepada negara-negara di kawasan.
  • 🌐 Geopolitik global mempengaruhi ekonomi dan keamanan nasional Indonesia.
  • 📈 Kestabilan geopolitik penting untuk ekonomi dunia.
  • 💼 Kepemimpinan Prabowo diharapkan tidak mengorbankan kedaulatan nasional.

Garis waktu

  • 00:00:00 - 00:05:00

    Perbincangan mengenai kepentingan kehadiran fizikal dan politik dalam mengukuhkan tuntutan sempadan negara. Presiden Trump mungkin akan memberi fokus kepada Asia Tenggara semasa kepimpinannya dan ada jangkaan hubungan yang erat antara Trump dan Putin yang boleh mempengaruhi geopolitik global.

  • 00:05:00 - 00:10:00

    Kehadiran Prof Hikmahanto di rancangan diterangkan dengan latar belakang mengenai isu geopolitik dan undang-undang antarabangsa, terutamanya berkenaan dengan garis putus-putus yang dikemukakan oleh China di Laut China Selatan. Kebimbangan tentang klaim ini semakin meningkat terutama selepas kunjungan Prabowo ke China.

  • 00:10:00 - 00:15:00

    Dijelaskan Malaysia, Filipina, dan Vietnam yang juga dalam pertikaian wilayah di Laut China Selatan menyertai perbincangan ini. Keadaan zon ekonomi eksklusif Indonesia dipertahankan dengan ketat dan isu mengenai garis putus-putus yang dituntut China ditegaskan sebagai tidak sah menurut undang-undang antarabangsa.

  • 00:15:00 - 00:20:00

    Kerjasama bilateral dan perjanjian antara negara mesti mengikut prinsip unclose. Indonesi boleh mengeksploitasi sumber laut dalam had zon ekonomi eksklusifnya. Respon Indonesia terhadap aktiviti nelayan China yang memasuki wilayah perairannya dikuatkuasakan dengan penahanan, menegaskan kedaulatan undang-undang mereka.

  • 00:20:00 - 00:25:00

    Perbincangan mengenai dasar politik Indonesia yang perlu neutral dan tidak memihak dalam konflik yang membabitkan kuasa besar. Perubahan polisi dari segi pengiktirafan tali putus China yang tidak dilakukan dan dibandingkan dengan doktrin diplomatik sedia ada.

  • 00:25:00 - 00:30:00

    Prof Hikmahanto menekankan bahawa strategi Indonesia seharusnya tidak mengorbankan kedaulatan untuk pembangunan ekonomi. Sorotan tentang tindakan presiden dalam diplomasi antarabangsa dan keperluan untuk mengekalkan kehati-hatian dalam menangani isu geopolitik rantau dan hubungan China.

  • 00:30:00 - 00:35:00

    Diskusi mengenai strategik geopolitik di bawah pimpinan Trump dan implikasinya kepada rantau Asia dan Laut China Selatan. Amerika Syarikat disebut sebagai memerlukan sokongan dari pelbagai negara untuk menyeimbangkan kuasa China. Tindakan internasional Trump mungkin meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan.

  • 00:35:00 - 00:40:25

    Pembicaraan menandakan perhatian yang serius kepada posisi geopolitik Indonesia di tengah arus global yang berubah, dan potensi konflik yang merebak ke Asia akibat perubahan polisi antarabangsa. Keperluan untuk berhati-hati dalam diplomasi antarabangsa dan menjaga kepentingan nasional ditekankan sebagai keutamaan.

Tampilkan lebih banyak

Peta Pikiran

Video Tanya Jawab

  • Siapa yang membahas masalah geopolitik dalam video ini?

    Masalah geopolitik dibahas oleh Prof. Hikmahanto dan tuan rumah yang memoderasi diskusi.

  • Apa yang dibahas mengenai Laut China Selatan?

    Dibahas mengenai klaim Tiongkok atas sembilan garis putus-putus yang telah menjadi sepuluh, dan pengaruhnya terhadap zona ekonomi eksklusif Indonesia.

  • Apa itu sembilan garis putus-putus?

    Sembilan garis putus-putus adalah klaim Tiongkok atas wilayah di Laut China Selatan yang tumpang tindih dengan klaim negara lain termasuk Indonesia.

  • Apa yang dikatakan Prof. Hikmahanto tentang kedatangan Presiden Prabowo ke Tiongkok?

    Prof. Hikmahanto membahas joint statement yang dibuat oleh Indonesia dan Tiongkok, serta isu tentang overclaiming garis putus-putus.

  • Apa pandangan diskusi tentang joint development dalam wilayah sengketa?

    Diskusi menyebutkan bahwa joint development sering ditawarkan oleh Tiongkok untuk mendapatkan pengakuan klaim mereka di Laut China Selatan.

  • Bagaimana Amerika Serikat bereaksi terhadap situasi di Laut China Selatan?

    Amerika Serikat memfokuskan pada hukum internasional dan menawarkan perlindungan terhadap negara-negara yang berkepentingan di wilayah itu.

  • Apa dampak geopolitik global terhadap Indonesia?

    Geopolitik global berdampak pada keamanan nasional, ekonomi, dan kerja sama internasional Indonesia, terutama dalam konteks Laut China Selatan.

  • Apa kemungkinan tindakan yang bisa diambil Donald Trump jika berkuasa kembali?

    Trump mungkin akan mengambil tindakan keras terhadap Tiongkok dan memiliki hubungan dekat dengan Rusia dalam konteks konflik internasional.

  • Bagaimana pembicara menggambarkan posisi Indonesia dalam persaingan geopolitik?

    Indonesia digambarkan sebagai negara yang harus hati-hati dalam tidak terlibat secara langsung dalam blok geopolitik besar.

  • Apa yang diharapkan dari kepemimpinan Presiden Prabowo dalam konteks geopolitik ini?

    Diharapkan Presiden Prabowo bisa membawa perdamaian dan memajukan kepentingan Indonesia tanpa mengorbankan kedaulatan nasional.

Lihat lebih banyak ringkasan video

Dapatkan akses instan ke ringkasan video YouTube gratis yang didukung oleh AI!
Teks
id
Gulir Otomatis:
  • 00:00:00
    Jangan cuman kita bilang di peta aja nih
  • 00:00:02
    ee yang kita klaim tapi kalau enggak
  • 00:00:04
    hadir kan adatinya seolah-olah gitu ya
  • 00:00:07
    ke sini ya oke Setuju ke sana jangan
  • 00:00:09
    kamu bilang gitu Oh ya sudah yang gimana
  • 00:00:11
    gitu kan bukannya tidak mungkin ketika
  • 00:00:13
    presiden Trump berkuasa akan shifting ke
  • 00:00:16
    kawasan kita sekarang semua mata tertuju
  • 00:00:18
    pada Indonesia the next move Trump
  • 00:00:20
    bilang saya akan Serang dugaan saya ada
  • 00:00:22
    dua kemungkinan Trump ini dekat sama
  • 00:00:24
    Putin nih Harusnya i tapi sampai dengan
  • 00:00:27
    hari ini Putin masih belum bisa belum
  • 00:00:28
    memberikan ee
  • 00:00:32
    [Musik]
  • 00:00:43
    Selamat hari ini saya bahagia sekali
  • 00:00:46
    kedatangan sahabat saya teman sama-sama
  • 00:00:48
    di UI Prof hikmahanto Terima kasih Prof
  • 00:00:51
    Selamat datang Terima kasih di ini Saya
  • 00:00:54
    kepengin banget nih datang ke sini kalau
  • 00:00:56
    lihat di Youtube itu wah Luar biasa ini
  • 00:00:59
    kapan saya dapat undangan ini alhamdul
  • 00:01:01
    pasti sudah
  • 00:01:03
    dijadwalkan Terima kasih
  • 00:01:05
    profk sudah meluangkan waktu di
  • 00:01:07
    tengah-tengah kesibukan dan pasti
  • 00:01:09
    pembicaraan kita adalah tentang
  • 00:01:11
    geopolitik Oke dan geopolitik ini tidak
  • 00:01:13
    lepas dari masalah hukum internasional
  • 00:01:15
    betul sekali karena di pemerintahan
  • 00:01:17
    Prabowo ini saya kira yang paling juga
  • 00:01:20
    menonjol adalah Karena munculnya strong
  • 00:01:23
    man dan kemudian konflik t mulai terjadi
  • 00:01:26
    di beberapa belahan bumi dan ada masalah
  • 00:01:29
    geopolitik inilah yang akan kita angkat
  • 00:01:31
    ya saya mulai dulu dengan surat dari
  • 00:01:33
    Prof
  • 00:01:35
    hikmahanto rilisnya menyebar dan jadi
  • 00:01:38
    perbincangan di mana-mana Prof
  • 00:01:40
    hikmahanto mengingatkan tentang dashline
  • 00:01:43
    yang sekarang menjadi 10 ya 10 dashine
  • 00:01:45
    10 jadi itu 10 garis putus-putus yang
  • 00:01:48
    diklaim oleh Tiongkok dan kemudian
  • 00:01:51
    muncul setelah Pak Prabowo berkunjung ke
  • 00:01:54
    Tiongkok dan kemudian ada joint
  • 00:01:56
    statement ya Ada joint statement dan
  • 00:01:58
    saya bacakan joint stat ya ini ya the
  • 00:02:01
    two Jo more bright in
  • 00:02:05
    mareration jadi dikatakan bahwa kedua
  • 00:02:08
    belah pihak ya Indonesia dan Tiongkok
  • 00:02:11
    akan melakukan bright spots in Maritime
  • 00:02:15
    Cooperation kerja sama maritim Anda
  • 00:02:18
    kutip itu dan di paragraf duanya
  • 00:02:20
    sebenarnya paragraf keduanya Apa itu eh
  • 00:02:22
    kata-katanya adalah the two SID eh will
  • 00:02:26
    kalau saya enggak
  • 00:02:28
    salah oke pping claims overlapping
  • 00:02:31
    claims nah itu yang saya kaget ya kenapa
  • 00:02:34
    ini overlapping claims memangnya kita
  • 00:02:37
    selama ini punya overlapping clims
  • 00:02:39
    dengan China sama Tiongkok karena apa
  • 00:02:42
    karena selama ini Ketika Tiongkok
  • 00:02:45
    mengatakan kita punya sebil garis putus
  • 00:02:48
    meskipun koordinatnya juga kita tidak
  • 00:02:49
    tahu tidak jelas di mana Tidak jelas dan
  • 00:02:52
    nariknya itu bukan dari Katakanlah Pulau
  • 00:02:55
    terluar begitu ya kita juga enggak tahu
  • 00:02:58
    alasannya adalah historis karena
  • 00:03:00
    nelayan-nelayan Kita pernah ada di sana
  • 00:03:02
    katanya gitu ya oh nelayan Tiongkok
  • 00:03:04
    pernah sampai ke sana sampai ke sana
  • 00:03:05
    kalau gitu kita juga bisa klaim
  • 00:03:07
    Madagaskar wilayah Indonesia Afrika
  • 00:03:09
    Selatan Wilayah Indonesia karena di sana
  • 00:03:11
    ada pelaut kita yang dimakamkan di
  • 00:03:13
    Afrika Selatan Madagaskar betul sekali
  • 00:03:16
    dan jangan-jangan Semarang juga e bagian
  • 00:03:19
    dari Tiongkok karena e Laksamana chengh
  • 00:03:21
    sampai sana kan sana yang pernah
  • 00:03:23
    diperankan oleh Pak
  • 00:03:25
    Yusril Prof Yusril pernah jadi chengho
  • 00:03:27
    Laksamana chenghho oke kita perjelas
  • 00:03:30
    dulu buat masyarakat sembilan garis
  • 00:03:32
    putus Jadi ini ada Tiongkok di bawahnya
  • 00:03:34
    ada Laut Cina Selatan betul betul Laut
  • 00:03:36
    Cina Selatan dikasih garis putus-putus
  • 00:03:38
    oleh Tiongkok jadi dia tidak klaim garis
  • 00:03:40
    lurus garis
  • 00:03:41
    mati melingkar dan melingkar dan itu
  • 00:03:44
    menyangkut wilayah yang sudah menjadi
  • 00:03:46
    kesepakatan berbagai negara secara hukum
  • 00:03:49
    internasional sudah dibentuk oleh
  • 00:03:51
    Malaysia ada di situ Malaysia ada di
  • 00:03:53
    situ dia punya misalnya laut
  • 00:03:55
    teritorialnya itu
  • 00:03:57
    beririsan Filipina Filipina juga adau
  • 00:04:00
    beririsan Vietnam juga ada di situ
  • 00:04:03
    bahkan juga Brunei Oke I tapi yang
  • 00:04:05
    paling seksi Indonesia yang paling seksi
  • 00:04:07
    Indonesia karena begini karena apa Itu
  • 00:04:09
    di situ karena kalau misalnya E Malaysia
  • 00:04:12
    Filipina itu kan mereka seringki
  • 00:04:15
    mengirim ee nelayan-nelainnya untuk ee
  • 00:04:18
    mengambilikan mencarikan itu langsung
  • 00:04:20
    diusir sama ee kosg dari ee
  • 00:04:24
    tikok Nah kalau kita kan memang belum
  • 00:04:27
    kita eksploitasi sebenar co guardard-nya
  • 00:04:29
    itu bisa bisa mengusir bisa karena
  • 00:04:32
    merasa bahwa ini wilayah saya begitu
  • 00:04:34
    sehingga dia bisa mengusir sejauh itu
  • 00:04:37
    mereka berlayar ya Satan jauh sekali
  • 00:04:39
    dekat Malaysia berayar betul dan mereka
  • 00:04:41
    pasti membawa senjata-senjata berat
  • 00:04:43
    jugair nah berdasarkan undang-undang
  • 00:04:45
    yang baru jadi coastgard dari Cina ini
  • 00:04:47
    diperbolehkan untuk ee menggunakan
  • 00:04:50
    senjata-senjata berat baik nah itu yang
  • 00:04:52
    membuat khawatir banyak negara-negara
  • 00:04:55
    yang selama ini mempraktikkan freedom of
  • 00:04:57
    navigation International navigation kali
  • 00:04:59
    ini dikawal semacam seakan-akan ini
  • 00:05:02
    adalah Angkatan Perang Iya jadi harus
  • 00:05:04
    mendaftar mereka Nah negara-negara ini
  • 00:05:06
    kan bilang eh tunggu dulu ini kan
  • 00:05:09
    internasional ini perairan internasional
  • 00:05:12
    yang tidak boleh ada yang mengklaim dan
  • 00:05:14
    kita boleh keluar masuk ke sana ya kan
  • 00:05:17
    untuk perdagangan dan lain sebagainya
  • 00:05:18
    kan sangat penting jadi kita menganut
  • 00:05:20
    zona ekonomi eksklusif gitu ya Nah kalau
  • 00:05:22
    zona ekonomi eksklusif itu ceritanya
  • 00:05:24
    adalah kalau kita nih Indonesia kan kita
  • 00:05:27
    ada laut teritorial itu yang 12 mil 12
  • 00:05:30
    mil ya Iya lalu di atas 12 mil sampai
  • 00:05:32
    dengan 200 mil itu ada yang kita sebut
  • 00:05:36
    sebagai zona ekonomi eksklusif dasarnya
  • 00:05:38
    adalah konvensi hukum laut 82 di mana
  • 00:05:41
    ter UN itu unclose I UN close di mana
  • 00:05:44
    terhadap kolong air kalau ada sumber
  • 00:05:47
    daya alam di sana itu menjadi eksklusif
  • 00:05:49
    milik negara pantai ah milik kita di
  • 00:05:52
    situ iya ikan terus terumbu karang dan
  • 00:05:54
    lain sebagainya dan kemudian ada yang
  • 00:05:57
    namanya landas kontinen nah landas
  • 00:05:59
    kontinen itu dasar laut Jadi biasanya
  • 00:06:01
    kalau ada gas ada minyak di situ itu
  • 00:06:04
    selama itu 200 mil atau landai begitu
  • 00:06:08
    Itu adalah milik dari negara pantai
  • 00:06:10
    negara sampai 200 mil itu 200 mil jadi
  • 00:06:12
    Indonesia kita sebut Paling Seksi karena
  • 00:06:14
    Natuna itu dikenal sebagai ladang minyak
  • 00:06:17
    yang kaya minyak dan yang kaya betul Iya
  • 00:06:20
    sebenarnya juga itu juga diperbutkan
  • 00:06:22
    banyak negara makanya Vietnam Filipina
  • 00:06:24
    Malaysia ada di sana cuman Kenapa kita
  • 00:06:27
    seksi dan menjadi atensi d itu Karena
  • 00:06:30
    begini sementara negara-negara memang
  • 00:06:33
    berkonflik ya mereka saling tahulah
  • 00:06:37
    bahwa walaupun mereka tidak mengakui
  • 00:06:39
    Ilan garis putus tapi kan setiap ada
  • 00:06:41
    nelayannya diusir setiap ada gerakan apa
  • 00:06:44
    enggak bisa gitu ya Nah sementara kalau
  • 00:06:46
    Indonesia kita posisinya adalah kita
  • 00:06:48
    tidak mengakui sembilan garis putus H
  • 00:06:51
    jadi kalau misalnya ada nelayan-lelayan
  • 00:06:54
    dari cina masuk ke istilah kita zona
  • 00:06:57
    ekonomi eksklusif kita ya kita tangkepin
  • 00:06:59
    ya kita berhak karena hukum
  • 00:07:01
    internasional berhak hukum internasional
  • 00:07:02
    dia melakukan illegal fishing I kan
  • 00:07:05
    melakukan eh penangkapan ikan secara
  • 00:07:07
    ilegal karena tidak minta izin dari
  • 00:07:09
    pemerintah kita tapi kemarin ketika Pak
  • 00:07:12
    Prabowo sebagai pres ee selaku presiden
  • 00:07:14
    berkunjung ke Tiongkok ya ketika joint
  • 00:07:17
    statement itu dikeluarkan di situ ada
  • 00:07:19
    kata-kata bahwa eh akan ada joint
  • 00:07:22
    development ya kerja sama dan di wilayah
  • 00:07:25
    overlapping claims gitu ya Nah ini yang
  • 00:07:28
    membuat sebenarnya tidak hanya saya
  • 00:07:31
    dunia bertanya-tanya H Apakah Indonesia
  • 00:07:34
    ini sudah sudah menerima garis
  • 00:07:35
    putus-putus itu Nah itu merubah
  • 00:07:37
    kebijakan yang selama ini tidak mengakui
  • 00:07:39
    jadi mengakui I maka saya masih ingat
  • 00:07:42
    tanggal 9 November keluar tanggal 10
  • 00:07:44
    November ee malam saya lihat nih enggak
  • 00:07:47
    benar nih H tapi kalau sudah kayak
  • 00:07:50
    begini ya saya dua kali saya harus
  • 00:07:53
    berkonsultasi sama ayah saya oh ayah
  • 00:07:56
    anda juga diplomat ya ayah saya diplomat
  • 00:07:58
    diplomat ya Beliau pernah jadi dubes di
  • 00:08:00
    Cina Oh di Cina Jadi waktu pertama isu
  • 00:08:04
    tentang pelanggaran hamrat Waktu itu
  • 00:08:06
    saya diminta dari pihak TNI untuk
  • 00:08:07
    memberikan ee kesaksian memberikan
  • 00:08:10
    keterangan ahli yang saya katakan ohoh
  • 00:08:13
    ini ceritanya seperti ini nih ya tapi
  • 00:08:15
    saya katakan sama ayah saya Pak Saya
  • 00:08:17
    perlu konsultasi Kenapa emang katanya ya
  • 00:08:19
    Ini pasti saya akan diserang nih sama
  • 00:08:20
    teman-teman LSM dan lain sebagainya I
  • 00:08:23
    kan Ah ayah saya bilang udahlah kalau
  • 00:08:25
    untuk kebenaran secara akademis kamu
  • 00:08:28
    sampaikan aja nya saya waktu itu samp
  • 00:08:30
    berpijak pada dasar hukum dasar hukum
  • 00:08:32
    ilmu saya Iya kan nah yang kemarin ini
  • 00:08:34
    juga kayak gitu saya katakan sama ayah
  • 00:08:36
    saya pak ini kayak begini Pak ini Kok
  • 00:08:38
    kayak begini ah ayah saya bilang sama He
  • 00:08:42
    kalau untuk NKRI sudahahlah kamu harus
  • 00:08:46
    berani Danus berani nyampaikan ini
  • 00:08:48
    nyampaikan ini dan waupun anda adalah
  • 00:08:49
    Rektor dari sebuah universitas di bawah
  • 00:08:51
    angkatan darat angkatan darat dan
  • 00:08:53
    presiden Anda adalah tokoh Angkatan
  • 00:08:55
    Darat Betul kan ini mengkoreksi bukan
  • 00:08:58
    bukan arti nya menyudutkan kita kan
  • 00:09:01
    bicara yang benar ini seringkiali orang
  • 00:09:03
    suka salah bicara yang benar itu kan
  • 00:09:05
    adalah wajib dilakukan oleh setiap warga
  • 00:09:07
    negara dan itu akhirnya kan viral nah
  • 00:09:09
    teman-teman Kementerian Luar Negeri kan
  • 00:09:11
    hari berikutnya saya tanggal 10 saya
  • 00:09:13
    buat tanggal 11 membuat klarifikasi
  • 00:09:15
    klarifikasinya dalam bahasa Indonesia
  • 00:09:17
    bahwa memang ada kerja sama tapi bukan
  • 00:09:20
    berarti kita mengakui se garis putus
  • 00:09:22
    tapi dalam hati saya ngapain juga dalam
  • 00:09:23
    bahasa Indonesia itu kan berarti
  • 00:09:25
    mengklarifikasi kehikmahan toh at Untuk
  • 00:09:26
    sini Untuk Indonesia Iya padahal kan
  • 00:09:28
    dunia nih
  • 00:09:31
    S menjadi catatan sejarahul Betul tapi
  • 00:09:34
    saya dengar dari teman-teman di
  • 00:09:36
    Kementerian Luar Negeri Mereka bilang
  • 00:09:38
    Prof Terima kasih juga Prof Kenapa
  • 00:09:40
    karena kalau enggak ada press rilis yang
  • 00:09:43
    Prof buat buat itu maka atas dasar apa
  • 00:09:45
    Kita mau klarifikasi I kan jadi semua
  • 00:09:48
    diam semua kan itu presiden dapat
  • 00:09:50
    konsultasi hukum gratis
  • 00:09:52
    itu maka juru bicara kepresidenan
  • 00:09:55
    Amerika Serikat Beliau mengatakan
  • 00:09:57
    katanya ee
  • 00:09:59
    katanya diencourage untuk ee bekerja
  • 00:10:01
    sama dengan legal expertnya saya bilang
  • 00:10:04
    ini kurang ajar juga komentar di sana
  • 00:10:06
    nih mengadu domba kita Oke jadi Kenapa
  • 00:10:10
    disebut overlapping ya overlapping
  • 00:10:12
    karena di sini ada garis yang menurut
  • 00:10:14
    hukum internasional di mana Natuna dan
  • 00:10:16
    zona eksklusif itu wilayah Indonesia
  • 00:10:18
    garisnya tegas gitu ya ini wilayah
  • 00:10:20
    Indonesia unclose wilayah negara lain
  • 00:10:22
    juga jelas di mana dan wilayah PR
  • 00:10:25
    internasional jelas di mana tiba-tiba
  • 00:10:27
    ada garis putus-putus di sini kita tidak
  • 00:10:29
    jelas di mana dan ada overlap
  • 00:10:31
    kemungkinan di mana wilayah kita juga
  • 00:10:33
    menjadi wilayah mereka di situ over
  • 00:10:35
    tidak jelas karena Cina menarik garis
  • 00:10:38
    itu dasarnya kan sejarah sejarah yang
  • 00:10:41
    kedua Katakanlah sejarah oleh Filipina
  • 00:10:44
    diajukan ke mahkamah arbitrase
  • 00:10:47
    internasional permanent CT of
  • 00:10:48
    arbitration Ini zaman presidennya siapa
  • 00:10:50
    itu itu zamannya presidennya akino akino
  • 00:10:53
    Iya karena ee Filipina bilang Wah ini
  • 00:10:56
    kok kita diusir-usirin terus sudah kita
  • 00:10:58
    masukin aja ke sana he ketika dimasukin
  • 00:11:00
    Cina enggak mau enggak mau datang ya
  • 00:11:02
    bahkan juga ya marahlah ke ee apa
  • 00:11:05
    namanya Filipina masukin lalu kemudian
  • 00:11:08
    ee mahkamah menyatakan diri bahwa saya
  • 00:11:11
    berwenang dan membuat putusan putusannya
  • 00:11:13
    adalah memang sebilan garis putus itu
  • 00:11:15
    tidak dikenal dalam unclose artinya apa
  • 00:11:18
    tidakenal putusan Mahkamah arbitrasa
  • 00:11:21
    Internasional ini cocok dengan posisi
  • 00:11:23
    Indonesia yang tidakaku sem garis
  • 00:11:26
    putus-putus itu ya Sampai sekarang masih
  • 00:11:28
    seban atau sudah berubah sekarang sama
  • 00:11:30
    Cina terangkir dengan oleh Tiongkok
  • 00:11:33
    diganti jadi 10 garis putusanti 10 tu
  • 00:11:36
    artinya tambah wilayahnya tambah atau
  • 00:11:37
    Bagimana tambah bukan tambahnya garisnya
  • 00:11:39
    yang ditambah jadi ada satu satu garis
  • 00:11:41
    lagi yang dia Buatlah kira-kira seperti
  • 00:11:43
    itu tapi kita juga enggak tahu itu garis
  • 00:11:44
    imajiner ya berarti imaginer sebenarnya
  • 00:11:46
    tidak ada tidak diketahui apa
  • 00:11:48
    koordinatnya koordinatnya enggak tahu
  • 00:11:51
    seberapa tebal kalau misalnya Dash itu
  • 00:11:52
    kan ada bolong gitu ya apa bolong ini
  • 00:11:55
    mau ke sana atau ke sini Kita juga
  • 00:11:57
    enggak tahu gitu kan J namanya di laut
  • 00:12:00
    ya namanya di laut nah yang pasti adalah
  • 00:12:03
    kapal-kapal Coast Guard dan kapal-kapal
  • 00:12:05
    nelayan Cina selalu berada di sana ee
  • 00:12:08
    nelayan Cina akan mengambil ikan
  • 00:12:10
    coastgard e bertugas untuk kalau
  • 00:12:12
    misalnya mereka diganggu maka coastg
  • 00:12:14
    yang akan Wah ada di depan luar biasa ya
  • 00:12:16
    Iya jadi kayak misalnya kapal KKP kita
  • 00:12:19
    nangkap nih kapal nilayan Cina dibawa
  • 00:12:22
    nih Wah langsung dikejar sama Coast
  • 00:12:24
    guardard dari Cina ya lalu kemudian akan
  • 00:12:27
    diambil krwya dan kapal itu akan dirusak
  • 00:12:30
    supaya kapal ini enggak sampai ke
  • 00:12:31
    Indonesia sehingga kan enggak diadili
  • 00:12:33
    enggak nama ada nama Cina kan begitu ya
  • 00:12:35
    nelayan Cina lain sebagainya Nah jadi
  • 00:12:37
    mereka akan lakukan seperti itu dan yang
  • 00:12:40
    saya perhatikan setiap kali pergantian
  • 00:12:42
    pemerintahan pasti ada isu kayak gini
  • 00:12:45
    dulu waktu Pak Jokowi 2014 menjadi
  • 00:12:47
    presiden pertama baru mulai 2015 itu
  • 00:12:51
    masuk Wah bukan masuk artinya
  • 00:12:53
    kapal-kapal Nayan masuk karena dia pikir
  • 00:12:55
    presidennya belum kuat kali belum
  • 00:12:57
    memahami barangkali
  • 00:12:59
    masuk itu kan langsung kita langsung e
  • 00:13:02
    Sigap ya karena Bu suusi itu ya masih
  • 00:13:04
    ada ya Iya ada Bu suusi dan kemudian
  • 00:13:06
    Presiden Jokowi waktu itu sampai
  • 00:13:08
    mengadakan sidang terbatas di tengah
  • 00:13:10
    laut di Natuna ee Di Kri Imam Bonjo
  • 00:13:15
    beliau memerintahkan kepada Ibu Susi
  • 00:13:17
    kapal ee kapal-kapal nelayan kita dari
  • 00:13:20
    Pantura ke Natuna Utara k menteri SDM
  • 00:13:24
    lakukan eksplorasi eksploitasi Nah jadi
  • 00:13:26
    kan tegas sampai di sana di Filipina
  • 00:13:29
    mereka pada kagum Wah ini presiden
  • 00:13:31
    berani ya Walaupun mungkin kita juga
  • 00:13:33
    punya hutang besar juga dari Cina tapi
  • 00:13:35
    kan berani kalau sudah bicara tentang
  • 00:13:37
    kedaulatan hak berdaulat harus enggak
  • 00:13:39
    ada kompromi kan begitu nah sudahudah
  • 00:13:41
    tahun 2019 dicoba lagi Jadi kalau join
  • 00:13:44
    development ini isu joint development
  • 00:13:46
    ini ini sejak Pemimpin tertinggi di
  • 00:13:49
    Tiongkok itu dipegang oleh deng shoing
  • 00:13:51
    Jadi gimana caranya supaya negara-negara
  • 00:13:54
    yang berkonflik dengan Cina ini mau
  • 00:13:56
    mengakui se garis putus itu jadi selalu
  • 00:13:58
    mereka tawarkan join development join
  • 00:14:00
    development join development nah ini
  • 00:14:02
    yang bahaya nih kalau misalnya karena
  • 00:14:04
    banyak sekali pemimpinimpin di Asia
  • 00:14:06
    masih membutuhkan ee dukungan kerjaasama
  • 00:14:09
    ekonomi sehingga kemudian dibungkuslah
  • 00:14:11
    sedemikian rupa Baiklah kita kerja sama
  • 00:14:14
    saja daripada kita berkonflik atau
  • 00:14:16
    berbeda pendapat betul betul Prof kita
  • 00:14:18
    ngopi dulu wah ya kita ngopi dulu ini
  • 00:14:20
    tunggunggu ya ini kopinya di sini enak
  • 00:14:22
    soalnya Ya selamat sore Prof Selamat
  • 00:14:24
    sore kopi apa ee nah adanya apa kopinya
  • 00:14:27
    ini kopi hitam ya kita ya Kopi Hitam
  • 00:14:30
    sama saya menemani baik ya Prof Ren
  • 00:14:33
    Boleh enggak saya sedikit cerita jadi
  • 00:14:35
    presiden Prabowo waktu di Tiongkok ada
  • 00:14:36
    join development dan overlappingim Jo
  • 00:14:38
    stat tapi ketika beliau terbang ke
  • 00:14:40
    Amerika Serikat bertemu dengan Presiden
  • 00:14:42
    Joe biden dan membuat joint statement
  • 00:14:45
    udah enggak ada lagi overlapping clim
  • 00:14:46
    engak ada lagi bahwa ada joint
  • 00:14:49
    development yang ada adalah kedua negara
  • 00:14:53
    sepakat bahwa yang digunakan adalah
  • 00:14:56
    hukum internasional sebagaimana
  • 00:14:57
    terefleksi dalam CL berkaitan dengan ZEE
  • 00:15:01
    ee hak-hak lain dari negara artinya
  • 00:15:03
    mereka juga ingin mendapat ketegasan
  • 00:15:06
    dari Indonesia Indonesia pegangnya yang
  • 00:15:08
    mana betul sekali i betul sekali Nah ini
  • 00:15:10
    yang saya katakan ini yang kalau kita
  • 00:15:13
    enggak hati-hati he ya kita ini
  • 00:15:15
    diombang-ambing sama kekuatan besar
  • 00:15:17
    seolah-olah gitu ya ke sini ya oke
  • 00:15:20
    Setuju ke sana jangan kamu bilang gitu
  • 00:15:22
    Oh ya sudah yang gimana gitu kan Tapi
  • 00:15:24
    ini sayangnya masih Eh doorstop ya
  • 00:15:26
    wawancara wawancara spontan spontan Heeh
  • 00:15:29
    presiden Prabowo ditanya sama wartawan
  • 00:15:32
    Bagaimana dengan sebilan garis putus
  • 00:15:34
    yang kemarin Pak karena di Indonesia
  • 00:15:36
    sudah ramai kan beliau bilang katanya
  • 00:15:38
    kita pokoknya kerja sama sama siapapun
  • 00:15:40
    sama negara yang besar dan lain
  • 00:15:41
    sebagainya tapi Ee tidak mengorbankan
  • 00:15:44
    kedaulatan nah saya bilang ini Cocok nih
  • 00:15:46
    ini baru benar jadi dia kembali dengan
  • 00:15:49
    dasar yang benar dasar yang benar cuman
  • 00:15:51
    sayangnya satu I Cina sudah dapat surat
  • 00:15:54
    join statement itu jadi itu yang
  • 00:15:56
    dipegang kuat seberapa kuat secara hukum
  • 00:15:58
    ee dengan join statement itu memang
  • 00:16:00
    kalau secara hukum tidak kuat karena itu
  • 00:16:01
    kan cuman joint statement ya ini cuman
  • 00:16:03
    surat apa namanya pernyataan bersama
  • 00:16:06
    pernyataan bersama gitu kan tapi dari
  • 00:16:08
    join statement itu tanggal 11 atau 12
  • 00:16:12
    November juru bicara Kementerian Luar
  • 00:16:14
    Negeri di Tiongkok mengatakan bahwa kita
  • 00:16:17
    sudah siap kapan kita berunding katanya
  • 00:16:19
    Ya saya bilang ini nih maka saya saya
  • 00:16:23
    katakan gini ya I ini pasti bukan
  • 00:16:25
    presiden yang punya ide bahwa kita mau
  • 00:16:28
    melakukan eh eh apa join development
  • 00:16:31
    terus kemudian kita Melak ada adanya
  • 00:16:33
    overlapping clims Saya yakin itu bukan
  • 00:16:35
    Presiden tapi ada yang yang memberi
  • 00:16:37
    masukan sebelum diterangkan lebih jauh
  • 00:16:39
    saya mesti klarifikasi menjelaskan dulu
  • 00:16:41
    kepada para penonton bahwa di sana
  • 00:16:44
    potensi ikannya tuna ya khususnya itu
  • 00:16:47
    adalah mendekati 1 juta ton setiap tahun
  • 00:16:50
    dan kemudian juga minyak dan gasnya itu
  • 00:16:52
    ada yang mencatat bahwa itu miliaran ee
  • 00:16:56
    miliaran barel itu cukup besar l Jabi
  • 00:17:00
    lag betul lukratif sekali tapi
  • 00:17:02
    masalahnya memang nelayan-nelayan kita
  • 00:17:04
    kan masih kapalnya tradisional yang dari
  • 00:17:06
    Pantura yang dari Pantura disuruh ke
  • 00:17:08
    sana Mereka bilang katanya Wah antara ee
  • 00:17:12
    apa biaya yang kita keluarkan dengan I
  • 00:17:14
    habis dionggkos karena mungkin dia
  • 00:17:16
    enggak punya apa namanya ee frid gitu ya
  • 00:17:18
    dan bukan kapal besar bukan kapal besar
  • 00:17:20
    sementara kalau dari tionkok besar-besar
  • 00:17:22
    itu dan yang masuk di situ katanya itu
  • 00:17:26
    adalah milisi-milisi mereka-mereka
  • 00:17:27
    komcat dan lain sebagainya yang itu kan
  • 00:17:30
    2 3 hari masuk di tengah-tengah laut itu
  • 00:17:32
    suatu ketika ee apa namanya kepala
  • 00:17:35
    bakamlaah pak Aan pernah mengatakan udah
  • 00:17:38
    kita juga modelnya kayak sana Jadi
  • 00:17:40
    komcat-komcat yang ada ini kan ada nih
  • 00:17:43
    komcat-komcat itu ee rekrutlah dari
  • 00:17:45
    anak-anak ee para nelayan itu kemudian
  • 00:17:48
    merekalah yang akan maju he tapi
  • 00:17:50
    kapal-kapalnya harus kapal besar jadi
  • 00:17:52
    pemerintah harus misalnya bantu subsidi
  • 00:17:55
    untuk supaya laan-layan kita terutama
  • 00:17:56
    yang di Natuna gitu ya untuk untuk
  • 00:17:59
    mereka punya kapal besar untuk bisa ee
  • 00:18:01
    berlayar di sana mengambil eksploitasi
  • 00:18:03
    karena apa kalau misalnya cuman
  • 00:18:04
    penegakan hukum aja ya kan kita tangkap
  • 00:18:07
    masuk nangkap itu kan perlu BPM perlu
  • 00:18:09
    sumber daya manusia tapi kita enggak
  • 00:18:11
    dapat apa-apa kan sayang dan dan memang
  • 00:18:13
    itu relatif jauh ya dan itu dekat dengan
  • 00:18:16
    Vietnam Iya dekat dengan perbatasan
  • 00:18:19
    Kalimantan kita Kalimantan Barat itu
  • 00:18:20
    dengan Kalimantan Utara betul ada di
  • 00:18:23
    perbatasan situ dan kemudian ada Natuna
  • 00:18:25
    di sana dan itu ada Zona Ekonomi
  • 00:18:27
    eksklusifnya i masih 200 mil lagi kan
  • 00:18:29
    200 mil bayangin dari Natuna ke 200 mil
  • 00:18:32
    itu jauh lagi itu jauh lagi Iya jadi
  • 00:18:35
    jadi memang harus ee orang-orang yang
  • 00:18:38
    memang ee terbiasa dengan laut lalu
  • 00:18:41
    kemudian difasilitasi dengan kapal-kapal
  • 00:18:43
    besar sehingga apa kita bisa
  • 00:18:45
    mengeksploitasi sumberdaya alam I Iya
  • 00:18:46
    bahwa memang tuh benar wilayah kita dan
  • 00:18:48
    kita hadir sehingga kita bisa ikut
  • 00:18:51
    nelayan bisa ikut mengawasi Wah ini Prof
  • 00:18:52
    Renald ini bukan sarjana hukum tapi udah
  • 00:18:55
    mantap gitu ya karena apa Jangan cuman
  • 00:18:58
    kita bilang di ni ee yang kitalaim tapi
  • 00:19:00
    kalau enggak hadir kan kita lihat dulu
  • 00:19:03
    sejarahnya pemerintah itu ada dulu
  • 00:19:05
    konflik antara komunis dengan nasionalis
  • 00:19:08
    ya komintang dengan satu lagi begitu ya
  • 00:19:11
    kemudian akhirnya presiden e Cheng
  • 00:19:13
    kaisek itu lari ke ke Taiwan ya ee terus
  • 00:19:17
    kemudian sebelumnya ada apa itu perang
  • 00:19:19
    candu atau apa itu sehingga kemudian
  • 00:19:21
    Inggris masuk ke daerah situ dan dulu
  • 00:19:23
    ada Jalan Sutra yang diklaim oleh mereka
  • 00:19:26
    adalah ini adalah jalan tradisional pada
  • 00:19:28
    waktu sejak Jalan Sutra itu atau sejak
  • 00:19:30
    dinasti-dinasti jin dan sebagainya dulu
  • 00:19:32
    di sana ya Nah ini dianggapnya jalan
  • 00:19:34
    tradisional sehingga mereka sudah hadir
  • 00:19:36
    di wilayah itu sejak dulu kalah bahkan
  • 00:19:39
    Jalan Sutra ini juga lewat situ antara
  • 00:19:41
    lain menuju ke negara kita jadi karena
  • 00:19:44
    mereka sudah biasa di sini Mereka klaim
  • 00:19:46
    ini adalah jalur mereka Kurang lebih
  • 00:19:48
    begitu ya Nah Amerika bagaimana itu kan
  • 00:19:50
    juga area kapal perang lewat itu Iya
  • 00:19:54
    jadi kan gini ada kan last Emperor
  • 00:19:55
    filmnya kan Oh emper emper PUI n setelah
  • 00:19:59
    beliau jatuh itu kan diover sama para
  • 00:20:02
    nasionalis tadinya menguasai semua yang
  • 00:20:04
    namanya daratan e Tiongkok itu tapi
  • 00:20:07
    kemudian sebelum tahun 7-an itu Partai
  • 00:20:10
    Komunis cina masuk ya Nah Partai Komunis
  • 00:20:13
    Cina melawan nasionalis nasionalisnya
  • 00:20:16
    kalah lari ke Taiwan Taiwan tetap
  • 00:20:18
    mempertahankan nama Republic of China
  • 00:20:21
    sementara yang komunis mengatakan ini
  • 00:20:24
    people Republic of China PRC jadi ada
  • 00:20:27
    ada du tapi versinya ada yang ROC ada
  • 00:20:30
    yang PRC kan gitu kan I Iya nah ee
  • 00:20:33
    sampai kemudian tahun 70 Nixon
  • 00:20:35
    mengatakan yang tadinya mengakui ROC
  • 00:20:38
    karena enggak menguasai wilayah akhirnya
  • 00:20:40
    PRC pada masa waktu ciangkaisek itu
  • 00:20:43
    berkuasa itulah yang memulai Mencetuskan
  • 00:20:45
    sebilan garis putus itu sehingga sampai
  • 00:20:47
    hari ini Taiwan juga selalu mengatakan
  • 00:20:49
    bahwa itu sebilan garis putus itu memang
  • 00:20:51
    ada jadi mengacu kepada sejarah mereka
  • 00:20:54
    pada buku sejarah sejarah Iya dan
  • 00:20:56
    kemudian Diteruskan oleh PRC apalagi
  • 00:20:58
    lagi zaman sekarang karena apa bayangkan
  • 00:21:01
    1,4 miliar he ya kan 1,4 miliar cari
  • 00:21:06
    makan untuk rakyat itu dari mana Kalau
  • 00:21:08
    mereka tidak agresif mencari dari ee
  • 00:21:11
    berbagai klaim yang mereka sudah lakukan
  • 00:21:13
    bahkan dengan menguasai wilayah Laut
  • 00:21:16
    Cina Selatan hampir secara keseluruhan
  • 00:21:18
    itu kapal lewat daftar harus bayar H
  • 00:21:21
    berapa coba biayat Malaka begitu ya jadi
  • 00:21:25
    pemerintah Cina sekarang bahkan yang
  • 00:21:27
    kemarin selalu m mikirkan bahwa Tiongkok
  • 00:21:30
    ini harus tetap ada Dan harus Sejahtera
  • 00:21:33
    Hm kan begitu nah itu terus kemudian ya
  • 00:21:36
    mereka juga buat jalur yang sebenarnya
  • 00:21:39
    sekarang ini ya mungkin dianggap sebagai
  • 00:21:41
    BRI ya kan belt root
  • 00:21:44
    in Jalan Sutra bararuu jalan sutrabaru
  • 00:21:47
    yang intinya adalah ini jadi pangsa
  • 00:21:50
    pasar kita karena bayangkan 780 juta
  • 00:21:53
    workforce angkatan kerja he I kan kalau
  • 00:21:56
    misalnya enggak bisa diserap semua Wah
  • 00:21:59
    itu bisa jadi bisa menyebar Wah
  • 00:22:01
    masalah-masalah sosial kan begitu global
  • 00:22:03
    migration itu global migration dan lain
  • 00:22:05
    sebagainya maka di sini pemerintahnya
  • 00:22:08
    menurut saya memang harus kita akui
  • 00:22:10
    memang hebat gitu ya maka dalam kaitan
  • 00:22:12
    dengan ee sembilan garis putus yang
  • 00:22:14
    mereka klaim sekarang 10 garis putus
  • 00:22:16
    mereka selalu hadir di sana bahkan ee
  • 00:22:20
    kapal-kapal perang mereka juga akan siap
  • 00:22:22
    ya kalau misalnya sewaktu-waktu ada
  • 00:22:24
    permasalahan akan ada di sana Nah ini
  • 00:22:27
    yang menjadikan ancam tidak hanya kepada
  • 00:22:29
    negara-negara sekitar tapi juga Amerika
  • 00:22:32
    Serikat H ee belum lagi Jepang dan
  • 00:22:35
    Amerika juga sering melakukan patroli di
  • 00:22:37
    daerah tersebut betul Amerika itu
  • 00:22:39
    terkait dengan sebilan garis putus ini
  • 00:22:41
    waktu zamannya presiden Trump ya
  • 00:22:44
    sekarang Trump lagi waktu itu menteri
  • 00:22:46
    luar negerinya datang ke Vietnam eh
  • 00:22:49
    Vietnam kalau kamu nanti diserang lagi
  • 00:22:51
    sama ee Tiongkok saya ada di belakang
  • 00:22:55
    kamu jangan khawatir dia juga datang ke
  • 00:22:57
    Filipina Filipina saya ada di belakang
  • 00:23:00
    kamu sebenarnya mereka juga ee datang ke
  • 00:23:03
    Indonesia tapi oleh bumu kita kan di hak
  • 00:23:06
    berdaulat kita enggak ada urusan sama
  • 00:23:08
    kedaulatan dan kita enggak mengaku itu
  • 00:23:10
    seban garis putus sekarang Amerika kita
  • 00:23:12
    fokus pada unclose itu ya unclos tapi
  • 00:23:15
    kalau Amerika kamu mau bantu udah enggak
  • 00:23:17
    usah bantu alut sisa mau perang dan lain
  • 00:23:19
    sebagainya kita enggak akan perang kalau
  • 00:23:21
    kamu mau bantu bantu industri perikanan
  • 00:23:23
    kita bagaimana kita bisa mengeksploitasi
  • 00:23:26
    nah sebenarnya kalau saya berpikir kita
  • 00:23:29
    mau kerja sama ya presiden Prabowo
  • 00:23:31
    membuka kerja sama dengan ee pemerintah
  • 00:23:34
    Cina Oke boleh tapi kamu harus minta
  • 00:23:37
    izin dari saya saya akan izinkan nelayan
  • 00:23:40
    kamu datang ke sini mengambil tapi kan
  • 00:23:42
    ada bagi-bagi nanti kita ya kan atau
  • 00:23:44
    misalnya ee Migas juga seperti itu kan
  • 00:23:47
    ada bagi-bagi silakan enggak apa-apa ya
  • 00:23:50
    tapi pasti dari pemerintah Cina enggak
  • 00:23:52
    mau karena masa saya harus minta izin
  • 00:23:54
    sama kamu ini kan yang saya klaim gitu
  • 00:23:55
    kan Baik kalau kita lihat seperti ini
  • 00:23:58
    sentrum Gejolak geopolitik ini ini
  • 00:24:00
    adalah di China dan Laut Cina Selatan
  • 00:24:03
    yang cukup menghangat belakangan ini ya
  • 00:24:06
    Dan apa prediksi profik mahanto ketika
  • 00:24:09
    Donald Trump kembali berkuasa dan dia
  • 00:24:11
    akan kencang tuh dengan China dia Tekan
  • 00:24:13
    sekali sangat amat kencang sementara
  • 00:24:15
    Korea Utara sudah kirim pasukannya dan
  • 00:24:17
    katanya ada di membantu Rusia saat ini
  • 00:24:20
    dan Rusia sudah mengumumkan akan
  • 00:24:22
    menggunakan ee doktrin baru yang bisa
  • 00:24:25
    meluncurkan rudal nuklirnya bisa
  • 00:24:28
    menyerang negara-negara lain yang
  • 00:24:30
    didukung oleh negara yang memiliki
  • 00:24:32
    nuklir Wow semakin seru saja tapi apa
  • 00:24:35
    prediksinya Katakanlah Putin tinggal
  • 00:24:37
    ditelepon oleh Donald Trump ya tapi
  • 00:24:39
    anaknya sudah bilang ini Joe biden Uncle
  • 00:24:41
    biden ini akan melakukan perang dunia
  • 00:24:43
    ketiga sebelum Bapak gua berkuasa
  • 00:24:45
    kara-kira begitu ya Baiklah tapi kita
  • 00:24:48
    lihat seperti itu dan Laut Cina Selatan
  • 00:24:50
    ini akan menjadi ajang pertempuran dan
  • 00:24:52
    Prabowo sudah datang ke ke China
  • 00:24:55
    mudah-mudahan itu bisa diredakan dan
  • 00:24:57
    tidak merugikan kep pingan kita ya oke
  • 00:25:00
    Apa prediksinya geopolitik di di di Laut
  • 00:25:02
    Cina Selatan gini kalau secara
  • 00:25:04
    geopolitik sekarang ini kalau kita
  • 00:25:06
    bicara peace and security ya terutama
  • 00:25:08
    security itu kan sudah tidak aman lagi
  • 00:25:11
    misalnya di Eropa orang mengatakan eh
  • 00:25:13
    Eropa enggak mungkinlah terjadi
  • 00:25:15
    perang-perang itu sudah masa-masa lalu
  • 00:25:16
    kita gitu ya ternyata terjadi di Ukraina
  • 00:25:19
    Iya terjadi di Ukraina ya terus kemudian
  • 00:25:21
    di Timur Tengah di Gaza ya kan sorotan
  • 00:25:24
    mata ke sana semua Nah bukannya tidak
  • 00:25:27
    mungkin ketika presiden presiden Trump
  • 00:25:28
    berkuasa ya justru sekarang akan
  • 00:25:31
    shifting ke ah kawasan kita perangnya
  • 00:25:34
    bergeser dari Eropa ke Asia betul karena
  • 00:25:38
    apa saya lihat pada waktu presiden Trump
  • 00:25:41
    ee menjabat itu dia tidak pernah bertemu
  • 00:25:45
    dengan Presiden X jinping tidak ada
  • 00:25:48
    pernah tapi kalau waktu Joe biden waktu
  • 00:25:50
    di g20 diselenggarakan di Bali kan
  • 00:25:53
    bertemu mereka bahkan mereka sepakat
  • 00:25:55
    menteri luar negerinya Nanti saling
  • 00:25:57
    berkunjung gitu jadi ee hubungan itu
  • 00:26:00
    walaupun mereka tegang agak melunak
  • 00:26:02
    meredunak di era Joe biden Joe biden
  • 00:26:05
    tapi kalau Trump saya enggak yakin
  • 00:26:07
    karena apa Trump merasa bahwa eh Amerika
  • 00:26:11
    tidak great again karena berkompetisi
  • 00:26:13
    dengan Cina Masih ingat enggak waktu itu
  • 00:26:16
    Trump bilang kalau banyak pekerjaan
  • 00:26:19
    Amerika yang diambil sama orang meksico
  • 00:26:21
    dia buat tembok tinggi tapi kalau Cina
  • 00:26:24
    kan diambil juga karena banyak
  • 00:26:25
    perusahaan-perusahaan Amerika yang EE
  • 00:26:29
    investasi sana industrinya di sana masuk
  • 00:26:31
    tapi barangnya ke Amerika kan akhirnya
  • 00:26:33
    apa dibuatlah bukan tembok tapi tarif
  • 00:26:35
    yang tinggi tarif yang nah perang dagang
  • 00:26:37
    muncul kan itu lalu yang kedua yang saya
  • 00:26:41
    lihat dari eh presiden Trump ini yang
  • 00:26:44
    tidak menyukai ee Tiongkok itu Dia
  • 00:26:48
    ee melakukan tindakan-tindakan yang ya
  • 00:26:51
    boleh dibilang Eh hostile terhadap ee
  • 00:26:54
    pemerintah Cina nah dalam situasi
  • 00:26:57
    seperti itu Nah kita Kita kan harus
  • 00:26:58
    harus pintar nih H karena kalau Pak
  • 00:27:00
    Prabowo mengatakan bahwa udah kita
  • 00:27:02
    enggak usah ikut blok-blokan ya kan kita
  • 00:27:04
    harus bisa berteman dengan semua ya tapi
  • 00:27:07
    harus ada manfaat untuk kita H nah ini
  • 00:27:10
    bagaimana nih menterjemahkan itu karena
  • 00:27:13
    Trump itu sudah bilang sama Taiwan eh
  • 00:27:17
    Taiwan kalau kamu nanti mendeklarasikan
  • 00:27:19
    kemerdekaan kamu ya karena sekarang ini
  • 00:27:22
    eh people Republic of China menganggap
  • 00:27:25
    bahwa Taiwan itu bagian dari dia cuman
  • 00:27:27
    punya sistem yang berbed tapi kalau kamu
  • 00:27:29
    katanya Amerika mendeklarasikan
  • 00:27:31
    kemerdekaan kamu jangan kamu takut sama
  • 00:27:34
    Tiongkok karena apa Saya akan ada di
  • 00:27:36
    belakang saya siap menjual senjata Wah
  • 00:27:38
    jual senjata bahkan ee ada di belakang
  • 00:27:42
    mereka dan saya lihat ya mohon maaf Prof
  • 00:27:44
    reenald mungkin lebih tahu ya kalau
  • 00:27:47
    Amerika Serikat secara ekonomi sudah
  • 00:27:49
    kalah sama Cina tapi dia bisa hidup
  • 00:27:51
    Karena industri pertahanannya industri
  • 00:27:53
    pertahanan ya Oleh karena itu dia ingin
  • 00:27:55
    memelihara perang di mana-mana Nah nanti
  • 00:27:57
    kan misalnya Taiwan di belakang di
  • 00:28:00
    belakang di belakangnya Amerika Serikat
  • 00:28:02
    berhadapan Waduh ini akan ngeri dan itu
  • 00:28:04
    dampaknya akan ke kita kemarin aja waktu
  • 00:28:07
    saya lihat presiden Prabowo ee di depan
  • 00:28:09
    ee
  • 00:28:12
    epek ya berpidato ee bahkan juga di ge20
  • 00:28:15
    antara di Peru atau di Brazil Tapi
  • 00:28:17
    beliau mengatakan kepada negara-negara
  • 00:28:20
    peserta di sana pokoknya hentikan perang
  • 00:28:23
    di Ukraina dan di Timur Tengah karena
  • 00:28:25
    ini yang akan mengganggu pertumbuhan ee
  • 00:28:28
    ekonomi dunia Hm I kan bagaimana kita
  • 00:28:31
    mau buat pertumbuhan ekonomi kalau
  • 00:28:33
    misalnya ada perang di sana sini
  • 00:28:34
    terlebih lagi kalau misalnya hostel ini
  • 00:28:36
    di kawasan as saya teringat dengan data
  • 00:28:39
    yang disajikan oleh Hatib Basri mantan
  • 00:28:41
    Menteri Keuangan ya dia menyebutkan
  • 00:28:44
    bahwa sekarang ini Komoditas utama dunia
  • 00:28:46
    berada di tiga atau empat negara
  • 00:28:48
    sehingga konflik di satu tempat kita
  • 00:28:50
    tidak menyangka ternyata berdampak pada
  • 00:28:52
    ketersediaan barang ekspor mereka ke
  • 00:28:55
    negara kita karena kapal jadi semakin
  • 00:28:57
    jauh
  • 00:29:04
    minyak geng ya seingga minyak goreng
  • 00:29:06
    hilang gandum hilang dan juga pupuk
  • 00:29:09
    ternyata dengan Rusia ini ternyata ini
  • 00:29:10
    adalah tempatnya di sana gas itu juga
  • 00:29:13
    dari Rusia sehingga kemudian Eropa
  • 00:29:14
    langsung terpuruk tidak dapat pasukan
  • 00:29:16
    gas dan dihadang oleh Amerika betul nah
  • 00:29:19
    ini yang belum lagi
  • 00:29:21
    Eh mungkin di bawah Trump eskalasi
  • 00:29:24
    perang di timur tengah itu
  • 00:29:27
    akan menjadi tinggi meningkat Kenapa
  • 00:29:29
    begitu karena saya melihat Trump
  • 00:29:31
    mengatakan bahwa Kalau saya jadi
  • 00:29:33
    Presiden waktu kemarin kampanye yang
  • 00:29:36
    akan saya Serang duluan Iran Hm dan
  • 00:29:38
    Israel senang nih kayak beginiu nih I
  • 00:29:40
    kan karena Biang Kerok menurut Israel
  • 00:29:43
    dari adanya Hamas ada adanya hbullahok
  • 00:29:46
    itu artinya yang paling kuat yang bisa
  • 00:29:49
    menyerang dia itu adalah Iya Iran Iran
  • 00:29:51
    maka mereka ini dibilang prooki
  • 00:29:53
    sebenarnya belakangnya siapa Iran Iran
  • 00:29:55
    Iran habolah di belakang Iran Iran Trump
  • 00:29:58
    bilang saya akan Serang dugaan saya ada
  • 00:30:00
    dua kemungkinan Trump bisa bilang ke
  • 00:30:02
    Iran Eh kamu hentikan serangan ke Israel
  • 00:30:05
    hentikan serangan dari proksi-proksi itu
  • 00:30:07
    ke Israel ya Atau saya Serang kamu hmm
  • 00:30:13
    Nah dengan catatan kalau kamu hentikan
  • 00:30:16
    serangan nanti saya minta Israel untuk
  • 00:30:18
    mengakui Palestina sebagai negara
  • 00:30:20
    merdeka
  • 00:30:21
    Hm Hamas Pasti enggak mau karena Hamas
  • 00:30:24
    itu ee prinsipnya adalah ee
  • 00:30:28
    Palestina Merdeka itu Israel harus
  • 00:30:30
    enggak ada di e tanah Palestina kalau
  • 00:30:33
    Hamas tapi kalau Fatah ya enggak apa-apa
  • 00:30:35
    to state solution enggak apa-apa mereka
  • 00:30:38
    bisa menerima itu nah jadi yang saya
  • 00:30:40
    khawatirkan kalau misalnya Iran bilang
  • 00:30:41
    enggak saya enggak mau saya tetap akan
  • 00:30:43
    lakukan serangan ke Israel Ya itu Trump
  • 00:30:46
    akan melakukan serangan yang lebih besar
  • 00:30:48
    itu semakin runyam di sana ini akan
  • 00:30:50
    berdampak pada minyak dan gas terlebih
  • 00:30:52
    lagi lkap geopolitik di kawasan e
  • 00:30:55
    setelah join statement ini sudah mulai
  • 00:30:57
    agak goyah gitu kan agak goyah saya
  • 00:31:00
    lihat satu artikel dari Street times
  • 00:31:02
    yang mengatakan Sekarang semua mata
  • 00:31:04
    tertuju pada Indonesia the next move
  • 00:31:06
    gitu kan ini kan menunjukkan bahwa ini
  • 00:31:09
    akan akan ekilibrium yang ada ini akan
  • 00:31:12
    terganggu nih ini apakah nanti Cina akan
  • 00:31:15
    mengatakan Eh negara-negara sekarang
  • 00:31:17
    Indonesia ada di belakang saya buktinya
  • 00:31:19
    dia sudah mau mengakui garis putus gitu
  • 00:31:22
    kan tapi pasti dari Amerika Serikat akan
  • 00:31:24
    narik terus saya ya kemarin itu kan ada
  • 00:31:28
    keinginan bahwa bapak presiden kalau
  • 00:31:31
    bisa setelah ketemu Joe biden ketemu
  • 00:31:33
    dengan Donald Trump pertanyaannya Kok
  • 00:31:35
    enggak bisa ketemu Kenapa gitu kan e
  • 00:31:37
    Apakah memang semuanya sedang sibuk atau
  • 00:31:40
    belum waktunya atau belum waktunya atau
  • 00:31:42
    Trump agak kurang
  • 00:31:45
    suka hubungan dengan statement tadi Iya
  • 00:31:49
    kita enggak tahu ya kita kita enggak
  • 00:31:50
    tahu kita balik lagi ke Timur Tengah ini
  • 00:31:52
    penting sekali dan Pak Ik mahanto ini
  • 00:31:55
    termasuk orang yang EE ramai di cari
  • 00:31:58
    orang ketika mulai terjadi konflik di di
  • 00:32:01
    timur tengah itu semua orang ingin tahu
  • 00:32:03
    pendapat e Pak hikmahanto mengenai apa
  • 00:32:05
    sebetulnya Tengah terjadi sebetulnya itu
  • 00:32:08
    kan kalau kita lihat ke belakang Kalau
  • 00:32:10
    tidak salah itu terjadi ketika mulainya
  • 00:32:12
    Israel mulai memindahkan ibu kota ke
  • 00:32:14
    Yerusalem begitu dan kemudian akhirnya
  • 00:32:17
    timbul masalah-masalah di sana apa
  • 00:32:19
    apakah juga itu termasuk persoalan yang
  • 00:32:21
    harus kita petakan sebenarnya memang
  • 00:32:23
    sambil kita
  • 00:32:24
    minum sebelum dingin enak sekali di sini
  • 00:32:27
    tengah-tengah hujan ya Dan ini
  • 00:32:30
    pohon-pohon besar kita ini membuat
  • 00:32:32
    suasana makin sejuk dan suasana kayak di
  • 00:32:34
    Puncak sekarang benar
  • 00:32:37
    sekali Jadi kalau misalnya saya lihat ya
  • 00:32:40
    sebenarnya memang pemindahan ibu kota
  • 00:32:42
    itu itu pada zamannya presiden Trump
  • 00:32:45
    menjadi presiden karena eh pemerintah
  • 00:32:48
    Israel memindahkan ibuota dari Tel avif
  • 00:32:51
    ke ee Jerusalem padahal Jerusalem sudah
  • 00:32:54
    disepakati oleh masyarakat internasional
  • 00:32:56
    dan ada resolusinya bahwa itu tidak
  • 00:32:58
    boleh dihaki oleh siapapun karena itu
  • 00:33:01
    merupakan tempat suci dari tiga agama
  • 00:33:04
    tiga agama besar dunia tiga agama besar
  • 00:33:06
    dunia Jadi enggak boleh tapi Israel
  • 00:33:08
    memaksakan diri akhirnya dia buat dan
  • 00:33:11
    kemudian di-endorse oleh Amerika Serikat
  • 00:33:14
    yang memindahkan kedutaan Besarnya tapi
  • 00:33:17
    perang yang sekarang ini sebenarnya
  • 00:33:19
    ee awal mulanya itu adalah dari ee
  • 00:33:22
    serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober
  • 00:33:25
    2023 ke Israel tempat ee anak-anak muda
  • 00:33:28
    buat konser lagi musik dan lain sebag
  • 00:33:31
    banyak yang mati di situ betul di situ
  • 00:33:33
    ada serangan banyak mati bahkan diambil
  • 00:33:35
    sebagian jadi Sandra ee dari Hamas nah
  • 00:33:39
    di situ kemudian eh Presiden netanyahu
  • 00:33:42
    eh maaf Perdana Menteri netanyahu merasa
  • 00:33:44
    bahwa wah ini udah ee harus dendamnya
  • 00:33:48
    sudah keumatlah gitu dan di sana ada
  • 00:33:50
    tradisi mata ganti mata itu ya kira-kira
  • 00:33:52
    seperti itu dan kita tahu ya kalau
  • 00:33:54
    misalnya dilakukan serangan mendadak
  • 00:33:57
    seperti Amerika diserang sama Jepang
  • 00:33:59
    waktu World War I ya I itu kan balasan
  • 00:34:01
    Amerika sudah gila aja e sangat gila I
  • 00:34:04
    dijatuhkan bom atom Harbor itu ya Harbor
  • 00:34:06
    jatuhin bom atom di hdosima dan Nagasaki
  • 00:34:09
    kan gitu kan Nah mungkin ini yang juga
  • 00:34:11
    terjadi pada
  • 00:34:13
    ee Siapa netanyahu perdana menteri
  • 00:34:15
    Pokoknya kita lawan Dia sedang
  • 00:34:17
    menyiapkan satu kekuatan besar untuk
  • 00:34:19
    melakukan serangan balik iya iya dan
  • 00:34:22
    kalau misalnya di dunia tentara di mana
  • 00:34:24
    Saya sekarang memimpin Universitas J
  • 00:34:26
    ahmadani itu kalau arahan dari pemimpin
  • 00:34:29
    bahwa ee tugas kamu adalah menurunkan
  • 00:34:32
    bendera lawan hm ya itu akhirnya kita
  • 00:34:35
    harus melakukan itu menurunkan bendera
  • 00:34:37
    lawan pertanyaannya adalah apa sih
  • 00:34:39
    target dari netanyahu ini Perdana
  • 00:34:41
    Menteri ini kalau menurut saya tiga hal
  • 00:34:43
    pertama memang Sandra harus dibebaskan
  • 00:34:45
    he kedua Hamas harus dihabiskan sampai
  • 00:34:48
    sekarang belum dibebaskan Sandra belum
  • 00:34:49
    belum masih ada yang dipegang sama kan
  • 00:34:51
    sudah cukup lama sekali Sudah sudah
  • 00:34:53
    cukup lama nah Hamas harus dihabiskan
  • 00:34:55
    itu apakah para pejuangnya atau termasuk
  • 00:34:58
    anak-anak yang Pada suatu hari nanti
  • 00:35:00
    jadi Hamas H atau termasuk juga ibu-ibu
  • 00:35:04
    yang akan melahirkan anak-anak yang
  • 00:35:05
    suatu hari nanti jadi H etnansing
  • 00:35:07
    semacam begitu 40.000 etnik maka dunia
  • 00:35:10
    mengatakan ini sudah sampai ke genosida
  • 00:35:13
    begitu ya Balas dendamnya ini bahkan
  • 00:35:15
    yang ketiga sebenarnya menang itu kalau
  • 00:35:19
    ee Gaza itu bisa kayak di tepi barat
  • 00:35:23
    sangat dikuasai oleh Israel Karena
  • 00:35:26
    sekarang ini kalau di tepi barat
  • 00:35:27
    dikuasai sama Israel tapi kalau misalnya
  • 00:35:30
    di Gaza itu tidak dalam kekuasaan Israel
  • 00:35:33
    Nah jadi Israel bilang kalau kita sudah
  • 00:35:36
    kuasai artinya apa tidak akan ada lagi
  • 00:35:38
    ee roket-roket yang meluncur dari Gaza
  • 00:35:42
    ke kita yang dan itu akan memicu
  • 00:35:44
    pemontakan terus-menerus betul betul Dan
  • 00:35:46
    itu enggak akan selesai kan sampai
  • 00:35:48
    kapanp nah tapi itulah yang menjadi
  • 00:35:51
    target dari netanyahu dan netanyahu
  • 00:35:54
    berani mengatakan seperti itu karena apa
  • 00:35:55
    Amerika Serikat berada di belakangnya H
  • 00:35:57
    seperti kemarin eh di unittion generalem
  • 00:36:02
    majelis umum PBB mau dikeluarkan
  • 00:36:04
    resolusi untuk melakukan gencatan
  • 00:36:07
    senjata stop perang dan lain sebagainya
  • 00:36:09
    digagali oleh siap digagalkan oleh siapa
  • 00:36:11
    Amerika Serikat satu di itu diw Maaf itu
  • 00:36:15
    di bukan di general assembly ya tapi di
  • 00:36:17
    Dewan Keamanan BBB security dia punya H
  • 00:36:20
    sudahudah selesai enggak jadi satu
  • 00:36:22
    negara bisa membuyarkan semuanya di sana
  • 00:36:24
    betul betul Joe biden yang orang bilang
  • 00:36:26
    demokat
  • 00:36:28
    yang masih ideologinya ada hzasi manusia
  • 00:36:31
    tapi kalau misalnya Trump republican dan
  • 00:36:34
    bawanya mau perang-perang terus kayak
  • 00:36:36
    gimana
  • 00:36:37
    coba tapi dia punya pertimbangan ekonomi
  • 00:36:39
    yang lebih kuat sehingga bisa saja
  • 00:36:41
    karena pertimbangan ekonomi dia minta
  • 00:36:43
    dihentikan itu semua dan barangkali
  • 00:36:45
    perangnya lebih ekonomi barangkali
  • 00:36:47
    Mungin juga tapi ingat saya ee pantau
  • 00:36:50
    berita yang mengatakan bahwa eh kan
  • 00:36:53
    Trump ini dekat sama Putin nih harusnya
  • 00:36:55
    tapi sampai dengan hari ini masih belum
  • 00:36:58
    bisa belum memberikan ee selamat karena
  • 00:37:00
    mungkin Putin harus lihat nih e posisi
  • 00:37:03
    Trump terkait dengan Ukraina Apakah dia
  • 00:37:06
    akan sama dengan Joe biden tetap
  • 00:37:07
    membantu
  • 00:37:09
    Ukraina atau Trump bisa bilang ke dunia
  • 00:37:12
    udah gini aja Eh zelenski kamu pokoknya
  • 00:37:16
    yang dua
  • 00:37:17
    eh apa separatis ini luhans dan donets
  • 00:37:21
    ini yang keluar itu serahkan ke Rusia
  • 00:37:23
    paling enggak kasih referendum ke
  • 00:37:25
    rakyatnya mau pilih ke mana Rusia ke
  • 00:37:28
    kamu Atau Dia mau jadi negara sendiri ah
  • 00:37:30
    bebasin aja Nah kalau misalnya kayak
  • 00:37:32
    begitu kan pasti zelenski sebenarnya
  • 00:37:34
    enggak mau H tapi kalau Trump bisa
  • 00:37:36
    secara kuat mengatakan seperti itu Ah
  • 00:37:38
    itu akan disambut baik oleh Rusia Oke
  • 00:37:41
    kita akan kerja sama hingga kemudian ee
  • 00:37:43
    di Rusia ee tentram di Eropa tentram
  • 00:37:46
    tentram tentram betul itu yang
  • 00:37:48
    dijanjikan mungkin oleh Trump ketika dia
  • 00:37:50
    mengatakan bahwa Kalau saya jadi
  • 00:37:52
    Presiden maka saya akan menciptakan
  • 00:37:54
    perdamaian tapi perdamaiannya model
  • 00:37:55
    kayak begini dengan Iran juga kayak
  • 00:37:57
    begitu saya Serang kamu atau kamu enggak
  • 00:38:01
    usah Serang tapi nanti Palestina saya ee
  • 00:38:04
    Saya minta Israel untuk akui tapi ya
  • 00:38:06
    kita enggak tahu ya ke depan itu seperti
  • 00:38:07
    apa politik adalah tawar-menawar dan
  • 00:38:09
    bisa saja saling menekan I yang paling
  • 00:38:11
    kita khawatirkan adalah kalau politik
  • 00:38:13
    itu diterjemahkan dengan kekerasan
  • 00:38:15
    artinya perang gitu ya kalau sudah
  • 00:38:17
    sampai perang semuanya akan terdampak
  • 00:38:19
    baik kira-kira se baik profik mahanto
  • 00:38:21
    kita sudah berbicara kalau kita melihat
  • 00:38:24
    ke depan Maka geopoliti Tension ini akan
  • 00:38:27
    Semin nyata dan Indonesia juga harus
  • 00:38:29
    siap-siap karena ini adalah arus
  • 00:38:31
    perputaran barang dan yang kita butuhkan
  • 00:38:34
    sehari-hari Apakah itu minyak dan gas
  • 00:38:36
    kita impor sangat besar setiap hari ke
  • 00:38:38
    Indonesia kemudian juga kita memerlukan
  • 00:38:40
    ee pupuk kita memerlukan pangan dan lain
  • 00:38:43
    sebagainya obat-obatan dari beberapa
  • 00:38:45
    negara ee Tiongkok adalah negara yang
  • 00:38:48
    juga menguasai beberapa kategori barang
  • 00:38:51
    yang sangat kita butuhkan dan menjadi
  • 00:38:52
    market bagi Indonesia jadi kalau kita
  • 00:38:55
    bicara tadi ya geopolitik ini yang
  • 00:38:58
    terbaca adalah satu terjadi di Rusia
  • 00:39:01
    dengan ukraine Eropa ini kemudian kedua
  • 00:39:04
    Laut Cina Selatan yang sedang memanas
  • 00:39:06
    begitu ya mudah-mudahan ini bisa
  • 00:39:08
    dembutkan oleh Pak Prabowo dan kemudian
  • 00:39:10
    satu lagi adalah di Timur Tengah yang
  • 00:39:12
    kita harapkan ini juga bisa ee
  • 00:39:15
    menciptakan kedamaian tetapi selama
  • 00:39:17
    senjata masih menjadi sumber pendapatan
  • 00:39:19
    yang penting di negara-negara itu maka
  • 00:39:21
    mereka akan memperdagang senjata dan
  • 00:39:24
    senjata hanya bisa diperdagang kalau ada
  • 00:39:25
    peperangan kita berharap sama presiden
  • 00:39:28
    Prabowo saya bilang saya selalu Katakan
  • 00:39:30
    Ya karena dunia juga banyak yang melihat
  • 00:39:33
    figur ee presiden Prabowo ini yang bisa
  • 00:39:37
    memberikan ee rasa tentram gitu ya
  • 00:39:40
    karena jadi diplomasi itu bisa dilakukan
  • 00:39:42
    dengan cara tadi seperti itu tetapi juga
  • 00:39:45
    harus waspada Jangan sampai kita
  • 00:39:47
    memberikan janji tapi kedaulatan kita
  • 00:39:49
    kemudian terganggu Saya kira dia adalah
  • 00:39:50
    seorang jenderal yang juga mempunyai
  • 00:39:53
    perhitungan mudah-mudahan ini bisa
  • 00:39:54
    tercapai ya jadi geopolitik adalah suatu
  • 00:39:57
    game yang menarik yang tentu saja akan
  • 00:39:59
    berdampak besar bagi kehidupan Global
  • 00:40:02
    migration perputaran barang dan jasa
  • 00:40:05
    inflasi bahkan juga
  • 00:40:07
    ketegangan-ketegangan sampai pada perang
  • 00:40:09
    dan munculnya korban jiwa tentu kita
  • 00:40:11
    tidak inginkan ya itulah perbincangan
  • 00:40:13
    saya dengan profahanto terima kasih
  • 00:40:15
    banyakampir Sinia selalu sehat dan stay
  • 00:40:19
    relev
  • 00:40:23
    [Musik]
Tags
  • Geopolitik
  • Laut China Selatan
  • Garis Putus-Putus
  • Indonesia
  • Tiongkok
  • Trump
  • Kedaulatan
  • Prabowo
  • Keamanan Global
  • Ekonomi Dunia